February 22, 2017

Cara Agar Kecepatan Toko Di Tokopedia Menjadi Sangat Cepat

Pernah Membeli Di Tokopedia atau sebagai Penjual melihat Tulisan "Kecepatan Toko" ?, Jika disorot dengan kursor, maka akan muncul kecterangan Status Kecepatan Toko Tersebut.



Statistik Kecepatan Toko adalah nilai rata-rata kecepatan toko dalam memproses pesanan, terhitung dari pesanan masuk ke penjual sampai dengan penjual memberikan paket ke logistik.
Namun perlu diperhatikan, yang dihitung adalah pesanan atau transaksi yang telah selesai dan barang telah sampai di tangan pembeli. Dengan statistik ini, user dapat mengetahui kecepatan rata-rata toko tersebut dalam memproses pesanan.



Apa keuntungan sebagai penjual di Tokopedia Statistik kecepatannya berubah menjadi Sangat Cepat ?

  • Mendatangkan banyak pembeli ke Tokomu
  • Lebih Dipercaya Konsumen/Pembeli

 ilai Statistik Kecepatan Toko diambil dengan menghitung Total jumlah transaksi berhasil yang dikalikan dengan poin dari Tiap Transaksi per Jumlah Total Transaksi yang berhasil. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada contoh di bawah ini:

Contoh Perhitungan Statistik Kecepatan Toko
Misalnya Toko A mempunyai sepuluh transaksi berhasil, dengan detail kecepatan proses order sebagai berikut:

Empat transaksi selesai diproses dalam waktu 1 hari (Sangat Cepat), tiga transaksi dalam waktu 2 hari (Cepat), dua transaksi dalam waktu 3 hari (Normal), dan satu transaksi dalam waktu 7 hari (Sangat Lambat).

Maka rinciannya adalah sebagai berikut:
4 Transaksi mendapat nilai 5
3 Transaksi mendapat nilai 4
2 Transaksi mendapat nilai 3
1 Transaksi mendapat nilai 1

Perhitungan Nilai Kecepatan Toko untuk Toko A  adalah:
https://ecs7.tokopedia.net/img/help_article/2016/4/13/1481/1481_46c1da4c-05c0-4c29-b8ca-5b8ab630266d.png
Dari hasil perhitungan di atas, didapatkan nilai rata-rata kecepatan toko A adalah 3,9. Untuk menentukan tingkat kecepatan toko A, mari kita lihat table nilai rata-rata kecepatan toko di bawah ini:

Nilai Rata-rata Kecepatan Toko A adalah 3,9 yang artinya rata-rata kecepatan proses transaksi di Toko A berada di tingkat Cepat.


Nilai Kecepatan dibagi menjadi 5 tingkatan, yang ditunjukkan dalam tabel di bawah ini:

Nilai Kecepatan akan di-update setiap hari dan diambil berdasarkan data dari pihak agen logistik.
Jadi, apabila penjual lupa meng-input nomor resi pada sistem Tokopedia hingga hari ketiga, padahal telah memproses pesanan sejak hari pertama, Nilai Kecepatan yang terhitung masih masuk dalam kategori Sangat Cepat (hari pertama).  

Catatan: Nomor resi harus valid, Nomor resi palsu/fiktif tidak akan masuk perhitungan.


Kecepatan Pengiriman Toko adalah waktu pengiriman tercepat toko dalam 1 hari, terhitung dari penjual pesanan masuk sampai dengan penjual memasukkan nomor resi. Kecepatan Pengiriman Toko ini diambil berdasarkan waktu tercepat dalam satu hari (24 jam).
Nilai yang ditampilkan di Kecepatan Pengiriman Toko akan di-update setiap harinya apabila melakukan proses penerimaan pesanan. Jika tidak ada proses menerima pesanan, maka yang ditampilkan adalah nilai yang didapat pada hari terakhir toko tersebut melakukan proses penerimaan pesanan.


Contoh Perhitungan Kecepatan Pengiriman Toko
Misalnya Toko B pada hari Minggu menerima dan memproses pesanan sebanyak 3 kali, dengan rincian sebagai berikut:
  • Pesanan pertama pada pukul 1 siang dan diproses dalam waktu 6 jam,
  • Pesanan kedua pada pukul 7 malam  dan diproses dalam waktu 1 jam,
  • Pesanan ketiga pada  pukul 9 malam, diproses dalam waktu 3 jam.
Karena Kecepatan Pengiriman Toko ditentukan berdasarkan waktu tercepat dalam satu hari (24 jam) tersebut, maka nilai yang ditampilkan di Toko B pada hari Senin adalah 1 jam. Jika dalam waktu 24 jam berikutnya Toko B tidak melakukan penerimaan dan memproses pesanan, nilai yang ditampilkan adalah yang terakhir didapat (1 jam).
Berikut adalah contoh perhitungan Toko B dalam satu minggu:
https://ecs7.tokopedia.net/img/help_article/2016/3/18/1857775/1857775_80667cb5-2259-4fa5-b22f-3f47d7ff6afa.jpg




KESIMPULAN:
  • Jika ada orderan dari pembeli yang masuk setelah proses Verifikasi Tokopedia, langsung di proses
  • Jika sudah diproses, Langsung segera inputkan resi yang valid ke Tokopedia, bukan fiktif apalagi palsu. dan tidak mengganti kurir yang telah dipilih Pembeli/Konsumen




 references by tokopedia

 
Like us on Facebook