Dua bulan setelah fitur hashtag dirilis, FB kini coba-coba cara baru guna membuat fitur tersebut kian menarik. Dikutip dari The Wall Street Journal, Facebook tengah menjajal fitur trending topic yang seperti dimiliki Twitter. Seperti apa?
Fitur ini nongol di laman utama Beranda (News Feed) di sebelah pojok kanan atas. Model tampilannya hampir serupa dengan yang dimiliki Twitter dengan trend box lengkap beserta hashtag dan topik terkait yang sedang tren.
Jubir Facebook berujar jika memang FB sedang mengujicoba fitur itu
hanya di segelintir pengguna. Fitur ini pun masih dalam tahap
pengembangan dan hanya untuk beberapa pengguna di wilayah AS. Tak ada
keterangan lebih lajut soal perilisan fitur ini secara global.
(Tampilan Desktop)
(Tampilan Mobile)
Tes itu sendiri dilakukan pada Kamis pekan lalu. Analis memerkirakan
jika fitur ini akan jadi medan pertempuran baru antara Twitter dan Facebook khusunya untuk menggaet pihak pengiklan.
Twitter telah tampilkan fitur hashtag dan tren selama bertahun-tahun guna melacak percakapan real-time yang
sedang hangat diperbincangkan pengguna. Facebook pun telah
mengadopsinya yang disinyalir untuk menggaet pengiklan yang kini lebih
menyasar ke iklan mobile dan desktop ketimbang televisi.
Soal fitur dan tampilan, tak ada bedanya dengan apa yang dipunyai
Twitter. Tatkala salah satu topik di Trending Topic FB diklik, maka
Facebook akan hantarkan ke laman percakapan dimana topik terpilih sedang
hangat diperbincangkan pengguna. Ini juga termasuk topik ber-hashtag.
references by http://adf.ly/V0IeI