MASUKAN KATA DI KOTAK BAWAH INI UNTUK MENCARI.. LALU KLIK TOMBOL "SEARCH"

September 27, 2017

Persib Bandung Targetkan 5 Besar Klasmen Liga 1 2017

Baca Artikel Lainnya

Liga 1 tinggal menyisakan 8 pertandingan. Jika menyimak persaingan para kontestan, Persib yang saat ini tertahan di peringkat 10 masih sulit untuk menembus 5 Besar seperti halnya musim lalu di ajang Indonesia Soccer Championship 2016. Kendati demikian, Persib tetap menyimpan asa untuk bisa masuk 5 Besar. Harapan tersebut belum tertutup, dengan syarat, Maung Bandung wajib bekerja lebih keras lagi. Bahkan hingga tetes keringat terakhir.



"Itu kan namanya target. Kami harus optimistis karena ada harapan untuk finis di urutan 5 Besar," kata Asisten Pelatih Persib Herrie Setyawan di Mess Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Selasa 26 September 2017.

Herrie Setyawan meyakinkan, 3 hasil imbang di kandang akan terus ‎dievaluasi. Adapun, kelebihan timnya akan terus ditingkatkan demi memenuhi ambisi masuk 5 Besar.

"Sekarang kami memiliki persiapan lebih panjang (melawan Persiba Balikpapan), tidak seperti saat lawan Bali United dan dua hari berikutnya lawan Bhayangkara FC. Pemulihan tidak cukup, makanya kami kewalahan dan bisa mengimbangi Bhyangkara FC dengan kondisi baru dua hari latihan, itu kan maskimal sekali," ucapnya seperti diwartakan Galamedianews.

Tim peringkat atas
Lemahnya komunikasi, koordinasi, serta strategi yang monoton membuat Maung Bandung kehilangan 6 poin di kandang. Kini, dua partai tandang melawan Persiba Balikpapan (1 Oktober 2017) dan PBFC (4 Oktober 2017) menjadi ajang penebusan dari banyaknya poin yang menguap.

"Kami sekarang fokus bagaimana meraih poin tandang. Kami ingin membayar kehilangan dari tiga hasil imbang di kandang,"ujar Herrie Setyawan.

Dia menjelaskan, timnya tak memiliki masalah apapun dalam upaya naik ke papan atas. Suasana tim sangat kondusif. Menurutnya, salah satu sebab dari hasil imbang di kandang karena lawan yang datang memiliki kualitas di atas Persib.

"Tidak ada masalah. Situasi dan kondisi berjalan normal. Kami tahu tim-tim yang kami temui di kandang peringkatnya di atas Persib. Kami sudah berusaha imbangi (permainan). Syukur kalau kemarin kami menang tapi akhirnya imbang. Tapi usaha pemain sudah maksimal," ucapnya.

Persiapan
Maung Bandung akan kembali menjalani latihan dalam persiapan menghadapi Persiba Balikpapan. Rencananya, Maung Bandung akan berlatih pada Selasa 26 September 2017) sore di Lapangan Lodaya. Dalam laga nanti, Ezechiel N’Douassel sudah bisa dimainkan. Sebelumnya, dia absen akibat akumulasi kartu kuning.

Pada pertemuan pertama, Maung Bandung menang tipis atas Persiba, 1-0. Bukan tak mungkin, Maung Bandung bisa memperpanjang rekor kemenangan pada laga nanti. Apalagi, Maung Bandung punya catatan tandang cukup bagus di kandang lawan seperti saat mengalahkan Sriwijaya FC, 4-1 meski lebih banyak meraih hasil minor di Kalimantan.


Dengan menyisakan 9 pertandingan, sangat kecil kemungkinan tim asuhan Emral Abus untuk mengejar ketinggalan jumlah poin dari dua tim teratas itu. Persib Bandung baru bisa mengejar dan melampui peroleh poin Bhayangkara FC dan Bali United jika memenangi 9 laga sisa sembari berharap Bhayangkara FC dan Bali United minimal kalah dalam 6 laga.


11 BIG MATCH PENENTU KANDIDAT JUARA LIGA 1 2017

Rabu (27/9/2017) 13.30 WIB
Persipura Vs PSM Makassar

Jumat (29/9/2017) 18.30 WIB
Bhayangkara FC Vs Bali United

Minggu (1/10/2017) 15.00 WIB
Persipura Vs Madura United

Minggu (8/10/2017) 18.30 WIB
Bali United Vs Arema FC

Rabu (18/10/2017) 15.00 WIB
Persipura Vs Persija Jakarta

Kamis (19/10/2017) 18.30 WIB
Bhayangkara FC Vs PSM Makassar

Senin (23/10/2017) 15.00 WIB
Madura United Vs Bhayangkara FC

Minggu (29/10/2017) 19.30 WIB
Persipura Vs Arema FC

Jumat (10/11/2017) 16.00 WIB
Bhayangkara FC Vs Persija Jakarta

Senin (6/11/2017) 19.30 WIB
PSM Makassar Vs Bali United

Minggu (12/11/2017) 19.30 WIB
PSM Makassar Vs Madura United


LAGA SISA PERTANDINGAN PERSIB BANDUNG LIGA 1 GOJEK TRAVELOKA 2017


01 Okt 2017 Persiba Balikpapan vs Persib Bandung

09 Okt 2017 Persib Bandung vs Barito Putera

15 Okt 2017 PSM Makassar vs Persib Bandung


19 Okt 2017 Persib Bandung vs Madura United


TANGGAL BELUM DITENTUKAN
Pusamania Borneo FC vs Persib Bandung (Laga Tunda tanpa penonton)


22 Okt 2017 Persela Lamongan vs Persib Bandung

7 Okt 2017 Persib Bandung vs Mitra Kukar

03 Nov 2017 Persija Jakarta vs Persib Bandung

11 Nov 2017 Persib Bandung vs Perseru Serui


jadwal dapat berubah sewaktu-waktu



Ini menjadi pertanyaan yang besar tentunya. Seandainya Bhayangkara atau Bali United yang juara, tentu  berhak melaju ke babak kualifikasi Liga Champions Asia (LCA).

Pertanyaan selanjutnya, apakah tim tersebut berhak mewakili Indonesia? Apalagi tim baru tersebut belum memenuhi syarat krusial yakni AFC Club License.

Berandai-andai kemungkinan terburuk Bali United harus puas di posisi runner up, sejatinya Bali United yang berhak mewakili Indonesia karena sudah memenuhi syarat dua tahun tidak mengubah nama ataupun logo klub.

Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria angkat bicara. Ditemui disela-sela AFF Awarding Night di Sofitel Hotel, Nusa Dua Sabtu sore kemarin (23/9), Ratu Tisha mengatakan, sebagai induk organisasi sepakbola Indonesia, PSSI sudah memikirkan hal itu.

“Nanti kami akan ikut rules dari AFC (Asia Football Federation, red) seperti apa. Siapa tim yang potensial untuk mendapatkan jatah ke Asia,” ujar Ratu Tisha pada Minggu (24/9/2017).


Dia menuturkan, seandainya sang juara Liga 1 musim ini tidak mendapatkan jatah mewakili Indonesia ke zona Asia, berarti klub tersebut tidak lolos kualifikasi dari AFC. Namun, dia enggan untuk membeberkan klub mana saja yang belum memenuhi klub syarat untuk melaju ke kompetisi Asia.

“Tunggu saja keputusan AFC. Kalau seandainya yang juara tidak dapat mewakili Indonesia, yang akan mendapatkan jatahnya itu ada di runner up,” bebernya.


Sebagai konsekuensinya klub yang pernah berpindah kepemilikan tidak bisa ikut lisensi dari AFC. Madura United, Bhayangkara FC, PS TNI, dan Arema FC adalah empat klub yang baru berganti nama, mereka pun harus menunggu dua tahun untuk bisa mendapatkan lisensi AFC.

Berikut ini adalah klub yang bergant-ganti nama

  • Persiram Raja Ampat menjadi PS TNI
  • Surabaya United menjadi Bhayangkara FC
  • Persipasi Bandung Raya menjadi Madura United
  • Persisam Samarinda menjadi Bali United
  • Arema Cronus menjadi Arema FC

Tiga klub Indonesia yang memiliki lisensi A tersebut yaitu Arema Cronus, Persib Bandung dan Persipura Jayapura

Syarat mendapatkan lisensi tersebut tak mudah. Manajer Departemen Klub Lisensi PSSI Tigor Shalomboboy menjelaskan ada 49 persyaratan dari lima aspek yang wajib dipenuhi klub untuk mengajuk lisensi, yaitu legalitas, finansial, personel dan administrasi, infrastruktur, dan sporting atau pembinaan usia muda. Dari semuanya, infrastruktur klub yang kerap menjadi masalah utama sulitnya mendapatkan lisensi tersebut dari AFC

Dimana sejak disanksi oleh FIFA kegiatan pengesahan lisensi klub ini hampir tak bisa dijalankan oleh PSSI.

Namun ada kabar tak menyenangkan bagi sebagian klub yang pernah berganti kepemilikan, atau melakukan jual beli nama untuk bermain di kasta tertinggi sepakbola Indonesia.



references by pikiranrakyat, tribunjabar

 
Like us on Facebook