MASUKAN KATA DI KOTAK BAWAH INI UNTUK MENCARI.. LALU KLIK TOMBOL "SEARCH"

April 3, 2024

Kelemahan dan Kekurangan Motor Matic Metik Yamaha

Baca Artikel Lainnya

Sebelum Yamaha Mio keluar, ternyata Yamaha Majesty lebih dulu muncul sebagai salah satu motor matic pertama di Indonesia. Muncul pada tahun 2000, motor matic ini hadir dengan CBU (completely built up), yakni Yamaha Majesty 125 dan Yamaha Glide 100.



Setelah itu, Yamaha kembali merilis Yamaha Nouvo AT 115 pada 2002 silam. Selanjutnya, Yamaha Mio pun muncul dan memberikan kesuksesan besar, bahkan hingga merajai pasar motor matic Indonesia. Setelah Yamaha, Honda juga ikut luncurkan motor matic, bernama Vario pada 2006. Selang dua tahun, Honda langsung meluncurkan Honda Beat, yang menjadi pesaing besar Yamaha Mio.


1. Lebih boros bahan bakar

Kekurangan motor matic yang pertama adalah motor jenis ini lebih boros bahan bakar atau BBM.

Meski saat ini banyak motor matic yang sudah menggunakan teknologi injeksi, tetap saja motor matic, tidak bisa mengalahkan keiritan motor bebek.


2. Memiliki diameter roda yang lebih kecil


Seperti yang diketahui, bahwa motor matic memang lebih pendek ketimbang motor bebek, dan hal tersebut dikarenakan motor matic, memiliki diameter roda yang lebih kecil.

Namun, dengan diameter roda yang kecil, selain menguntungkan, ternyata juga bisa menjadi sebuah kekurangan motor matic.

Karena, dengan roda yang kecil dan pendek, akan membuat motor matic kurang nyaman, jika dikendarai pada permukaan yang kurang rata atau berbatu.

Apalagi, ketika kamu melewati polisi tidur yang tinggi. Meski tidak semua, namun sebaiknya kamu lebih waspada ketika melewati jalanan jelek, dengan motor matic.


3. Pemilik harus lebih rajin cek ke bengkel


Tahukan kamu, kekurangan motor matic ini, lebih sensitif, karena pemilik harus rajin-rajin membawanya ke bengkel.

Pasalnya, motor matic digerakkan dengan CVT atau continuously variable transmission. Jika, tak rajin dibawa ke bengkel, maka CVT akan lebih mudah berat, dan kenyamanan terganggu. Tak hanya itu motor injeksi juga dikenal mahal dengan spare part terutama bagian kelistrikan, injeksi, dan sensor sensor lainnya


4. Biaya perawatan lebih mahal

Selain harus rajin cek ke bengkel, biaya perawatan dan service motor matic juga lebih mahal, dan ini menjadi salah satu kekurangan motor matic selanjutnya.

Sehingga, kamu harus lebih siap soal segala biaya yang akan dikeluarkan, ketika motor bermasalah.


5, Drat Kruk As Mudah Slek Aus Doll

Salah satu masalah yang sering dialami para pemilik motor matic adalah masalah drat atau gigi suri dudukan pulley yang rusak atau slek. Berbeda dengan Honda  Kruk as nya jarang Doll karena mungkin dari kualitas bahan baja yang digunakan berbeda. Meski dikencangakan dengan treker manual atau impact tidak masalah. Untuk Yamaha sebaiknya jangan gunakan impact untuk mengencangkannya, jangan juga terlalu keras dalam mengencangkannya

Ulir Drat pulley slek ini bikin kipas pulley depan jadi tidak bisa dikencangkan, atau kipas , Bosh, Rumah Roller susah dibuka atau dilepas, alhasil motor tidak akan mau jalan atau ban roda belakang tidak mau berputar bahkan mur akan sering kendor/lepas yang isa membahayakan nyawa ketika membawa motor dalam kecepatan tinggi



6. Tensioner Rantai keteng dan One Way Cepat Rusak

Karena lebih mementingkan kecepatan, komponen ini akan sering rusak, Akibatnya akan ada bunyi yang tidak enak di dengar



7. Oli

Bukan rahasia umum lagi jika mesin matic Yamaha ini haus akan Oli, jika tidak rutin dicek setiap 1000km, niscaya knalpot akan keluar asap atau ada bunyi bunyian aneh di area meisn karena olinya kurang atau habis







 
Like us on Facebook