March 25, 2017

Tips & Cara Install .Net Framework 3.5 di Windows 8/8.1/10

Kamu yang suka menginstal software-software ataupun game di komputer kadang sebelum melakukan instalasi ada keterangan bahwa untuk dapat menjalankan aplikasi di dalam sofware tersebut Anda terlebih dahulu harus menginstal Microsoft .NET Framework. Mungkin Anda akan beryanya-tanya kira-kira apa sih fungsi Microsoft .NET Framework tersebut dan kenapa mesti diinstal  ?

Di dalam sebuah aplikasi pemograman terdapat trilyunan line kode, makin komplek sebuah aplikasi pemograman maka line-line kodenya pun makin banyak. Microsoft kemudian membuka bank programnya yang dibundel di dalam Microsoft .NET Framework, Microsoft .NET Framework ini berisikan pemograman dasar yang dapat digunakan oleh setiap programer. Jadi seorang progamer tidak harus membuat dari nol sebuah perintah pemograman, cukup dengan memanggil pemograman yang sudah ada di dalam Microsoft .NET Framework.

Dengan adanya Microsoft .NET Framework seorang programer akan sangat diuntungkan karena dapat dengan cepat mendevelope suatu pemograman, dan juga besar ukuran file dari program tersebut bisa diperkecil. Tanpa menginstal Microsoft .NET Framework maka aplikasi pemograman yang sudah dibuat tidak akan dapat berjalan, karena core pemogramannya ada di dalam Microsoft .NET Framework tersebut.

Di dalam dunia web design sendiri saat ini sangat dipermudah dengan bermunculannya aplikasi-aplikasi PHP Framework yang sangat membantu web developer dalam mendevelope suatu aplikasi/program/software/game

Ada dua cara menginstall Net FrameWork 3.5 ini, yaitu secara Online dan juga secara Offline


CARA ONLINE

Pastikan koneksi internet Stabil dan tidak lemot


  1. Tekan tombol Windows + X  secara bersamaan dari Keyboardkemudian cari Programs and Features. ,atau dari Control Panel > Programs & Features  
  2. Setelah itu, klik “Turn Windows features on or off” (bagi pengguna screen reader, tekan shift-tab sampai screen reader mengatakan “Turn Windows features on or off”, tekan enter).
  3. Beri tanda centang pada opsi “.NET Framework 3.5 (includes .NET 2.0 and 3.0” (bagi pengguna screen reader, tekan panah bawah sampai screen reader mengatakan “.NET Framework 3.5 (includes .NET 2.0 and 3.0”, tekan spasi untuk memberi tanda centang).
  4. Klik tombol OK (bagi pengguna screen reader, tekan tab sampai screen reader mengatakan OK, tekan enter). Proses penginstalan Microsoft .NET Framework 3.5 akan berjalan, tunggu sampai selesai.




CARA OFFLINE


Sebelum memulai, Pastikan kalian memiliki Kaset DVD /Flashdisk Bootable sesuai versi Windwos 8/8.1/Widnows 10 yang sedang digunakan

  • DVD Windows 8 , Windwos 8.1 , Windows 10
  • Flashdisk Bootable Windows 8 , Windwos 8.1 , Windows 10
Jika sudah disiapkan mari kita mulai

  1. Cari folder ‘sources’ > Buka folder tersebut. 
  2. Didalam folder ‘sources’ tadi anda akan menemukan folder ‘SXS’
  3. Copy folder ‘SXS’ tersebut ke drive D:\ atau Drive E:\
  4. Buka Command Prompt, dengan cara arahkan kursor Mouse ke Pojok kiri bawah layar monitor di logo Windwos kamu > Klik Kanan  > pilih "Command Prompt Admin)" 
Jika kamu copy folder SXS ke drive D Copy perintah dibawah ini pada Command Prompt :

Dism /online /enable-feature /featurename:NetFX3 /All /Source:D:\sources\sxs /LimitAccess

Jika kamu copy folder SXS ke drive E Copy perintah dibawah ini pada Command Prompt :

Dism /online /enable-feature /featurename:NetFX3 /All /Source:E:\sources\sxs /LimitAccess


lalu klik kanan di jendela Command Prompt, klik PASTE > Tekan ENTER dari Keyboard

Tunggu prosesnya selesai sampai selesai 100%
GOOD LUCK !!!








 
Like us on Facebook