MASUKAN KATA DI KOTAK BAWAH INI UNTUK MENCARI.. LALU KLIK TOMBOL "SEARCH"

February 26, 2018

Google Kembangkan Fitur Dark Mode Di Android?

Baca Artikel Lainnya

Dark mode atau modus malam cukup populer sehingga banyak aplikasi yang menawarkannya sebagai fitur opsional. Salah satu kelebihannya, modus malam bisa membantu menghemat masa pakai baterai. Selama ini, untuk dapat mengaktifkan dark mode di smartphone, pengguna harus menginstal aplikasi pihak ketiga. Tapi pengguna Android tidak akan membutuhkan itu lagi di masa depan, karena Google telah menyatakan akan merilis pilihan tersebut.


Permintaan untuk fitur tersebut dipublikasikan di forum Google Issue Tracker akhir tahun lalu. Tak lama setelah itu, permintaan tersebut dilaporkan dibagikan dengan tim teknik Android.


Baru-baru ini, Google mengatakan bahwa "Tim teknik kami telah menambahkan fitur ini. Ini akan tersedia dalam rilis Android masa depan."

Kita harus menunggu untuk melihat seperti apa dark mode yang baru ini. Google kemungkinan akan mengungkap fitur tersebut pada acara Google I/O yang akan digelar dalam beberapa bulan mendatang.


 Google selaku pemilik platform Android kini dikabarkan sedang mempersiapkan sistem operasi baru sebagai generasi penerus dari Android Oreo. Masih belum diketahui apa nama yang akan mereka usung, namun banyak rumor yang berkembang jika mereka akan menggunakan nama Android P.

Lantas apakah hal yang menarik dari adanya sistem operasi android terbaru lagi ini? sudah pasti banyak orang khusunya pengguna gadget android penasaran dong dengan fitur keren apa yang bakal disematkan pada OS ini.


Nah jika berbicara mengenai fitur baru, sudah pasti dong Android P ini bakal memiliki fitur keren didalamnya, dan baru-baru ini muncul sebuah bocoran mengenai fitur yang akan disematkan didalamnya.


Dikutip dari laman BGR, jika nantinya sistem operasi Android P ini bakalan hadir dengan membawakan fitur ‘Dark Mode’. Dengan disematkan fitur ini didalamnya, maka menjadi sebuah jawaban dari Google terkait permintaan dari pengguna setianya untuk menambahkan fitur tersebut untuk OS versi terbaru. 

Dan dengan adanya fitur Dark Mode ini mengingatkan kita mengenai fitur yang dimiliki oleh iPhone dengan menggunakan sistem operasi iOS 11. Namun jauh dari itu, dengan adanya fitur dark mode ini pada layar OLED meman dinilai bakal bisa meningkatkan kinerja dari baterai pada smartphone Android.

Namun untuk sementara, fitur ini hanya bakal tersedia dari pihak ketiga, dimana mengharuskan pengguna Android P menginstall sebuah aplikasi tambahan agar bisa mengaktifkan fitur Dark Mode pada perangkat mereka.

Dan sejurus dengan hal tersebut, maka tim engineer yang dimiliki oleh Google berjanji, bakal menambahkan fitur tersebut langsung didalamnya untuk sistem android di masa depan. Sejauh ini hanya kabar tersebut yang beredar, dan pertanyaan apakah Google akan menambahkan fitur Dark Mode pada Android Oreo? Masih belum diketahui pastinya.


Namun Google membantah akan mengembangkan fitur tersebut pada Android P

“…What we *have* added in a future Android release is a developer-facing setting (via Developer Options) to toggle the -night UI mode qualifier, which will make it easier for developers to create and test apps that implement night mode. This qualifier has been in the platform since Froyo (SDK 8) and globally modifiable via UiModeManager since Marshmallow (SDK 23); however, there was never an explicit toggle made available anywhere in Settings. If it’s any consolation, we will also not be adding Hot Dog Mode (where all UI elements are yellow and red).”


references by rakyatku, okezone

 
Like us on Facebook