January 15, 2017

Inilah Sistem Operasi Yang Sering Diexplotasi Hacker

Hingga kini popularitas sistem operasi Android masih menarik para hacker atau peretas untuk menyerang perangkat berbasis sistem operasi Android. Android merupakan sistem operasi mobile dengan pengguna terbesar di dunia dan hampir menguasi hampir 90 persen dari pasar smartphone.


Perusahaan keamanan CVE Details mengungkapkan sistem operasi Android ada OS yang paling rawan mengalami serangan malware atau program jahat tahun lalu sekaligus belum merubah reputasi Android sebagai OS yang rentan serangan siber.

Menurut CVE Details, ada sebanyak 523 laporan permasalahan keamanan pada perangkat berbasis Android pada tahun lalu. Sedangkan, perangkat berbasis iOS hanya mendapatkan 161 laporan permasalahan keamanan tahun lalu.

Permasalah keamanan itu bisa berupa celah yang biasanya dieksploitasi oleh peretas.
Jika sukses menembus keamanannya, maka peretas akan mengambil berbagai informasi berharga milik pengguna seperti menyalin nomor kontak, membaca pesan singkat yang ada di dalam, mengecek panggilan, menyalin nomor IMEI, password, dan akses-akses lainnya.

CVE Details juga mengungkapkan celah keamanan sistem operasi desktop sepanjang 2016 seperti dilansir Phone Arena.

  • Sistem operasi Debian Linux tercatat memiliki celah keamanan sebanyak 319 laporan, Ubuntu Linux mempunyai celah keamanan 278 laporan, 
  • Linux Kernel mempunyai 217 laporan, dan Mac OS X dengan 215 celah laporan.
  • Sistem operasi Windows 10 terhitung lebih aman dibanding Mac OS X karena catatan celah keamanannya hanya 172 laporan dan menempati posisi ke-13





references by infokomputer

 
Like us on Facebook