Pages

December 14, 2018

Apa Dampak & Efek Negatif Motor Sering DIhujankan?

Tidak sedikit pengendara yang memaksakan diri memacu sepeda motornya, meski hujan turun dan jalan yang akan dilalui tergenang air atau malah diparkir di arena yang terkena air hujan. Tanpa disadari, cara yang dilakukannya itu dapat merusak motor dan komponen lainnya. Selain itu, sepeda motor yang sering terkena air hujan juga dapat membuat performanya semakin menurun.



"Uap air bisa masuk ke filter udara atau filter continuously variable transmission (CVT) pada motor matik, performa pasti terganggu (brebet)," kata Ferry, Service Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), kepada


Ferry menyarankan kepada pengendara supaya rajin memeriksa kondisi filter, apabila sudah kotor oleh debu atau berair sebaiknya langsung dibersihkan.

Komponen lainnya yang wajib diperiksa jika sering mengendarai sepeda motor saat hujan yaitu komponen luar yang bergerak, seperti as mounting, suspensi, kabel, dan kawat-kawat. Tidak hanya itu, Ferry memberikan saran untuk memeriksa juga sektor pengereman pada sepeda motor.

"Sistem rem perlu diperiksa atau bahkan dilumasi oleh cairan khusus karena bisa terjadi karat dan getas pada komponen karet," terang Ferry.

Setelah menerjang hujan, ada baiknya sepeda motor langsung dibilas dengan air bersih supaya zat asam pada air hujan tidak menempel di motor yang bila dibiarkan dapat merusak warna bodi dan komponen.

"Setelah terkena hujan, cukup siram dengan air sumur atau ledeng untuk menghilangkan kadar asam pada air hujan, selanjutnya, rajin melakukan pengecekan kondisi motor, terutama sistem rem," pungkas Ferry

Menjelang akhir tahun, curah hujan dipastikan setiap hari akan mengguyur di lingkungan sekitar kita. Untuk kita yang setiap harinya beraktivitas menggunakan sepeda motor, perlu memberikan perhatian ekstra pada kendaraannya.

Hal ini terkait dengan perawatan sepeda motor, karena jika kendaraan kesayangan setiap hari kita ajak berkendara dan kehujanan tanpa kita rawat dengan baik akan cepat rusak.

Hal itu karena air hujan mengandung garam yang bisa menyebabkan sejumlah korosi pada bagian sepeda motor.

Nah untuk memperkecil risiko kerusakan pada sepeda motor, alangkah baiknya kita sedikit memberikan perhatian ekstra pada kendaraan kita yang terlanjur basah kuyup terguyur air hujan.

Disarankan ketika sepeda motor karena air hujan untuk langsung dicuci dengan air yang mengalir.

Tapi biasanya kita sebagai pengguna sepeda motor akan malas melakukannya. Namun perlu diingat, masak kita tidak sayang pada sepeda motor. Orangnya kalau kehujanan juga mandi, masak motornya tidak?

Intinya usahakan sepeda motor untuk dicuci, minimal disiram dengan air bersih agar air hujan tidak ada lagi yang melekat pada bagian motor.

Setelah dicuci, langsung keringkan sepeda motor dengan cara mengelapnya menggunakan kanebo atau kain bersih yang lainnya.

Nah itu tadi pertolongan pertama pada motor jika terlanjur basah kuyup terkena air hujan. Silakan dipraktikan demi keawetan motor.



AKIBAT BURUK DAN NEGATIF MALAS CUCI MOTOR SAAT MUSIM HUJAN


Mencuci motor memang sangat dianjurkan apalagi saat musim hujan, tentu ada alasan khusus mengapa mencuci motor harus dilakukan setelah kena air hujan.

Soalnya air hujan ternyata menyimpan potensi yang membuat satu persatu komponen motor rusak secara perlahan.  "Sebaiknya setelah motor dipakai hujan-hujanan, langsung dicuci," ungkap Yoga Stefanus dari DetailWorks MotoSpa.

Bila dibiarkan tanpa perawatan, body motor akan terlihat semakin kusam. Potensi tersebut semakin besar apabila terpapar sinar matahari dan air hujan secara bergantian

Apabila malas mencuci kerusakan tersebut bisa dihindari dengan membilasnya dengan air bersih.

"Tujuannya, pertama, supaya sisa air hujan yg mengandung zat asam dan mineral nggak membuat waterspot/bercak air di body motor," ucap Yoga.

Khususnya pada bagian kaki-kaki yang banyak mengandung dari logam bila terpapar hujan dan didiamkan terlalu lama dapat berkarat karena kandungan asam dari air hujan.

"Lalu, sisa kotoran di kaki-kaki juga nggak menjadi kerak yg lama kelamaan bakal susah dibersihkan," tutur Yoga.






refernces by okezone,otosia, detik