MASUKAN KATA DI KOTAK BAWAH INI UNTUK MENCARI.. LALU KLIK TOMBOL "SEARCH"

January 9, 2023

Angka Kriminalitas Kota Bandung 2022-2023

Baca Artikel Lainnya

Kinerja Walikota Bandung dan POLRESTABES Bandung tengah disorot kinerjanya akibat Kota Bandung yang tak aman dan banyak aksi kejahatan di malam hingga dini hari.

Pada 2020, kejadian kriminal di malam hari mencapai 1.354 kasus. Angka kriminal pada 2020 sendiri total mencapai 3.351 kasus. Lebih tinggi dibandingkan 2021. Warga Bandung tetap harus waspada. Data tersebut membuktikan waktu rawan kejahatan di Kota Bandung terjadi di malam hari.

Kapolres Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo mengatakan, Polres Bandung merupakan salah satu kepolisian di bawah naungan Polda Jabar yang banyak mengungkap kasus dan mengamankan barang bukti.

Kapolda Bandung menyatakan tingkat kriminalitas di wilayah hukum Polres Bandung mengalami penurunan dibandingkan tahun 2021.

“Namun, diketahui kasusnya meningkat,” kata Kapolda Bandung saat rilis laporan paparan akhir tahun satuan di Mapolrestabes Bandung, Kamis (19/12/2022).

Kapolresta mengungkapkan kasus yang menonjol di wilayah hukumnya adalah kasus pembunuhan, dari 7 kasus terdeteksi 7 kasus pada tahun 2021 dan pada tahun 2022 terdapat 9 kasus pembunuhan dengan 9 pengungkapan.

“Seluruh kasus pembunuhan tahun 2022 sudah selesai dan sudah P21, sehingga akhir tahun 2022 utang kita sudah habis,” kata Kombes Pol Kusworo.

 

total kejadian kerusuhan di Kamtibmas mengalami penurunan sebesar 24%, dari 1.782 laporan pada tahun 2021 menjadi 1.353 laporan pada tahun 2022, untuk layanan investigasi, tingkat pemrosesan laporan meningkat sebesar 0,4%.

Berdasarkan analisis dan penilaian (anev) terhadap kasus C3 dan Narkoba, Polres Bandung menemukan antara lain Curanmor naik 4%, Curanmor naik 15%, Curanmor R2 turun 24%, Curanmor R4 naik 40% , dan kasus narkoba meningkat sebesar 33%.

 

Kerap terjadi aksi kejahatan di malam hari, Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan pihaknya butuh partisipasi masyarakat dan juga pihak kepolisian untuk mencegah hal serupa terjadi lagi.

“Karena kuncinya kan sebenarnya adalah partisipasi warga juga. Kalau untuk keamanan saya sih ya hayu saja kita galakkan lagi siskamling,” ujar Yana kepada wartawan Senin (9/1/2023).


 


 

Yana memastikan pihaknya sudah melaksanakan apa yang seharusnya dilakukan oleh Pemkot Bandung. Seperti penerangan jalan, patroli yang dilakukan oleh Satpol PP dan Dinas Perhubungan.

“Ya kalau untuk ranah yang seharusnya menjadi kewenangan, kami laksanakan dengan semampu kami. Tapi, di sisi lain, tetap harus melibatkan partisipasi masyarakat,” tambahnya.

Terkait koordonasi dengan kepolisian, Yana mengatakan, pihaknya melaksanakan koordinasi dengan intensif. Halnya terkait desakan masyarakat yang berharap adanya tim prabu. Menurut Yana, itu merupakan ranah pihak kepolisan.

 

 

“Itu bukan ranah kami, itu merupakan ranah kepolisian. Namun, kalau masyarakat mau menyampaikan harapan dan pesan ya silahkan saja tidak apa-apa,” terangnya.
Penyebab Banyak Tindak Kejahatan di Kota Bandung pada Malam Hari

Menanggapi hal ini, Anggota DPRD Kota Bandung dari Fraksi PKS, Andri Rusmana mengatakan, banyaknya kejadian tindak kejahatan di Kota Bandung dikarenakan banyak hal.

“Memang beberapa bulan terkahir ini banyaknya kejadian di malam hari terkait kejahatan atau kriminalitas di jalanan, sangat banyak faktor,” ucapnya.

Andri mengatakan, karena kejadian seperti ini banyak dilakukan oleh pengendara bermotor. Sehingga kejadian sepeti ini, diidentikkan dengan geng motor. Menurut Andri, hal ini yang mungkin menyebabkan para anggota geng motor ingin menunjukkan eksistensinya di jalanan. 



“Tidak mentup kemungkinan, semua berawal dari perang komentar di sosial media, yang berbuntut panjang dan diselesaikan di jalanan,” tambahnya.

Andri menambahkan, dalam hal ini, peran pemerintah, kepolisian, TNI dan masyarakat dalam meminimalisir kejadian kejadian serupa harus ditingkatkan, pemerintah dalam hal edukasi harus benar-benar memberikan pemahaman bahwa perbuatan masuk geng motor itu jalan yang negatif.

“Orang tua juga sangat perlu mengawasi dan membimbing di rumah dengan pendekatan kekeluargaan untuk menumbuhkan hal positif. Sedangkan di tengah masyarakat dibutuhkan peninkatan gotong royong untuk menjaga keamanan lingkungan, dan bekerjasama dengan pihak kepolisian serta kepolisian selalu melakukan patroli kejahatan dimalam hari,” paparnya.


Di sisi lain, Andri mengatakan, masyarakat individu juga harus saling perduli terhadap lingkungan sekitar dengan cara berperan aktif apabila ada kejadian bisa langsung mengingatkan atau menegur anak-anak yang terlibat atau bahkan membubarkan apabila memang disinyalir akan ada kejadian kejahatan.

“Masyarakat harus membantu dengan cara berani melaporkan ke pihak keamanan,” tambahnya.

Sementara itu, pihak keamanan juga harus sosialisasikan nomor penting untuk masyarakat, agar masyarakat bisa melapor dengan mudah apabila terjadi kejahatan di jalanan.

“Intinya, pemerintah jangan kalah dengan gerombolan bermotor ini, harus ada tindakan tegas bahkan jika perlu tembak di tempat,” pungkasnya.


TIPS Terhindar Dari Kejahatan Begal Motor Di Malam Hari

Dua kekhawatiran banyak orang saat berkendara di malam hari: mengantuk dan begal. Kedua hal ini sama-sama berbahaya dan tidak ingin kita alami, apalagi bagi pengendara motor yang notabene tidak punya perlindungan apapun, lain halnya dengan pengemudi mobil. 

Untuk wanita sangat tidak direkmendasikan mengendarai motor sendirian dimalam , dini hariatau shubuhm karena wanita memang jadi target karena mereka tak berani melawan. berbeda dengan Pria yang masih ada nyali melawan dan mengejar motor pelaku kejahatan meskipin jumlah mereka lebih dari 2 orang

Namun bukan berarti tidak bisa dihindari, lho. Khususnya untuk begal, ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk dapat menjaga keselamatan dirimu.
1. Pilih Waktu Tepat untuk Berkendara

Umumnya, para kawanan begal beraksi pada waktu-waktu kondisi jalanan sepi seperti larut malam dan dini hari. Sebaiknya Anda menghindari berkendara di malam hari di atas jam 22.00, karena kendaraan bermotor relatif sudah sepi pada jam tersebut. Jika terpaksa harus pulang di waktu rawan, usahakan untuk selalu melewati jalan protokol yang masih ramai orang.


2. Cari Teman Seperjalanan

Jika Anda punya teman searah seperjalanan, usahakan untuk pulang bersama teman Anda jika terpaksa harus pulang larut. Atau konvoi dengan pengendara lain yang berada di arah yang sama dengan perjalanan pulang, karena begal biasanya mencari motor yang berjalan sendirian.


3. Kenali Rute

Kenali dan hafalkan berbagai skenario rute yang bisa Anda gunakan dalam perjalanan pulang. Gunanya adalah untuk menyelamatkan diri Anda jikalau merasa ada yang menguntit dari belakang, Anda bisa memacu gas dan mengambil alternatif rute di area yang lebih ramai dan diterangi lampu jalan. Anda juga bisa berhenti di area tersebut misalnya di cafe/minimarket 24 jam, pos polisi, atau perumahan penduduk.


4. Jangan Panik

Jika Anda menemui motor mencurigakan yang terus mengikuti Anda dari belakang, jangan panik, segera berhenti di tempat yang sekiranya ramai dan terang atau jika ada, kantor kepolisian sesuai dengan rute yang ditempuh. Merasa panik akan membuat Anda tidak dapat berpikir jernih dan Anda malah bisa jadi sasaran empuk bagi para begal ini.


5. Jangan Bermain Smartphone

Jangan sekali-kali mengeluarkan smartphone Anda di jalanan umum terutama lampu merah untuk alasan apapun, Anda akan menarik perhatian orang jahat. Yang tadinya tidak berniat apapun, bisa jadi malah tergiur untuk mencuri smartphone Anda.


6. Meningkatkan Kemampuan Berkendara

Ini hal yang wajib Anda terus latih untuk mengatasi kecemasan dan meningkatkan keselamatan diri Anda dari bahaya begal. Anda perlu belajar mengasah skill mengendalikan motor saat kecepatan tinggi dan menikung, juga pengereman yang sesuai dengan jarak dan situasi. Penting karena jika Anda menghindari begal dengan teknik berkendara yang asal-asalan dan ngebut, bisa jadi malah Anda akan mengalami kecelakaan seperti menabrak.


Kejahatan akan terjadi tidak hanya karena niat pelakunya, namun juga ketika ada kesempatan untuk melakukannya. Selalu berdoa, waspada, dan siaga agar kita diberikan keselamatan selama di perjalanan.


7. Upgrade Mesin Motor Jika Sering Beraktifitas Di Malam atau Dini Hari

Upgrade spek mesin menjadi semi racing agar bisa melaju kencang, hal tersebut akan berguna untuk mengejar pelaku begal dan jika ada sekelompok orang yang coba mengejar / membegal.


Angka kriminalitas di malam hingga dini hari masih di dominasi dan dilakukan berandalan bermotor, dan begal. sedang dising hari adalah pencopetan dan jambret menggunakan motor.


Jika  menjadi korban kriminalitas snagat disarankan membuat laporan ke Kantor Kepolisian terdekat, karena jika banyak orang yang membuat laporan yang sama, kemungkinan Polisi baru mau bergerak mencari pelaku.






references by pasjabar,

 
Like us on Facebook