Pages

August 21, 2018

BackUp Data WhtasApp ke Google Drive Gratis

WhatsApp bekerjasama dengan Google akan menggratiskan backup atau pencadangan riwayat percakapan dan media ke Google Drive. Sebelumnya, pencadangan ke Google Drive memang gratis, namun itu akan mengambil kuota yang disediakan Google Drive. Setiap pemilik akun Google mendapat kuota 15GB penyimpanan di Google Drive.


Kebijakan baru ini akan berlaku bagi seluruh pengguna WhatsApp di Android mulai 12 November 2018. Pengguna tetap dapat menyimpan file berupa pesan, foto, video maupun kontak ke layanan Google Drive tanpa mengurangi kuota penyimpanan yang disebut. 

Namun diingatkan bagi para pengguna yang sebelumnya telah mencadangkan data lebih dari setahun dan belum diperbarui akan dihapus secara otomatis dari Google Drive. 

Untuk mencadangkan seluruh data WhatsApp di Google Drive sangat mudah, pertama pastikan akun Google telah aktif. Lalu buka WhatsApp dan tekan ikon tiga titik dipojok kanan atas, pilih Setting. Kemudian pilih opsi Chat dan pilih backup chat.  Pihaknya menyarankan untuk menggunakan sambungan WiFi saat akan mencadangkan data yang ada di WhatsApp.

"Sebaiknya sambungkan ponsel Anda ke Wi-Fi sebelum mencadangkan chat Anda melalui Google Drive, karena file cadangan dapat bervariasi dalam ukuran dan mengonsumsi data seluler, sehingga menyebabkan biaya tambahan," tulis WhatsApp dalam keterangan resminya di laman FAQ, Senin (20/8/2018).

Pencadangan di Google Drive ini berfungsi jika suatu saat pengguna berganti ponsel Android, maka data-data berupa kontak, riwayat chat dan media akan tetap bisa diakses.

Anda dapat mencadangkan data WhatsApp Anda dengan menggunakan Google Drive dan/atau cadangan lokal. Cadangan lokal akan dibuat secara otomatis setiap pukul 02.00 dini hari dan akan disimpan sebagai file di telepon Anda.

Anda dapat mencadangkan chat dan media ke Google Drive, agar jika Anda mengganti telepon Android atau mendapatkan telepon Android baru, riwayat chat dan media Anda akan dapat ditransfer.
Cara mencadangkan ( BackUp) / Chat WhtsApp ke Google Drive
  1. Buka WhatsApp.
  2. Ketuk Menu > Setelan > Chat > Cadangan chat.
    • Anda dapat mengetuk CADANGKAN untuk segera membuat cadangan.
    • Anda juga dapat mengetuk Cadangkan ke Google Drive untuk memilih frekuensi cadangan.
  3. Jika Anda tidak memiliki akun Google diatur di telepon Anda, ketuk Tambahkan akun ketika diminta.
  4. Ketuk pada Cadangkan melalui untuk memilih jaringan yang ingin Anda gunakan untuk melakukan pencadangan. Harap diperhatikan bahwa mencadangkan melalui jaringan seluler mungkin dapat menyebabkan biaya data tambahan.
Catatan penting mengenai Google Drive
  • Mulai tanggal 12 November 2018, cadangan WhatsApp tidak akan lagi menggunakan kuota penyimpanan Google Drive. Selain itu, cadangan WhatsApp yang belum diperbarui selama lebih dari satu tahun akan dihapus secara otomatis dari penyimpanan Google Drive. Untuk menghindari hilangnya cadangan, kami sarankan Anda untuk mencadangkan data WhatsApp Anda secara manual sebelum tanggal 12 November 2018.
  • Pencadangan pertama yang Anda lakukan mungkin akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Mohon hubungkan telepon Anda ke sumber daya.
  • Anda dapat mengubah frekuensi pencadangan chat Anda, akun Google yang Anda gunakan untuk membuat cadangan, dan tipe koneksi yang digunakan untuk melakukan pencadangan kapan saja dengan mengetuk Tombol Menu > Setelan > Chat > Cadangan chat.
  • Setiap kali Anda membuat cadangan Google Drive dengan akun Google yang sama, cadangan Google Drive yang sebelumnya akan ditimpa dengan yang baru. Tidak ada cara untuk memulihkan cadangan Google Drive yang lebih lama.
  • Media dan pesan yang Anda cadangkan tidak dilindungi oleh enkripsi end-to-end WhatsApp ketika berada di Google Drive.

Memulihkan /Restore atau mentransfer cadangan WhatsApp

WhatsApp akan menanyakan Anda untuk memulihkan riwayat chat dan media dari cadangan setelah Anda memverifikasikan nomor telepon Anda. Cukup ketuk PULIHKAN ketika diminta. Jika WhatsApp tidak dapat mendeteksi adanya cadangan, kemungkinan karena:
  • Anda tidak terhubung ke akun Google yang sama.
  • Anda tidak menggunakan nomor telepon yang sama dengan yang digunakan untuk membuat cadangan.
  • Kartu SD dan/atau riwayat chat Anda rusak.
  • Tidak ada file cadangan di akun Google Drive atau cadangan lokal di telepon Anda.
Catatan: Cara termudah untuk mentransfer data ke telepon baru adalah dengan menggunakan Google Drive. Jika Anda ingin menggunakan cadangan lokal, Anda perlu mentransfer semua file ke telepon yang baru dengan menggunakan komputer, file explorer, atau kartu SD. Jika data Anda tidak disimpan di folder /sdcard/WhatsApp/, kemungkinan Anda dapat menemukannya di "penyimpanan internal" atau folder "penyimpanan utama".
Untuk memulihkan cadangan lokal yang lebih lama (bukan yang terbaru)
Telepon Anda akan menyimpan file-file cadangan lokal yang dibuat dalam tujuh hari terakhir (Google Drive hanya akan menyimpan satu cadangan yang terbaru). Jika Anda ingin memulihkan cadangan lokal yang bukan yang terbaru, Anda perlu melakukan langkah-langkah berikut:
  1. Unduh aplikasi Manajer File.
  2. Di aplikasi Manajer File, buka sdcard/WhatsApp/Databases. Jika data Anda tidak disimpan di kartu SD, Anda mungkin akan melihat "penyimpanan internal" atau "penyimpanan utama", dan bukan kartu SD.
  3. Ganti nama file cadangan yang ingin dipulihkan dari msgstore-TTTT-BB-DD.1.db.crypt12 ke msgstore.db.crypt12. Sangat mungkin bahwa cadangan yang lebih lama berada pada protokol yang lebih lama, seperti crypt9 atau crypt10. Jangan mengubah nomor ekstensi crypt.
  4. Pasang lalu copot pemasangan WhatsApp.
  5. Ketuk PULIHKAN ketika diminta.

Menyelesaikan masalah pencadangan atau pemulihan

Untuk masalah yang berhubungan dengan pembuatan cadangan Google Drive
  • Pastikan bahwa Anda telah menambahkan akun Google di telepon Anda.
  • Pastikan bahwa Anda memiliki aplikasi layanan Google Play terpasang pada telepon Anda.
    • Catatan: Aplikasi layanan Google Play hanya tersedia pada Android 2.3.4 dan yang lebih baru.
  • Jika Anda mencoba melakukan pencadangan melalui jaringan data seluler, pastikan bahwa Anda memiliki data untuk WhatsApp dan juga aplikasi Layanan Google Play. Mohon hubungi operator layanan seluler Anda jika tidak yakin.
  • Cobalah membuat cadangan di jaringan yang berbeda.
    • Contoh: Cobalah hubungkan telepon ke Wi-Fi jika Anda tidak dapat mencadangkan melalui jaringan data seluler).
Untuk masalah yang berhubungan dengan pemulihan cadangan Google Drive
  • Pastikan bahwa Anda mencoba memulihkan data yang dibuat dengan nomor telepon dan akun Google yang sama.
  • Pastikan bahwa terdapat cukup ruang di telepon Anda untuk memulihkan cadangan.
  • Pastikan bahwa Anda memiliki aplikasi layanan Google Play terpasang pada telepon Anda.
    • Catatan: Aplikasi layanan Google Play hanya tersedia pada Android 2.3.4 dan yang lebih baru.
  • Pastikan bahwa baterai telepon penuh atau telepon Anda terhubung ke sumber daya.
  • Pastikan bahwa telepon Anda memiliki koneksi Internet yang kuat dan stabil. Jika Anda tidak berhasil memulihkan melalui jaringan seluler, silakan coba hubungkan telepon Anda ke jaringan Wi-Fi.