MASUKAN KATA DI KOTAK BAWAH INI UNTUK MENCARI.. LALU KLIK TOMBOL "SEARCH"

October 15, 2018

Berapa Lama Rambut Akan Panjang ?

Baca Artikel Lainnya

Ada pula yang percaya mitos bahwa memotong rambut secara rutin akan membuatnya cepat panjang.  Mitos mengenai pertumbuhan rambut itu memang berkembang di tengah masyarakat tanpa jelas asal mulanya. Bagi sebagian wanita, mitos itu bahkan telah menjadi sebuah pembenaran yang layak dipercaya. Tapi, benarkah mitos itu? 



John Barrett, pemilik John Barrett Salon di New York City, mencoba meluruskan mitos tersebut dengan mengungkap fakta mengenai pertumbuhan rambut manusia. "Rambut akan tumbuh 0,5 inci (1,27 cm) setiap bulan, tak peduli dipotong atau tidak," katanya seperti dikutip dari laman Shine. 

Setiap helai rambut umumnya bertahan hidup 2-5 tahun dengan tiga fase pertumbuhan. Fase pertama berlangsung paling lama hingga empat tahun, di mana rambut tumbuh sepanjang 0,5 inci setiap bulan melalui nutrisi yang masuk ke folikel. Fase kedua adalah masa transisi pertumbuhan rambut baru karena helai rambut lama tak lagi mendapat suplai nutrisi. Fase ini berlangsung sekitar 2-3 minggu. 

Sedangkan fase terakhir berlangsung selama 3-4 bulan, di mana helai rambut akan rontok dan digantikan dengan helai rambut yang baru. Itulah mengapa, meski dalam kondisi sehat, rambut manusia mengalami kerontokan setiap hari. Tiga fase pertumbuhan ini juga menjelaskan mengapa rambut bisa tumbuh tak rata meski awalnya dipotong rata. Normalnya, sekitar 85 persen helai rambut di kepala berada dalam fase pertama. 

Agar pertumbuhan rambut sempurna, perlu perawatan dan asupan nutrisi yang cukup bagi rambut. Sebab, Folikel rambut dan kulit kepala, sama seperti jaringan tubuh lainnya sangat membutuhkan gizi yang cukup untuk pertumbuhan sehingga berfungsi dengan baik. 

Tingkat rata-rata pertumbuhan rambut manusia adalah 15 cm per tahunnya. Namun, menurut sebagian besar penelitian, pertumbuhan rambut manusia tidak hanya dikenal dari gen ras saja, tetapi juga kepadatan, sudut pertumbuhan rambut, dan lain sebagainya.

Dilansir LiveScience.com, sebuah studi pada 2005 di International Journal of Dermatology menemukan perbedaan ras meningkatkan pertumbuhan rambut. Rambut orang Asia tumbuh lebih cepat dibandingkan ras lainnya. Sementara, rambut orang Afrika pertumbuhannya paling lambat.

Tingkat pertumbuhan rambut rata-rata wanita di Asia hampir 15 cm per tahunnya. Sedangkan wanita di Afrika hanya tumbuh 10 cm per tahunnya. Berbeda lagi dengan wanita Kaukasia, pertumbuhan rambut rata-rata adalah 13 cm.

Para peneliti juga menemukan bahwa rambut tumbuh lebih cepat di musim panas, karena perubahan pola makan lebih banyak buah-buahan dan sayuran. Paparan radiasi UV dan pergerseran hormon juga cukup mempengaruhi tingkat pertumbuhan rambut.


Rambut manusia pada umumnya akan tumbuh sekitar 1,25 cm per bulannya. Hal ini berlaku bagi pria maupun wanita. Dan kecepatan tumbuhnya rambutnya dipengaruhi oleh beberapa hal, di antaranya:

  • Pola makan yang sehat
  • Usia
  • Kesehatan


Saat rambut kamu mulai tumbuh, sebenarnya akan melewati tiga fase. Fase pertama disebut fase anagen atau kondisi di mana rambut secara aktif mulai tumbuh. Fase ini bisa bertahan dua hingga enam tahun dan selama fase ini sel-sel dalam folikel rambut akan secara aktif membelah diri. Mereka akan mendorong rambut keluar dari kepala.

Fase kedua, disebut fase catagen dan di masa ini laju pertumbuhan rambut akan berhenti. Lalu di fase ketiga adalah fase telogen di mana rambut akan mengalami kerontokan dengan tujuan untuk memberi jalan bagi rambut baru yang tumbuh.

Apa Makanan Agar Rambut Cepat Panjang ?
Pola makan bisa mempengaruhi kecepatan tumbuhnya rambut. Untuk itu penting loh bagi kamu memperhatikan apa yang dimakan. Mau tau makanan apa saja yang bisa membantu rambut cepat panjang? Berikut ini daftarnya:

Protein
Mengonsumsi makanan mengandung protein bermanfaat untuk mendapatkan rambut berkilau. Apalagi seiring bertambahnya usia bisa mempengaruhi kilau rambut. Makanan mengandung protein bisa kamu dapatkand ari ayam, telur, ikan, dan kacang-kacangan.

Besi dan Seng
Tahukah kamu jika kekurangan besi dan seng bisa mengakitabkan rambut rapuh dan rontok. Untuk mencegah hal ini, maka kamu bisa mulai rajin mengonsumsi makanan mengandung seng dan besi di antaranya; daging merah, kerang, ayam, dan ikan.

Lemak Baik
Ternyata rambut juga membutuhkan asupan lemak loh, tentu saja lemak yang baik. Kamu bisa mendapatkan lemak baik ini dari makanan seperti : biji rami, biji chia, salmon, minyak ikan, kenari, telur, kedelai, telur, minyak canola, dan bayam.

Vitamin dan Mineral
Pastikan juga kamu mengonsumsi vitamin dan mineral yang mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin E. Makanan tersebut di antaranya : jeruk, brokoli, paprika, kentang, gandum, pisang, nanas, dan buncis.


Cara Agar Rambut Cepat Panjang ?

Menyisir Rambut
Jangan terlalu sering menyisir rambut karena bisa membuat rambut mudah patah dan kusut. Kamu cukup menyisir rambut sehari tiga kali. Perhatikan juga jenis sisir yang digunakan dan pastikan sesuai dengan jenis rambut kamu, misalnya sisir garpu untuk rambut ikal.

Mengikat Rambut Saat Tidur
Ternyata mengikat rambut saat tidur bisa membantu rambut cepat panjang loh. Terlebih jika kamu membiarkan rambut terurai saat tidur ternyata bisa membuat rambut mudah patah dan kusut.

Hindari Menggunakan Hairdryer
Menggunakan hairdryer tentu sah-sah saja, asalkan tidak digunakan secara berlebihan. Kamu bisa menggunakannya misal, seminggu tiga kali. Penggunanaan hairdryer berlebihan bisa membuat rambut kering, kusam dan mudah patah, bahkan rontok.

Potong Ujung Rambut
Kamu bisa rajin memotong rambut secara teratur, yaitu minimal sebulan sekali. Memotong ujung rambut secara rutin bisa membantu menyehatkan rambut karena meminimalisir rambut bercabang. Memotong ujung rambut juga bisa membantu menyalurkan nutrisi dengan baik.

Creambath
Rajinlah melakukan perawatan yang bisa menutrisi rambut. Salah satunya creambath, baik itu menggunakan krim tradisional maupun kimia. Kabar baiknya kamu bisa menggunakan krim tradisional buatan sendiri, misalnya dari lidah buaya, telur, dan kemiri.

Jangan Terlalu Sering Berenang
Walaupun kamu hobi berenang sebaiknya hindari dulu terlalu sering berenang jika ingin rambut cepat panjang. Kolam renang mengandung klorin yang berpotensi merusak dan menghambat pertumbuhan rambut kamu. Bukan hanya di kolam renang, saat kamu berenang di pantai pun bisa merusak rambut karena kandungan air asinnya.

Lakukan Pemijatan Rutin Pada Rambut
Memijat kepala bisa membantu melancarkan peredaran darah di kepala. Artinya nutrisi untuk rambut pun bisa tersalurkan lebih baik lagi. Kamu bisa melakukan pemijatan saat keramas minimal semenit.

Semoga informasi mengenai jangka masa pemanjangan rambut lelaki ini bisa membantu kamu mendapatkan rambut sehat dan panjang. Ingat, walaupun lelaki tetapi tidak ada salahnya loh melakukan perawatan untuk rambut.

Hindari Menggunakan Shampoo Setiap Hari
Menggunakan shampoo setiap hari bisa membuat kulit kepala stress/iritasi, usahakan gunakan shampoo setiap 3 kali seminggu





references by viva, vemale, prelo

 
Like us on Facebook