September 5, 2017

Apa Manfaat Teh Hijau Bagi Gigi & Gusi?

Teh hijau telah menjadi minuman populer karena manfaat kesehatannya yang menakjubkan. Teh hijau berasal dari daun kering tanaman camellia sinensis. Ini awalnya berasal dari Cina, namun saat ini telah diproduksi di seluruh dunia karena popularitasnya.


Minuman herbal ini mengandung polifenol, dan antioksidan, yang terbukti sangat manjur untuk penyakit seperti kanker, diabetes, masalah jantung, penyakit alzheimer, dan lain-lain.

Bukan hanya itu, teh hijau juga memiliki beberapa kontribusi yang luar biasa terhadap kesehatan mulut. Ini mengandung senyawa yang dapat mengekang peradangan dan membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi.

Berikut beberapa manfaat teh hijau untuk kesehatan mulut dan gigi:

1. Mencegah plak
Plak adalah penumpukan lapisan bening di gigi, yang memungkinkan mikroba berkembang biak sehingga bisa menyebabkan kerusakan gigi. Teh hijau mengandung epigallocatechin gallate (EGCG), yang sangat efektif melawan bakteri yang menyebabkan plak gigi.

2. Mencegah gigi berlubang
Setiap kali kita makan, sebagian makanan akan disimpan ke gigi kita. Penumpukan ini dipecah oleh bakteri dan merupakan penyebab utama pembentukan lubang gigi. Teh hijau menurunkan keasaman air liur dan mengendalikan pertumbuhan bakteri. Penelitian menunjukkan bahwa berkumur dengan teh hijau selama 5 menit dapat menurunkan pertumbuhan bakteri secara drastis.

3. Mencegah bau mulut
Ini adalah masalah yang sangat umum bagi orang-orang yang berjuang dengan karies gigi. Polifenol yang ditemukan dalam teh hijau dapat menghambat pertumbuhan bakteri hingga 30% dan mengurangi produksi senyawa yang menyebabkan bau mulut.

4. Mencegah penyakit gusi
Penyakit periodontal adalah penyakit radang kronis yang mempengaruhi gusi dan tulang yang menopang gigi. Pada penyakit periodontal, bakteri subgingival melalui lipo-polisakarida, sehingga menyebabkan kerusakan periodontal. Sifat antioksidan teh hijau dapat membantu mengembalikan keseimbangan antara antioksidan dan oksidan yang disebabkan oleh bakteri subgingival. Sifat anti-inflamasi teh hijau membantu menjaga gusi kita terlindungi dari bisul dan pendarahan.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari teh yang luar biasa ini, dianjurkan untuk meminum 5 cangkir setiap hari, tapi tanpa pemanis. Jika Anda bukan peminum teh, Anda bisa memilih produk perawatan mulut yang mengandung teh hijau seperti pasta gigi, obat kumur, permen karet, dll.


references by rakyatku

 
Like us on Facebook