MASUKAN KATA DI KOTAK BAWAH INI UNTUK MENCARI.. LALU KLIK TOMBOL "SEARCH"

March 16, 2018

Nama-Nama Mesin Pencari Sebelum Google Terkenal

Baca Artikel Lainnya

Sekarang ini mungkin kita tidak menyebut mesin pencari atau search engine tetapi dalam otak kita langsung melekat sebuah nama yaitu Google. Cari informasi, data, file, musik, tips, trik dan lain sebagainya pasti yang muncul di kepala adalah cari saja di Google.

Nah tetapi sebelum ada Google, orang mencari sesuatu pakai apa? Kali ini mari kita bahas apa saja sih mesin pencari populer sebelum adanya Google. Website mesin pencari pertama kali muncul pada tahun 1993 dan Google sendiri baru hadir pada tahun 1998.


Jadi apa saja mesin pencari yang populer sebelum Google? dilansir laman Jalantikus, berikut ini 7 mesin pencari populer sebelum Google.

1. WebCrawler

Website mesin pencari ini hadir pada tahun 1994 dan masih eksis hingga hari ini. Saat ini hasil pencarian dari WebCrawler merupakan hasil pencarian gabungan dari Google dan Yahoo.

2. Lycos

Lycos sebagai mesin pencari juga hadir pada tahun yang sama seperti WebCrawler yaitu tahun 1994 dan masih bisa digunakan hingga saat ini. Dengan logo anjing yang otentik terlihat semakin menarik jika dipadukan dengan background anjing juga.


3. AltaVista

AltaVista merupakan mesin pencari yang cukup populer pada tahun 90-an sebelum akhirnya diakuisisi oleh Yahoo dan tutup pada tahun 2013. Mesin pencari jadul ini mungkin kalau masih hidup bisa dikembangkan lebih lanjut oleh Yahoo.


4. Excite

Excite merupakan salah satu mesin pencari sebelum Google yang hadir pada tahun 1995. Tetapi setelah itu dikalahkan kemampuannya oleh beberapa mesin pencari raksasa seperti Google dan Yahoo.

5. Yahoo

Hingga saat ini Yahoo masih berusaha mengembangkan mesin pencarinya dalam upaya mengalahkan Google. Hingga saat ini ranking Yahoo di Alexa masih di peringkat 4 sebagai website yang paling sering dikunjungi.

6. Dogpile

Dogpile menjadi nama yang cukup unik dan mudah diingat. Mesin pencari jadul Dogpile ini hadir pada tahun 1996 dan sekarang menyajikan hasil pencarian kombinasi dari Google, Yahoo, dan Yandex.

7. AskJeeves

AskJeeves hadir pada tahun 1996 dengan membawa keunikan dari sebuah mesin pencari jadul yaitu menyajikan website mesin pencari dengan sistem tanya jawab. Hingga akhirnya website ini diubah menjadi Ask.com



references by rakyatku

 
Like us on Facebook