February 18, 2017

Kenapa Baju Baru Jangan Langsung Dipakai?

Membeli baju baru tentu menyenangkan, apalagi jika model dan bahannya sangat disukai. Namun perlu diingat bahwa baju baru sebaiknya jangan langsung dipakai tanpa mencuci terlebih dahulu. Walau Anda membelinya dari mal ternama atau butik, bersihkan dulu busana tersebut dengan baik karena ada beberapa alasan.


Seorang dermatolog dari Columbia University Medical Center, New York, Amerika bernama Lindsey Bordone menjelaskan bahwa ada banyak potensi kuman yang berasal dari berbagai sumber, di baju baru.

Kuman bisa berasal dari orang yang melakukan mengepakan, penjahit, dari pabrik kain, atau sesuatu yang pernah menyentuh kain dan baju itu sendiri. Bisa juga berasal dari hewan atau serangga yang pernah menyentuh baju tersebut, misalnya tikus.

Selain itu, menurut Lindsey, pewarna serta bahan kimia yang menempel dari pabrik pembuat busana itu pasti masih ada disana jika belum dicuci.

Semua pemicu tersebut dapat menimbulkan iritasi pada kulit, masalah kulit semisal gatal, merah, ruam, dan sebagainya. Apalagi jika kulit Anda termasuk jenis sensitif.

“Ketika pakaian dikirimkan, beberapa pengawet diletakkan sehingga jamur tidak akan tumbuh selama proses pengiriman,” jelasnya lebih lanjut seperti dilansir oleh laman The Huffington Post.
Nama pengawet yang sering digunakan untuk pakaian adalah formaldehida resin. Ini untuk mencegah tumbuh jamur atau pengganggu lainnya. Apalagi jika baju diimpor dari luar negeri.

Jadi sebaiknya memang baju baru yang dibeli harus dicuci dahulu hingga bersih dari segala kemungkinan penyebab masalah kesehatan, setelah itu kemudian bolehlah Anda kenakan.


references by sidomi

 
Like us on Facebook