MASUKAN KATA DI KOTAK BAWAH INI UNTUK MENCARI.. LALU KLIK TOMBOL "SEARCH"

May 12, 2017

Arti Status Pengiriman SiCepat

Baca Artikel Lainnya

SiCepat adalah perusahaan jasa pengiriman barang yang didirikan sejak tahun 2004. SiCepat menawarkan 2 jenis layanan jasa pengiriman, yakni BEST (Besok Sampai Tujuan) dan REG (Regular).



Jika kamu sebagai penjual, pengiriman dengan SiCepat bisa menggunakan Sistem Resi Otomatis / Pickup atau mendatangi Agen Sicepat terdekat dengan rumah

1. Cetak Label / Nomor Booking / Kode Booking

Cetak / Print label berisi barcode dan kode booking pengiriman dari marketplace tempat kamu berjualan. Tempelkan label tersebut ke paket yang akan dikirim atau tulis kode pada paket, 

Jika musim hujan, lindungi label hasil print yg ditempel tersebut dengan solasi bening agar tidak luntur ataupun sobek kena air hujan. Nantinya barcode tersebut akan discan menggunakan smartphone atau alat khusus oleh  petugas SiCepat saat proses sorting di Gudang

Isi berat sesuai atau mendekati hitungan dimensi + berat yang sebenarnya, jangan dikurangi karena saldo kamu bisa terpotong karena akan dihitung+timbang ulang untuk paket-paket besar saat berada digudang sicepat



Informasi penting mengenai sistem resi otomatis:

  • Drop-off atau pick-up kurir harus dilakukan maksimum 3 jam sebelum jatuh tempo konfirmasi pengiriman.
  • Nomor resi otomatis terisi maksimum 1x24 jam setelah kurir memindai kode booking.
  • Pantau status pesanan Anda di halaman Daftar Transaksi. / Situs resmi SiCepat


Kamu bisa memesan/ Pickup  kurir SiCepat setiap hari (Senin - Minggu) mulai pukul 07:00 - 16:00 WIB dengan detail cut-off time sebagai berikut :

  • Pemesanan kurir request pickup pada pukul 07:00 - 16:00 WIB, maka paket akan dijemput oleh kurir pada hari yang sama, dengan waktu penjemputan maksimal pada pukul 20:00 WIB.
  • Pemesanan kurir request pickup di atas pukul 16:00 WIB, maka paket akan dijemput kurir SiCepat pada keesokan harinya.


SEBELUM KIRIM & MEMBERIKAN KE KURIR SICEPAT. PACKING YANG AMAN AGAR TIDAK MUDAH DIBUKA, TIDAK PECAH, RUSAK, TERKENA AIR HUJAN, TERTINDIH PAKET LAINNYA DAN  HAL LAINNYA YANG BISA MEMBUAT PAKETMU MENGALAMI HAL-HAL YANG TIDAK DIINGINKAN. DAN MERUSAK PAKET MILIK ORANG LAIN

PASTIKAN NO HP/ WHATSAPP AKTIF DAN  MENJAWAB JIKA ADA KURIR YG MENELEPON. SMS, ATAU WA DAN PASTIKAN ADA ORANG DIRUMAH/LOKASI KAMU UNTUK MENYERAHKAN PAKETNYA KE KURIR SICEPAT YANG SUDAH DATANG


Layanan Pickup, estimasi kurir sampai di alamat penjemputan 24 jam dari waktu Request Pickup. 


Kode Status Pengiriman Paket


Berikut istilah-istilah dalam layanan pengiriman yang perlu untuk dipahami saat memantau pengiriman paket.

Dalam Proses - Kota Pengirim
Menunggu Penjemputan dari SiCepat;;


Paket belum dipickup / diambil oleh kurir sicepat, Penjual online tersebut menggunakan jasa jemput paket, artinya kurir yg mendatangi penjual untuk selanjutnya nanti paket diambil dan akan dikirim ke Gudang KOTA PENGIRIM


  • Manifested
 Paket yang akan dikirim sudah diterima di kantor SiCepat dan menunggu proses pengiriman ke Kota alamat penerima

  • On Transit
Paket yang dikirim sedang transit di kota lain, dan akan segera dijadwalkan untuk dikirim ke kota tujuan.

  • On Process
Paket sedang dalam proses perjalanan pengiriman ke kota/daerah tujuan

  • Diterima di Perwakilan (ROD/Received on Destination)
 Paket sudah diterima kantor perwakilan SiCepat di kota tujuan, tapi belum dikirim ke alamat tujuan.

  • Delivered
Paket sudah diantar dan diterima di alamat tujuan. Cek nama penerima yg tertulis

  • Antar Ulang (AU)
Paket sudah dibawa oleh pengantar paket tapi karena belum sempat dikirimkan pada hari sebelumnya maka akan dikirim ulang pada hari berikutnya.

  • Bad address (BA)
Alamat yang dituju tidak jelas atau ada kesalahan penulisan alamat, nomor jalan/rumah/RT/RW, kode pos dan sebagainya. Nomor telepon penerima sudah dihubungi tapi tidak diangkat, selanjutnya barang tersebut dibawa kembali oleh kurir.

  • Misroute
Pengiriman paket salah jalur atau salah tujuan. SiCepat akan langsung membetulkan jalur pengiriman paket yang benar.

  • CODA (Closed Once Delivery Attempt)
Paket telah diantar sampai ke alamat tujuan, tetapi alamat tersebut salah atau kosong. Mohon hubungi kantor perwakilan/cabang SiCepat dikotamu jika muncul status ini.

  • Cnee Unknown
Nama penerima paket tidak dikenali di alamat tujuan/lingkungan sekitar atau penerima ternyata tidak tinggal di alamat tujuan. Kemungkinan disebabkan oleh kesalahan penulisan nama atau alamat saat mengirim paket.

  • On Schedule Delivery
Paket dalam proses antrian penjadwalan  untuk dikirmkan, masih dikantor dan belum dibawa kurir

  • NTH (Not Home)
Paket sudah diantarkan kurir ke alamat tujuan tapi tidak ada orang yang menerima/pintu/gerbang ditutup / tidak ada yg membuka/tidak ada orang. Ttelepon tidak diangkat saat kruri menelopen nomor yang tertera dipaket




UPDATE 2019/2020/2023


PICKREQ atau
TERIMA PERMINTAAN PICKUP DARI [NAMA MARKETPLACE / TOKO ONLINE]

Penjual Online meminta request Jemput paket, nantinya kurir SiCepat akan menghubungi sangf penjual untuk mengambil paket. Jika kamu sebagai penjual, Pastikan Paket sudah dipacking dengan baik, dan label penerima ./ kode booking terbaca dengan jelas dan terhindar dari luntur terkena air hujan

PAKET GAGAL DIAMBIL SIGESIT [NAMA KURIR]
Paket belum terambil oleh kurir karena alasan  tertentu. Silahkan tunggu 1 x 24 Jam dari jam dan waktu kamu melakukan permintaan Pickup / Request Pick Up. Jika paket belum diambil kurir melebihi waktu tersebut, hubungi akun sosial media resmi SiCepat

KALAU 2 X24 JAM PAKET KAMU TIDAK DIPICKUP, KEMUNGKINAN KUALITAS JASA KURIR BAGIAN PICK UP DI DAERAHMU BURUK DAN TIDAK BISA TEPAT WAKTU. KAMU BISA DROP KE GUDANG SICEPAT, 

ATAU KALAU LOKASI DROP TERLALU JAUH SEBAIKNYA KAMU MATIKAN PILIHAN KURIR SICEPAT DI TOKOMU AGAR TIDAK DIMARAHI PEMBELI atau  PEMBELI PADA KABUR KE TOKO SIBELAH KARENA KUALITAS LAYANAN KURIR PIKCUP DI DAERAHMU BURUK KARENA PAKET AKAN JADI  LAMA SAMPAI ATAU TIDAK BERGERAK DAN REPUTASI TOKOMU DI ECOMMERCE DAN OFFFLINE AKAN JADI JELEK
 

PAKET TELAH DI INPUT (MANIFESTED) DI [NAMA DAERAH]
Paket sudah dikirimkan oleh penjual  dan sudah masuk sistem Sicepat.. sedang berada di Counter SiCepat di Kota atau Daerah Penjual / Pengirim Paket

PAKET TELAH DI TERIMA DI [NAMA KOTA] [NAMA DAERAH]
Paket sudah ada di Gudang Pusat Penjual atau Pengirim Paket

PAKET TELAH DI TERIMA DI [NAMA KOTA] [NAMA DAERAH]
Paket sudah ada di Gudang, dan masuk antrian kirim dan dikirim ke Gudang yg lebih dekat dengan alamat Penerima

PAKET DIBAWA [SIGESIT - NAMA KURIR]
Paket sudah dibawa kurir dan dalam proses pengantaran ke alamat penerima, pastikan Nomer HP AKTIF/DIJAWAB JIKA KURIR MENELEPON, Pintu rumah/gerbang utama tidak ditutup dan menjawab jika ada kurir yg datang/berteriak, Pastikan ada orang/titip pesan ke teman/tetangga jika ada kurir yg datang dan akan pergi keluar rumah sebentar maupun lama untuk paket dititipkan ke teman tetangga tersebut

PAKET DITERIMA OLEH [NAMA ORANG/PENERIMA - (YBS) YANG BERSANGKUTAN]
Paket telah selesai diterima

ATAU


Terima permintaan pick up dari [Nama Orang / Pengorder/ Penjual ]
Paket sedang menunggu pengambilan kurir SiCepat yg nantinya akan datang ke rumah Penjual untuk mengambil paket

PAKET TELAH DI DROP DI [Nama Daerah /Tempat] atau Paket telah di drop di gerai [Nama Daerah /Tempat]:DROP atau Paket telah diterima oleh dropoff point Bandung
Paket sedang diambil oleh kurir dari tempat asal Penjual

atau Paket sudah dikirimkan oleh Penjual dengan mendatangi  Agen / Gudang SiCepat terdekat dengan lokasi Penjual

PAKET TELAH DI TERIMA DI [Nama Daerah /Tempat] atau Paket telah sampai di [NAMA LOKASI] tempat sortir 
Paket sedang berada di gudang Sicepat dari tempat asal Penjual / Pembeli/ penerima paket

Dalam Proses - Kota Pengirim
Paket masih berada di Kota pengirim Paket/ Penjual Online

Paket telah di pick up oleh [SIGESIT -nama kurir]
Paket sudah dibawa / dipickup dari tempat asal Penjual



Paket gagal di pick up oleh [SIGESIT - NAMA KURIR]. Ket: Not Enough Time:UNPICK
Paket tidak dipickup kurir SiCepat karena jam operasional sudah melewati jam kerja kurir. Paket akan dipikup/diambiil ulang keesokan harinya

Paket gagal diambil sigesit [Nama Kurir]:UNPICK 
Paket tidak dipickup kurir SiCepat karena lain hal, kurir terlambat datang, tidak ada orang dilokasi penjual online saat akan pickup dan hal lainnya. Paket akan dipickup ulang 1 x 24 jam, pastikan ada orang dirumah untuk menyerahkan paket dan Nomor HP aktif untuk menjawab

Paket gagal diambil sigesit [Nama Kurir]:UNPICK: Penjual memutuskan antar paket ke gerai / Ket: Drop ke Gerai:UNPICK
Kurir sicepat sudah datang ke lokasi penjual/pengirim paket, namun sang penjual/pengirim memutuskan akan mengirim ke Drop point, atau agen sicepat terdekat. Biasanya ini dilakukan karena penjual online paket pembelinya banyak sehingga kesulitan mencari paket dengan resi yg dimaksud/dicari kurir untuk dipickup atau memutuskan untuk kirim sendiri he Gudang Sicepat terdekat


Paket gagal di pick up oleh [SIGESIT - Nama Kurir Sicepat]. Ket: Reschedule by Seller atau 
Paket gagal di pick up oleh [SIGESIT - NAMA KURIR]. Ket: Penjual minta penjadwalan ulang pick-up. Silakan berkoordinasi dengan pembeli terkait kelanjutan pengiriman melalui Chat. Kurir akan melakukan pick-up ulang besok.

Kurir menuliskan status bahwa, proses pickup dijadwalkan ulang oleh permintaan penjual, atau bisa juga karena melebihi batas waktu pickup sore/malam hari atau alasan tertentu yang membuat kurir menuliskan  status tersebut sehingga paket tidak bisa dicpickup pada hari itu

Tunggu 2x24 jam setelah kamu menekan tombol request pickup, jika melebihi batas waktu tersebut paketmu belum dipickup kurir sicepat, hubungi akun facebook resmi sicepat beserta nomor request pickupnya dan jelaskan kendala/kronologinya.




Kurir gagal melakukan pickup. Pesanan akan dipickup ulang dalam 1x24 jam ke depan. Untuk keterangan lebih lanjut hubungi CS SiCepat di (021) 502 00050 ATAU
Paket gagal di pick up oleh [SIGESIT - NAMA KURIR]. Ket: Penjual minta penjadwalan ulang pick-up. Silakan berkoordinasi dengan Seller terkait kelanjutan pengiriman melalui Chat. Kurir akan melakukan pick-up ulang besok.

Paket tidak dipickup kurir SiCepat karena lain hal, kurir terlambat datang, tidak ada orang dilokasi penjual online saat akan pickup, alaamt sulit dicari, , Cuaca hujan deras/banjirm atas permintaan penjual pengirim paket  dan hal lainnya. Paket akan dipickup ulang 1 x 24 jam, pastikan ada orang dirumah untuk menyerahkan paket dan Nomor HP aktif untuk menjawab kurir

PAKET TELAH DI INPUT (MANIFESTED) DI  [Nama Daerah /Tempat]

Paket sedang berada di gudang Utama Kota pengirim paket, dan dalam proses sortir untuk dikirim ke alamat tujuan

Paket keluar dari [NAMA DAERAH / WILAYAH]
Paket sudah keluar dari Gudang SiCepat dan sedang dalam perjalanan dari daerah asal pengirim paket ke daerah tujuan penerima yg tertera di paket


Paket telah di terima di NAMA DAERAH [Line Haul Darat / Udara NAMA DAERAH]
Paket sudah masuk ke Gudang SiCepat dan sedang dalam perjalanan darat maupun Udara [Perhatikan keterangan Line Haul nya] dari daerah asal pengirim paket ke daerah tujuan penerima yg tertera di paket


Paket telah keluar dari NAMA DAERAH [Line Haul Darat / Udara NAMA DAERAH]
Paket sudah keluar dari Gudang SiCepat dan sedang dalam perjalanan DARAT maupun UDARA [Perhatikan keterngan Line Haul nya] dari daerah asal pengirim paket ke daerah tujuan penerima yg tertera di paket


Dalam Proses - Transit
Paket sedang dalam perjalanan dari kota asal ke kota tujuan penerima yg tertera di paket

Dalam Proses - Kota Penerima
Paket sudah berada di kota alamat yg tertera di paket
 
Paket telah di drop di gerai [SICEPAT POINT - Bandung] 
Paket sudah di drop/disimpan di Agen Sicepat oleh Penjual, nantinya paket tersebut akan dibawa ke gudang Sicepat Terdekat

PAKET DIBAWA [SIGESIT - NAMA KURIR] atau 
Paket telah di pick up oleh [SIGESIT - NAMA KURIR]
Paket sedang dibawa kurir untuk diantarkan ke alamat yg tertera di paket, pastikan nomor handphone selalu dipegang dan aktif jika kurir keslitan mencari alamat. pastikan ada orang dirumah dan menjawab ketika kurir datang atau titip pesan ke tetangga jika akan pergi keluar rumah sebentar ataupun waktu lama untuk dititipkan ke tetangga/teman


Paket telah di pick up oleh [SIGESIT - ]
Jika keterangan SiGesit tanpa nama, artinya paket telah di drop / disimpan /  dikirim ke Agen/gudang SiCepat langsung oleh penjual


Diterima oleh Penerima Paket :DELIVERED
Paket telah selesai/ diterima oleh penerima paket [Nama Penerima]
Paket diterima Yang bersangkutan atau keluarga

PAKET DITERIMA OLEH [XXXXXXX TETANGGA - (TTG) TETANGGA]
Paket diterima/dititipkan ke Tetangga dikarenakan Alamat rumah penerima Paket tidaj\k ada dirumah/rumah kosong/tidak menjawab ketika kurir datang atau alamat tidak jelas


JIKA PAKET BELUM/GAGAL DITERIMA KETERANGANNYA ADALAH


Paket di kembalikan di [NAMA DAERAH/LOKASI] - (NTH) Not At Home:NTH (Not At Home)
Paket dikembalikan ke kantor Sicepat yang terdekat dengan Lokasi penerima paket karena penerima tidak ada di Rumah

Paket di kembalikan di [NAMA DAERAH/LOKASI] - (BA) Bad Address
Paket dikembalikan ke Gudang Sicepat lokasi pengirim paket karena alamat penerima tidak jelas, tidak dikenal dilingkuangan tempat tinggal, tidak lengkap, atau salah nama desa/kelurahan , kecamatan, kodepos berdasar data yang menempel di paket

Paket di kembalikan di [NAMA DAERAH/LOKASI] - AU Antar Ulang
Paket akan diantar ulang oleh kurir. Pastiakan ada orang yg menunggu dirumah jika ada kurir yg berteriak atau mengetuk pintu

Paket di kembalikan di NAMA DAERAH - (CC) Criss Cross
Paket terjadi salah pengiriman, bisa karena Penerima Paket/Pembeli yg salah menuliskan alamat atau karena paket salah saat sortir di Gudang SiCepat dan terbawa ke Gudang tujuan yg salah. Hubungi pihak Akun Resmi Facebook SiCEPAT agar paket dikirimkan sesuai ke alamat. Beritahukan resinya dan alamat yg benarnya


Criss Cross , Paket dikembalikan di Pergudangan  [NAMA DAERAH/KOTA]

  • Suatu keadaan dimana nama dan alamat yang tertera pada nomor kiriman ternyata tidak sama dengan nama dan alamat yang tertulis di paket.  
  • bisa juga kesalahan dari pihak kurir / pihak sortir di Gudang Sicepat. Sehingga paket salah kirim paket ke gudang yang bukan dekat dengan alamat Penerima yg tertera di paket. Paket akan dikembalikan ke Gudang Utama, lau dikirimkan uang ke gudang terdekat dengan alamat penerima. 
  • Bisa juga paket tertukar label / resinya 
  • bisa juga salah dalam penulisan alamat seperti nama desa, kelurahan, kecamatan nomor rumah , RT/RW dan sebagainya yang tertera dipaket, alamat tidak/kurang  jelas. Sehingga paket dikembalikan ke kota pengirim yang tertera dipaket






LOST (Hilang)
Paket telah dinyatakan hilang oleh SiCepat. Bisa saat digudang, terjatuh dijalan saat dibawa kurir, dicuri saat motor diparkirkan kurir yg sedang bertugas,  atau diambil oknum kurir
Hubungi akun media sosial SiCepat dan minta jelaskan kronologinya







Rutin lakukan tracking setiap harinya, karena jika paket 3 hari ada di lokasi, tapi tidak ada orang yang menerima atau mengambil, maka paket akan dikembalikan ke kota asal Paket dikirim. Estimasi awaktu kirim dihutung sejak paket sudah dipickup oleh kurir SiCepat dari Penjual Online

Perhatikan estimasi waktu kirim layanan yang kamu pilih, 

  1. Saat musim hujan atau lokasi banjir, Jika kamu membeli dari penjual yg lokasinya banjir atau kamu sebagai penerima dan sedang banjir , maka kemungkinan paket akan lama sampai bagi daerah yang lokasi/daerahnya terimbas banjir yang tidak memungkinkan kurir mempickup atau mengantarkannya dari estimasi yang diberikan Sicepat saat musim panas
  2. Saat dekati lebaran dan libur tahun baru biasanya akan terjadi overload pengiriman, kemungkinan paket akan lebih lama dar estimasi kirim biasanya
  3. Perhatikan lokasi jarak kirim. Untuk lokasi luar pulau atau daerah yang jauh dari kota estimasi mungkin bisa lebih dari 3 hari
  4. Hargai profesi kurir, paket yang request pickup atau dibawa kurir bisa ratusan atau lebih jika sedang ramai, jadi hilangkan kebiasaan memaki atau memarahi kurir. Tunggu maksimal 2 hari setelah estimasi yang biasa dijanjikan layanan sicepat disitus resminya, jika melebihi waktu tersebut kamu bisa tanyakan ke akun resmi facebook sicepat. Jangan nge WA kurir atau meneleponnya karena hal tersebut mengganggu kerjanya dan kemungkinan tidak akan dibalas, kamu tidak bisa ambil sendiri paket ke gudang tanpa persetujuan SiCEPAT

Semakin jauh Gudang Sicepat dengan lokasi rumah kamu, maka kemungkinan paket akan lama diterima




Kantor Pusat SiCepat



Jl. Ir. H. Juanda 3 No. 17-19, RT.008/RW.002, Kel. Kebon Kelapa Kec. Gambir, Jakarta Pusat 10120

021-5020-0050

EMAIL: customer.care@sicepat.com
https://www.sicepat.com/contactus
 
FACEBOOK: 
https://www.facebook.com/pg/sicepatekspresofficial/


BUY ME A COFFEE ??

transfer berapapun silahkan :)

ke rekening PT. BANK SYRIAH INDONESIA BSI  
atau Transfer TUNAI ke Kantor Bank Syariah Indonesia terdekat

atas nama: AGUNG YULY DIYANTORO
No. Rekening : 326970275 
KODE TRASNFER 451





ATAU SCAN QR CODE DONASI KE DANA

 
Like us on Facebook