MASUKAN KATA DI KOTAK BAWAH INI UNTUK MENCARI.. LALU KLIK TOMBOL "SEARCH"

February 19, 2018

Minuman Apa Yang Bagus Untuk Tubuh Setelah Olahraga?

Baca Artikel Lainnya

Setelah  berolahraga, tentu Anda ingin segera melepas dahaga. Apalagi jika olahraga yang dilakukan sangat berat, seperti mengangkat beban, joging jarak jauh, basket atau sepak bola dengan teman-teman.  Tentunya minuman yang dingin, manis, dan menyegarkan langsung ada di dalam pikiran dan ingin segera Anda nikmati. Minuman seperti es teh manis, es sirop, es soda susu, dan minuman manis lainnya memang terasa menyegarkan. Namun, apakah bermanfaat bagi tubuh Anda?  Atau malahan dapat memberikan efek yang tidak baik?



Tubuh Anda telah menggunakan banyak gula serta kehilangan elektrolit selama berolahraga. Karena itu, minuman yang baik untuk dikonsumsi setelah berolahraga adalah minuman-minuman yang dapat mengembalikan elektrolit yang hilang serta kadar gula darah ke jumlah yang normal. Akan lebih baik lagi jika dapat mengurangi kerusakan-kerusakan otot selama berolahraga. 

Proses ini disebut dengan recovery atau pemulihan. Ini merupakan proses yang sangat penting jika Anda ingin tubuh tetap bugar dan dapat kembali beraktivitas serta berolahraga dengan optimal tanpa cedera.

Berikut empat minuman terbaik untuk Anda konsumsi setelah berolahraga, seperti dilansir laman klikdokter:

1. Air kelapa

Air kelapa sangat kaya akan elektrolit dan antioksidan. Berdasarkan suatu studi, air kelapa memiliki kandungan potasium (elektrolit penting yang hilang dalam keringat yang membantu penyimpanan karbohidrat untuk energi)  lima kali lebih banyak dibandingkan dengan minuman olahraga pada umumnya. Hal ini menjadikan air kelapa sebagai minuman pemulihan alami yang sangat baik.

2. Jus jeruk

Jus merupakan minuman yang sangat baik untuk menggantikan vitamin dan mineral-mineral yang hilang saat olahraga intens. Misalnya saja jus jeruk.

Gula alami yang ada di dalam jus jeruk (jeruk asli, bukan sirop atau konsentrat) cukup untuk menggantikan sebagian gula yang digunakan tubuh. Jus jeruk juga mengandung karbohidrat dan potasium. tetapi yang membedakan dengan minuman lainnya adalah kandungan vitamin C yang tinggi. Seperti yang Anda ketahui, vitamin C merupakan antioksidan yang kuat.


3. Susu cokelat

Anda mungkin tidak mengiranya, tetapi susu cokelat sesungguhnya sangat digemari oleh penggiat olahraga angkat beban ataupun para atlet lainnya. Rasanya yang enak dan creamy juga sebanding dengan manfaat yang diberikan.

Susu cokelat memberikan tubuh Anda protein, kalsium, serta karbohidrat yang diperlukan untuk proses pemulihan otot dan perkembangan otot, terutama setelah olahraga yang sangat intens.

Ada satu trik dalam mengonsumsi susu cokelat setelah olahraga, yaitu membuatnya dengan menggunakan blender dan dicampur pisang. Dengan tambahan pisang, susu Anda akan diperkaya dengan elektrolit yang diperlukan tubuh.

4. Yoghurt

Jika tidak terlalu menyukai susu coklat, Anda bisa menggantinya dengan yoghurt. Yoghurt juga dapat memberikan sejumlah protein yang penting untuk proses pemulihan tubuh.

Anda dapat menambahkan buah-buahan ke dalam yoghurt agar lebih segar, seperti stroberi, pisang, atau blueberry. Selain kaya protein dan karbohidrat, Anda juga dapat memperoleh elektrolit dan antioksidan darinya.

Selain dari keempat minuman tersebut, jangan lupa untuk tetap minum air putih selama dan setelah Anda berolahraga. Karena tetap saja, tubuh memerlukan cairan dalam jumlah yang cukup besar.

 
Like us on Facebook