April 22, 2017

Manfaat Rajin Bersih-Bersih Kamar

Jangan remehkan kebiasaan bersih bersih rumah yang selalu diidentikkkan dengan kegiatan kaum wanita. Walau kerap dipandang sebelah mata, kebiasaan ini ternyata memberi efek positif untuk kesehatan lho, yakni menghilangkan insomnia dan menambah kualitas tidur jadi lebih nyenyak.


Manfaat lain dari rajin membersihkan rumah adalah bisa membuat bahagia, karena tubuh terbiasa bergerak lincah. Mirip efeknya dengan olahraga, demikian dilansir laman PureWow.

Apa lagi ya manfaat rajin bersih bersih rumah? Simak berikut ini yuk untuk motivasi diri sendiri dan keluarga:

Kurangi stres

Berdasarkan studi yang dipublikasi dalam Personality and Social Psychology Bulletin, bersih bersih rumah dapat mengurangi stres. Tinggal dalam rumah dan lingkungan yang kotor dan berantakan dapat meningkatkan resiko stres hingga depresi. Ini karena produksi hormon kortisol lebih banyak diproduksi saat berada di lingkungan yang kotor berantakan.

Tidur nyenyak

Ruangan dan tempat tidur yang rapi dapat membuat tubuh dan pikiran lebih rileks, sehingga hormon serotonin atau hormon bahagia akan diproduksi lebih banyak. Hasilnya tidur lebih nyenyak dan terhindar dari insomnia.

Kesehatan meningkat

Lingkungan yang bersih pun membuat kesehatan lebih baik. Bakteri, virus, nyamuk dan sumber penyakit lain bisa dilenyapkan dalam kegiatan bersih-bersih tersebut. Belum lagi kotoran yang berpotensi memicu alergi seperti debu atau serbuk bunga dan bulu binatang atau tungau dan kutu. Jadi jangan enggan untuk rajin bersih-bersih rumah ya.

Semoga bermanfaat.



references  by sidomi

 
Like us on Facebook