September 6, 2017

Jadwal Lengkap TIMNAS Piala AFF U-18

Piala AFF U-18 di Myanmar berlangsung pada 4-17 September 2017. Di kejuaraan itu, Indonesia bergabung di Grup B bersama tuan rumah Myanmar, Vietnam, Filipina, dan Brunei Darussalam. Sementara itu, Grup A diisi oleh Thailand, Malaysia, Timor-Leste, Laos, Kamboja, dan Singapura.



MATCH 13 SSEPTEMBER 2017
Pada pertandingan ketiga --dari empat pertandingan yang harus dilalui-- Indonesia terjungkal di tangan Vietnam, 0-3.  
Semifinal yang sudah berada di depan mata, kembali menjauh. Namun, belum menghilang.
Kini Indonesia menyisakan satu pertandingan melawan Brunei pada Rabu (13/9/2017). Jika menang, Indonesia akan mengoleksi nilai sembilam, maksimal.  Sayangnya, nilai itu tidak lantas Egy Maulana  Vikri  cs otomatis ke semifinal. Belum. Menunggu hasil Myanmar versus Vietnam.
Klasemen Grup B
1
 Vietnam
3
3
0
0
16
1
+15
9
2
 Myanmar
3
2
0
1
15
2
+13
6
3
 Indonesia
3
2
0
1
11
4
+7
6
4
 Brunei  
3
1
0
2
4
17
−13
3
5
 Filipina
4
0
0
4
2
24
−22
0

Bila Myanmar dan Indonesia sama-sama menang di pertandingan, nilai ketiga tim --Indonesia, Vietnam, Myanmar--   sembilan. Lalu, siapa yang berhak lolos ke semifinal?  Sesuai aturan akan  ditentukan oleh: (a) selisih gol di semua pertandingan grup; (b) jumlah gol yang dicetak dalam semua pertandingan grup; (c) hasil pertandingan langsung antara tim yang bersangkutan:
Jika Indonesia mampu menang besar atas Brunei --dan peluang tetap ada-- setidaknya 5-0, Indonesia mengoleksi sembilan poin dan gol average 16-4, surplus 12 gol.
Hitunglah Myanmar menang 2-0 dari Vietnam,  mereka mengumpulkan nilai sembilan dan gol average menjadi 17-2, selisih gol 15. maka, dengan berat hati, Indonesia pun tersingkir. Kalah gol rata-rata dengan Myanmar.
Bagaimana Vietnam? Bila kalah 0-2 dari Myanmar, poin tetap sembilan dan gol  mereka menjadi 16-3, surplus 13 gol. Vietnam lolos bersama Myanmar.
Bila Myanmar seri, berapapun skornya (1-1, 2-2, 3-3), Myanmar hanya dapat tambahan satu poin menjadi tujuh dan Vietnam menajdi 10. Indonesia? Bila hasilnya menang 1-0  dari Brunei, Indonesia dan Vietnam yang ke semifinal.
Untuk itu, penentuan Indonesia ke semifinal, selain harus menang besar dari Brunei --antisipasi bila hitungan terakhir ke semifinal bergantung pada selisih gol-- juga menunggu hasil Vietnam versus Myanmar.
Kita berharap, Vietnam tetap tampil normal. Tidak mencoba untuk bermain mata. Lantaran, main mata dimungkinkan.  Indonesia bermain lebih dulu dari pertandingan Myanmar versus Vietnam, sehingga  mereka bisa mengatur hasil gol dan skor yang memungkinkan mereka lolos ke semifinal.
Untuk itu, Indonesia harus meraih kemenangan maksimal. Selain menang, juga dengan jumlah gol yang banyak. Dan peluang terbuka.  Lantaran Brunei selalu kalah dengan skor besar, kalah 1-8 dari Vietnam dan 0-7 dari Myanmar.
Bisa juga, selain kita menang, kita pun berharap Myanmar cukup   seri melawan Vietnam. maka, bila kita menang dari Brunei, Indonesia otomatis ke  semifinal.

Meski Indonesia tergeser ke peringkat ketiga, peluang untuk lolos ke semifinal masih cukup terbuka. Di laga terakhir Grup B Myanmar akan beradu dengan Vietnam. Jika hasilnya seri atau Vietnam yang menang, Indonesia cukup menang dengan skor berapa pun atas Brunei Darussalam untuk melaju ke semifinal, karena skuat Merah Putih unggul poin.

Masalahnya, Indonesia menghadapi Brunei pada Rabu sore (13/9/2017), sedangkan Myanmar kontra Vietnam baru digelar pada malam harinya.

Oleh sebab itu, tidak ada jaminan bahwa Indonesia cukup menang selisih satu gol untuk lolos ke semifinal. Persoalannya, jika Myanmar mengalahkan Vietnam, maka perolehan nilai tiga tim Indonesia, Myanmar, dan Vietnam akan sama, sehingga harus melihat selisih gol sebagai penentu kelolosan.

Jika Myanmar menang selisih satu gol atas Vietnam, maka di klasemen akhir Myanmar yang akan unggul ketimbang Vietnam, karena keduanya memiliki selisih gol yang sama yakni 14, namun Myanmar unggul produktivitas mencetak gol.

Dengan kondisi seperti itu, jalan paling aman Indonesia harus menang dengan selisih delapan gol atas Brunei, mengingat selisih gol Indonesia saat ini hanya 7. Jika mampu menang dengan selisih delapan gol atas Brunei dan Myanmar menang satu gol atas Vietnam, Indonesia yang akan menjadi juara grup dengan selisih gol 15, lebih baik ketimbang Myanmar dan Vietnam yang 14.

Namun, jika Myanmar menang selisih dua gol, Indonesia cukup menjaringkan tujuh. Begitu selanjutnya, makin besar kemenangan Myanmar atas Vietnam, maka makin sedikit pula gol yang perlu dicetak ke gawang Brunei.

Hanya saja, jika Myanmar menang selisih dua gol atau lebih atas Vietnam dan Indonesia menang hanya dengan maksimal delapan gol atas Brunei, maka Garuda Muda hanya lolos sebagai runner up jika. Begitu juga jika Vietnam yang menang atau kedua pesaing itu bermain imbang.

Tapi, sekali lagi, jadwal Indonesia versus Brunei lebih dulu ketimbang Myanmar versus Vietnam, sehingga skenario paling aman ke semifinal tanpa tergantung hasil pertandingan Myhanmar versus Vietnam ialah Indonesia harus membantai Brunei dengan selisih minimal delapan gol.

Namun, juga sekali lagi, kemenangan dengan skor berapa pun atas Brunei sudah cukup mengantar skuat asuhan Indra Sjafri ke semifinal jika Myanmar gagal menaklukkan Vietnam, maksimal seri, karena Indonesia akan unggul poin ketimbang Myanmar.


Berikut ini jadwal lengkap Timnas Indonesia U-18 di Piala AFF 2017 Myanmar, yaitu

Selasa, 5 September 2017

Myanmar 1 vs 2 Indonesia (kickoff pukul 18:30 WIB di Thuwunna Stadium 
(tayang di TV Indosiar)


Kamis, 7 September 2017

Filipina 0 vs 9 Indonesia (kickoff pukul 18:30 WIB di Thuwunna Stadium
(tayang di siaran UHF TV Indosiar)


Senin, 11 September 2017

Indonesia 0 vs 3 Vietnam (kickoff pukul 15:30 WIB di Thuwunna Stadium
(tayang di siaran UHF TV Indosiar)


Rabu, 13 September 2017

Brunei Darussalam 0 vs 8 Indonesia (kickoff pukul 15:30 WIB di Thuwunna Stadium
(tayang di siaran UHF TV Indosiar)


Jumat, 15 September 2017

Laga Semifinal (kickoff pukul 15.30 WIB dan 18.30 WIB   tayang di siaran UHF TV Indosiar)

Indonesia 2 vs 3 Thailand  (pukul 15.30 WIB , tayang di siaran UHF TV Indosiar)


Sengit dan dramatis, partai semi-final ini harus diselesaikan dengan adu penalti dengan kondisi timnas Indonesia bermain 10 orang tersisa.


Semula, Garuda Nusantara dijadwalkan akan bertarung melawan Thailand pada Jumat (15/9/2017) pukul 18.30 WIB. Namun, seperti dilansir aseanfootball.org, timnas U-19 Indonesia dan Thailand dipindah menjadi bertanding pukul 15.30 WIB pada hari yang sama. Sementara itu, Malaysia dan Myanmar akan melakoni partai semifinal berikutnya seusai duel antara timnas U-19 Indonesia dan Thailand, tepatnya pukul 18.30 WIB


Malaysia vs Myanmar   (pukul 18.30 WIB)
6-5. Malaysia menang dalam adu pinalti


Minggu, 17 September 2017


Laga Perebutan Juara ke-3 
Myanmar 1 vs Indonesia 7 (kickoff pukul 15.30 WIB tayang di TV Indosiar)
MYANMAR YANG BERMAIN BRUTAL DAN KEPEMIMPINAN WASIT YANG AK MENGELUARKAN KARTU MERAH, NAMUN EMOSI TERSEBUT DILUAPKAN PARA PEMAIN TIMNAS U-18 INDONESIA MENJADI SKILL UNTUK TERSU MEMASUKAN KE GAWANG MYANMAR
INDONESIA BERHASIL REBUT JUARA KE-3 DAN GELAR TOP SKORER

Laga Final (kickoff pukul 18.30 WIB )
Thailand 2 vs 0 Malaysia

BISS KEY 
→Satelit Palapa D (113.0°E):
•INDOSIAR

►3835 H 7000 (MPEG2/FTA)
►4131 H 12250 (MPEG4/FTA)

Daftar top scorer sementara Piala AFF U-18:
8 gol:
  • Indonesia Egy Maulana Vikri

7 gol:
  • Myanmar Win Naing Tun

6 gol: 
  • Indonesia Muhammad Rafli

4 gol: 
  • Indonesia Witan Sulaiman

3 gol:
  • Indonesia Feby Eka Putra
  • Malaysia Hadi Fayyadh
  • Malaysia Akhyar Rashid
  • Singapore Danial Mustaffa
  • Thailand Yuthpichai Lertlum
  • Vietnam Trần Văn Công
  • Myanmar Myat Kaung Khant


Regulasi PIALA AFF U-18
9.1.3. Dua tim teratas datang pertama dan kedua di setiap grup lolos ke semifinal.
9.1.4. Peringkat akan ditentukan oleh jumlah poin yang lebih besar yang diperoleh di semua pertandingan.
9.1.5. Jika dua atau lebih tim saling mengandalkan poin, posisi mereka akan ditentukan dengan urutan sebagai berikut:
(a) selisih gol di semua pertandingan grup;
(b) jumlah gol yang dicetak dalam semua pertandingan grup;
(c) hasil pertandingan langsung antara tim yang bersangkutan:
(d) Menendang dari tanda penalti jika tim yang bersangkutan masih berada di lapangan bermain.
(e) skor terendah menggunakan Kriteria Fair Play
(f) Diundi

 
Like us on Facebook