MASUKAN KATA DI KOTAK BAWAH INI UNTUK MENCARI.. LALU KLIK TOMBOL "SEARCH"

January 29, 2017

Dampak Negatif Asap Rokok Yang Menempel Di Suatu Benda

Baca Artikel Lainnya

Asap rokok yang menempel pada benda mati, bisa bertahan cukup lama. Bahkan, zat nikotin dan karsinogenik yang menempel bisa saja terhirup oleh orang lain dan menimbulkan penyakit. Kondisi inilah yang dikenal sebagai third hand smoke. Menurut Dr dr Agus Dwi Susanto, SpP(K),

Ketua Divisi Penyakit Paru Kerja dan Lingkungan, dari RSUP Persahabatan, asap rokok yang menempel ini juga bisa bertahan selama berbulan-bulan pada perabot rumah tangga, serta pada pakaian. "Ada yang menempel di karpet, di sofa. Semuanya bisa berpotensi jadi third hand smoke. Menempelnya bisa lama, bisa berbulan-bulan," jelas dr Agus di Pusat Perfilman Haji Usmar Ismail, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (27/1/2017).

Nikotin yang menempel pada pakaian memang bisa hilang ketika dicuci, tetapi agak sulit hilang jika menempel pada perabot rumah tangga, termasuk pada tembok. "Yang nempel di tembok itu agak susah. Tembok harus dibersihkan, dicat lagi. Di sofa pun di vakum juga tidak bisa (hilang). Makanya, daripada begitu mending enggak usah merokok. Third hand smoke itu susah menghilangkannya," jelasnya. Sama bahayanya seperti perokok aktif maupun pasif, mereka yang menghirup asap rokok dari benda-benda yang terpapar bisa mengalami sakit pernapasan.

Pasalnya racun dari asap rokok yang terakumulasi dalam jangka waktu lama bisa menimbulkan infeksi pada sistem pernapasan. "Risikonya mulai dari asma maupun infeksi pernapasan akut bisa timbul. Kalau bertahun-tahun ia bisa terkespos karsinogen yang di third hand smoke dan itu bisa terjadi," tukasnya.


references by okezone

 
Like us on Facebook