January 2, 2018

Nokia 3310 4G Rilis Januari 2018

Nokia 3310 dikabarkan akan hadir dengan upgrade dukungan jaringan 4G. Baru-baru ini, ponsel tersebut telah lulus sertifikasi TENAA di China, dan akan rilis pada bulan Januari. Dari gambar yang muncul di TENAA, Nokia 3310 4G terlihat mirip dengan desain baru Nokia 3310 dan Nokia 3310 3G.



Namun ada satu informasi rumor mengejutkan tentang feature phone ini. Tampaknya Nokia 3310 4G akan hadir dengan dukungan YunOS. Ini adalah sebuah sistem operasi berbasis Android yang dikembangkan oleh Alibaba.

Alibaba mengklaim bahwa jumlah aktivasi perangkat yang menjalankan YunOS telah mencapai 157 juta pada Mei 2017.


yunOS adalah sistem operasi terbaru untuk smartphone yang dikembangkan oleh Alicloud. Yaitu anak perusahaan dari Alibaba Group (Cina). Yunos dikembangkan dari kernel Linux yang menganut sistem operasi terbuka seperti halnya Android.

Yunos bahkan sudah resmi diluncurkan tanggal 28 Juli 2011 di Cina. Smartphone pertamanya adalah K-Touch W700. Untuk mengembangkan OS ini dari Proyek Sistem Operasi Terbuka Android  melibatkan 1600 insinyur selama 3 tahun masa penantiannya. Ini untuk menantang dominasi Android di Cina dan berekpansi ke pasar Eropa.




Banyak pecinta gadget yang ternyata masih mendambakan feature phone. Buktinya, saat Nokia 3310 Reborn pertama kali dipamerkan di ajang Mobile World Congress (MWC) pada Februari 2017 di Barcelona, ponsel tersebut menyita banyak perhatian.

Nokia 3310 sendiri menjadi salah satu feature phone terbaik sepanjang masa. Kali ini, HMD Global selaku pemilik merek Nokia dikabarkan bakal meluncurkan Nokia 3310 versi 4G. Sebelumnya, Nokia 3310 hanya hadir dengan varian 2G dan 3G.

Foto-foto mengenai ponsel ini muncul di laman resmi TENAA, badan pengawas Tiongkok untuk perangkat telekomunikasi. Di lihat dari foto, desain dan dimensinya terlihat sama dengan versi sebelumnya.



Nokia 3310 4G Kemungkinan Bisa Menjalankan WhatsApp


Apa itu YunOS? Itu adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Alibaba Group. Yang unik dari YunOS adalah, itu bisa menjalankan aplikasi Android karena berbasiskan pada Google Android Open Source Project (AOSP).

OS ini secara aktif digunakan di China, di mana Alibaba mengklaim bahwa sekitar 157 juta perangkat memanfaatkan platform tersebut.


Jika 3310 4G datang dengan YunOS, maka besar kemungkinan pengguna bisa menikmati layanan perpesanan populer seperti WhatsApp.


 
Like us on Facebook