November 2, 2016

12 Ribu Umat Muslim Bogor Akan Ikut Aksi Damai Bela Islam 4 November

Jelang aksi damai 'Bela Islam II' pada 4 November 2016 mendatang di Jakarta, sejumlah ormas Islam dan warga Bogor akan merapatkan barisan untuk ikut dalam aksi tersebut.
Diperkirakan sekitar 12 ribu massa yang tergabung dalam sejumlah Ormas Islam di Kota Bogor akan menyerbu Ibu kota.


Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bogor, KH Adam Ibrahim mengatakan, sebanyak 12 ribu masa tersebut akan berangkat dari beberapa titik di Kota Bogor. "Jadi berdasarkan laporan yang masuk, sekitar 12 ribu masa dari berbagai ormas Islam berangkatnya tidak hanya di satu titik, ada yang berkumpul di Masjid Raya, di Azikra, Ciawi, Yasmin dan lain sebagainya," kata Adam, Rabu (2/11/2016) di Kantor MUI Kota Bogor, Baranangsiang, Bogor Timur, Kota Bogor.

Dari Masjid Raya Bogor sendiri, Adam melaporkan sebanyak 10 bus telah dipersiapkan untuk mengangkut massa.

"Kalau di Masjid Raya ini sekitar ada 10 bus terdiri dari 600 massa, kalau dari yang lain belum ada laporan lagi, tapi di Azikra diketahui akan ada 20 bus yang berangkat," ucapnya.
Adam menuturkan, rombongan masa pembela Islam ini akan berangkat menuju Jakarta pada Jumat dini hari.

"Rencanya serentak berangkat pada Jumat dini hari, tapi akan ada beberapa yang berangkat hari Kamis besok, mereka akan menginap di Masjid Istiqlal," kata Adam.
Adam menghimbau kepada seluruh umat Islam yang ikut dalam aksi damai pada 4 November mendatang, agar tertib dan tidak anarkis dalam melakukan aksinya.

"Ya diharapkan tidak ada kejadian-kejadian yang tidak diinginkan, kita hanya ingin keadilan dan hukum itu ditegakkan," ujarnya.
Lebih lanjut Adam megatakan, ia meminta kepada Kapolres Kota Bogor agar mengawal massa yang akan berangkat ke Jakarta.

"Ini saya meminta kepada bapak Kapolresta Bogor, tolong dikawal Bogor ini, karena ini kan akan berangkat jam 1 malam," katanya.

Aksi 4 November Diawali Salat Jumat di Masjid Istiqlal

Setelah salat Jumat, lanjut Munarman, aksi dilanjutkan dengan berjalan kaki ke depan Istana Merdeka. Jalan kaki dilakukan melewati Balai Kota di Jalan Medan Merdeka Selatan dan Patung Kuda lalu belok ke Jalan‎ Medan Merdeka Barat. Titik akhir aksi di depan Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara.

"Bagi yang tidak sempat salat Jumat, langsung bergabung di Medan Merdeka Barat sampai ke Medan Merdeka Utara," kata dia.

Di depan Istana Merdeka akan dilakukan orasi sampai dengan delegasi peserta aksi selesai bernegosiasi dengan pihak Istana. Selain itu, pihaknya juga menyiapkan sejumlah titik-titik sebagai toilet dan tempat istirahat. Pihaknya juga menyiapkan tenaga medis.

Mengenai arus masuk kendaraan peserta aksi, kendaraan bisa diparkir di sekitaran lokasi aksi. Mengingat, usai salat Jumat kendaraan tidak diperkenankan lagi masuk ke dalam rombongan‎.
Jika aspirasi tak terpenuhi, kemungkinan para peserta aksi akan menginap. Sejumlah tempat berpotensi jadi tempat mereka menginap.

Selain itu, GNPF-MUI meminta agar para peserta aksi tak berbuat anarkis. "Kepada para peserta unjuk rasa, GNPF-MUI mengimbau agar tidak melakukan tindakan anarkis," ucap Ketua GNPF-MUI Bachtiar Nasir.

Kata dia, jika memang ada peserta aksi yang melakukan tindakan kekerasan dan merusak fasilitas umum, pihaknya menyerahkan kepada aparat penegak hukum untuk ditindak.

Selain itu, Bachtiar melanjutkan, pihaknya juga meminta massa tak merusak fasilitas umum serta menjaga kebersihan dan ketertiban. Para peserta aksi‎ juga diimbau membawa kantong plastik sampah, air minum, peralatan salat dan alat-alat lain yang menunjang aksi.

"Kepada seluruh peserta aksi diperbolehkan membawa bendera organisasi dan komunitasnya masing-masing. Namun dianjurkan untuk lebih banyak membawa bendera Merah Putih," ucap Bachtiar.

Untuk ikut bergabung di awal keberangkatan, dirinya mengatakan waktu temu di Masjid Istiqlal sudah dimulai sejak Shalat Subuh. Jika memungkinana datang 1 hari sebelum aksi damai dimulai untuk shalat tahajud dan melakukan amal sholeh lainnya.


references by
http://wartakota.tribunnews.com/2016/11/02/horee-12-ribu-orang-berangkat-ke-jakarta-demo-ahok

 
Like us on Facebook