MASUKAN KATA DI KOTAK BAWAH INI UNTUK MENCARI.. LALU KLIK TOMBOL "SEARCH"

July 12, 2017

Studi Ilmiah Nyatakan Kopi Bisa Perpanjang Usia

Baca Artikel Lainnya

Menyeruput kopi lalu rajin olahraga atau berjalan kaki ternyata membawa cukup banyak manfaat positif di baliknya. Salah satu fakta menarik tentang manfaat kopi adalah mampi mengurangi risiko kematian dini sebanyak 14 persen, setidaknya berdasarkan puluhan studi ilmiah terkait yang telah dilakukan. Lantas, apa saja alasan yang menyebabkan kopi mampu mengurangi risiko kematian dini tersebut? Berikut kami jabarkan satu per satu secara singkat.

1. Mencegah serangan jantung

Kandungan kafein pada kopi disebut bermanfaat untuk kesehatan jantung terkait peranannya dalam meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu, kafein pada kopi juga diketahui mampu melepaskan asam lemak bebas dari jaringan lemak sehingga membuat tubuh terasa lebih bugar. Meskipun begitu, asupan kafein yang berlebih juga tidak baik bagi jantung karena akan mendorong kerja jantung lebih keras.

2. Memperkecil risiko stroke

Berdasarkan studi yang dipublikasikan oleh Asoasi Jantung Amerika belum lama ini, konsumsi satu cangkir kopi per hati dapat menurunkan 20 persen risiko terkena gejala stroke. Hal ini berkaitan dengan poin sebelumnya, yakni kafein sebagai pendongkrak metabolisme tubuh.

3. Mencegah penyakit syaraf

Beberapa penelitian menyebt konsumsi kopi secara teratur setiap harinya mampu mengurangi risiko terserang penyakit syaraf di usia tua, seperti 65 persen terhindar dari penyakit demensia dan antara 32 hingga 60 persen terhindar dari risiko penyakit parkinson.



4. Mencegah keinginan bunuh diri

Anda mungkin mengernyitkan dahi memabacanya, namun faktanya hal tersebut benar terbukti. Sebagaimana yang dipublikasikan oleh sebuah studi ilmiah oleh Universitas Harvard di 2013 silam, bahwa orang dewasa yang meminum maksimal 4 cangkir kopi per hari memiliki kemungkinan bunuh diri yang kecil dibandingkan yang tidak atau sedikit konsumsi kafein. Alasannya adalah karena kafein dalam dosis cukup bisa bermanfaat sebagai antidepresan ringan yang membantu otak memproduksi dopamine, serotonin, dan noradrenalin.

5. Mengurangi risiko diabetes tipe 2

Dari beberapa penelitian terkait disimpulkan bahwa menyeruput kopi sebelum makan dapat memicu produksi glukosa yang lebih tinggi di tubuh. Hal ini berarti meningkatkan resistensi insulin, sehingga memperkuat pertahanan tubuh dari risiko terserang diabetes tipe 2. Namun perlu diingat, manfaat ini hanya berlaku bagi mereka yang  tidak sedang terkena penyakit gula, bukan sebagai obat untuk penderita diabetes..

6. Melindungi fungsi hati

Rutin minum kopi setiap hari mampu menghindarkan hati dari risiko serangan sirosis, yakni penyakit yang membuat fungsi liver menjadi tidak efektif karena bentuknya yang berubah seperti jaringan parut.

7. Bantu pembakaran lemak tubuh

Ya, tentu ini kabar menyenangkan! Diketahui bahwa kafein pada kopi memiliki pengaruh penting pada beberapa proses metabolisme tubuh. Bahkan, kafein bisa meningkatkan tingkat metabolisme tubuh antara 3 hingga 11 persen. Di saat metabolisme meningkat inilah, efektifitas pembakaran lemak pun meningkat sebanyak 29 persen pada orang sehat, dan meningkat 10 persen pada penderita obesitas.




references by msn

 
Like us on Facebook