December 30, 2016

Processor Intel i7 Kaby Lake Bisa Digeber Menjadi 7 GHz

Intel dengan prosesor generasi ketuju buatannya memang belum dirilis hingga saat ini. Banyak para konsumen yang sudah tidak sabar ingin dapat segera mencicipi prosesor dengan kode penamaan Kaby Lake ini karena kabarnya membawa peningkatan sekitar 15 hingga 20% dari seri sebelumnya.


Namun kita tahu bahwa prosesor generasi ini sudah ada di tangan beberapa kalangan, seperti salah satunya adalah kalangan overclocker. Di sisi lain, nampaknya salah satu varian prosesor Intel Kaby Lake bakal menjadi andalan para overclocker di dunia. Pasalnya baru-baru ini tercatat rekor bahwa varian Core i7 7700K dapat menyentuh kecepatan hingga 7 GHz! Seperti yang kami lansir dari TechPowerUp, adalah Allen “Splave” Golibersuch, overclocker profesional yang mendapatkan sampel dan memperoleh kesempatan untuk menggeber Intel Core i7 7700K dengan kecepatan 7 GHz tersebut.



Untuk mencapai kecepatan fantastis tersebut perlu dicatat bahwa Splave menonaktifkan beberapa konfigurasi seperti Hyper Threading dan mematikan kedua core dan thread yang terdapat pada prosesor tersebut. Sehingga prosesor tersebut hanya memiliki dua buah core aktif saja saat dipacu hingga kecepatan 7022,96 MHz. Splave menyandingkan dengan beberapa komponen papan atas lainnya, seperti penggunaan motherboard AsRock Z170 OC Formula.

Dalam memperoleh kecepatan 7 GHz, pengaturan multiplier-nya sebanyak 69 kali, base clock diatur pada 101,78 MHz, serta voltase diatur hingga 2,00 V. Mengingat masih menggunakan motherboard seri lawas, nampaknya masih ada ruang terbuka untuk mencapai angka yang lebih tinggi lagi. Untuk mencapai kecepatan tinggi, kemungkinan pada motherboard seri Z270 nanti adalah hal mudah, tanpa mematikan satupun core yang terdapat pada prosesor ini.



Intel Kaby Lake Core i7 7700K Sudah Bisa Dipesan, Inilah Harganya

Seperti yang dilansir dari WCCFtech, Minggu (18/9/2016), harga dari salah satu prosesor Intel Kaby Lake, Core i7 7700K, akhirnya terungkap. Informasi ini berasal dari salah satu situs asal Estonia yang juga menjual beberapa komponen komputer. Pada situs tersebut, terpampang jelas bahwa Intel Core i7 7700K dijual dengan harga 360.35 Euro atau berkisar 5,3 juta Rupiah bila dikonversikan. Harga ini tentunya berada di atas seri sebelumnya, Skylake Core i7 6700K, yang berada pada kisaran harga 4,8 juta Rupiah (per September 2016).

Bagi pengguna prosesor Intel Skylake yang ingin melakukan upgrade tidak perlu khawatir, karena Intel masih menggunakan chipset Z100 untuk prosesor generasi ke-7 tersebut.

Di prosesor Kaby Lake ini, Intel lebih menekankan pada hal-hal yang berkaitan dengan pengalaman pengguna ketimbang spesifikasi hardware. Intel berfokus pada hal-hal yang saat ini banyak dilakukan orang, seperti akses konten video 4K UHD, video 360 derajat, hingga aplikasi virtual reality dan augmented reality.

Dengan prosesor terbaru ini, selain menampilkan konten video 4K UHD, pengguna juga dapat membuat, mengedit dan men-share video 4K UHD dan video klip 360 derajat mereka hingga 15 kali lebih cepat dibanding menggunakan PC yang berusia 5 tahun lebih tua.






references by beritateknologi

 
Like us on Facebook