MASUKAN KATA DI KOTAK BAWAH INI UNTUK MENCARI.. LALU KLIK TOMBOL "SEARCH"

June 21, 2023

Spek Motor RC213V 2023 Yang Bikin Para Rider Honda Cedera

Baca Artikel Lainnya

Marc Marquez mengalami kecelakaan sebanyak lima kali dalam tiga hari di MotoGP Jerman 2023. Dia mengalami crash di sesi latihan, kualifikasi, sampai pemanasan. Kecelakaan highside yang cukup parah di sesi Warm Up membuat Marquez harus absen di MotoGP Jerman. Motor Honda RC213V tunggangannya dituding sebagai biang kerok kecelakaan yang dialami Marquez dan rider Honda lainnya.




Marquez menjadi korban ketiga keganasan Honda RC213V. Sebelumnya, Joan Mir juga memutuskan mundur karena mengalami patah jari di tangan kanan yang membuat Mir sulit untuk bergerak. Selain itu, Alex Rins juga mengalami patah pada kaki kanan saat melakoni Sprint Race di Sirkuit Mugello pekan lalu.

Performa Honda RC213V belakangan memang dikeluhkan para pebalapnya. Marc Marquez bahkan menyebut seluruh rider Honda di MotoGP berisiko tinggi saat berada di atas motor.

Pembalap LCR Honda Takaaki Nakagami menginginkan sepeda motor yang lebih aman untuk dikendarai di trek MotoGP. Menurut dia, kecelakaan yang dialami pembalap-pembalap Honda di musim 2023 menunjukkan sepeda motor RC213V tidak sedang baik-baik saja.

Dia mengatakan melihat langsung bagaimana Marc Marquez (Repsol Honda) terjatuh di tikungan cepat saat warm up atau sesi pemanasan sebelum balapan utama MotoGP Jerman di Sirkuit Sachsenring.

"Saya berada di belakang dia (M. Marquez) saat kejadian dan saya tidak melihat sesuatu yang salah dari cara dia membalap," kata Nakagami saat diwawancara motogp.com.

"Dia mengendarai sepeda motornya dengan baik. Memiliki kecepatan yang baik. Tetapi dia tiba-tiba kehilangan grip ban depan lalu terjatuh," ujar pembalap asal Jepang ini.

Melihat kejadian itu, Nakagami mengaku sedikit takut karena mengendarai motor yang sama (Honda RC213V). "Saya memahami apa yang dialami M. Marquez. Saya juga mengalami beberapa kecelakaan dengan situasi yang sama," tutur dia. 


M. Marquez menjadi pembalap ketiga Honda yang terpaksa absen karena cedera di MotoGP Jerman. Dua rider Honda lainnya, Alex Rins (LCR Honda) dan Joan Mir (Repsol Honda), absen setelah terjatuh di MotoGP Italia dua pekan lalu. Rins mengalami patah tulang kering kaki kanan. Sedangkan Mir cedera pada tangan kanannya.

Dengan absennya tiga pembalap Honda ini, praktis tinggal menyisakan Nakagami seroang bertarung dengan rider Ducati, KTM, Yamaha, dan Aprilia.

"Kami memerlukan sepeda motor yang lebih aman untuk dikendarai," kata Nakagami.

Dia berharap tiga rekannya di Honda segera pulih dari cedera dan kembali ke lintasan secepat mungkin.

Nakagami mengakui pembalap Honda saat ini sedang mengalami masa-masa sulit untuk bertarung dengan kompetitor, tetapi dia menegaskan untuk tidak menyerah dan memberikan yang terbaik bagi tim.

Dia juga menyakini Honda terus melakukan pengembangan pada sasis sepeda motornya agar bisa lebih kompetitif dalam persaingan di trek.


Repsol Honda menilai kegagalan beradaptasi dengan ban baru Michelin menjadi penyebab buruknya performa mereka musim lalu.

Tak dapat dimungkiri bahwa musim 2020 menjadi salah satu musim terburuk sepanjang sejarah partisipasi Honda pada ajang MotoGP 



Honda, yang menyapu bersih titel pembalap, konstruktor, dan tim pada MotoGP 2019 harus mengakhiri MotoGP 2020 dengan tangan hampa.

Faktor absennya Marc Marquez ditengarai menjadi penyebab utama melempemnya performa Honda musim lalu. Sehingga motor keluaran 2023 milik Honda tersebut  tak mengalami masukan angsung dari Marquez

 

satu jawaban lagi atas bobroknya performa Honda diungkap oleh kepala departemen manajemen balapan HRC, Tetsuhiro Kawata.

Dalam pernyataan yang dikutip oleh Motorsport, petinggi Honda tersebut menuding ban Michelin sebagai biang kerok.

 

"Kami kalah telak tahun lalu. Itu bukan hasil dari kesalahan, tapi karena kami tak mampu mengeksploitasi potensi kami," ujar Kuwata.

"Dengan rendah hati, kami harus berpikir apa yang bisa dipelajari untuk kembali menang di masa depan.

"Jujur, kami belum mengeksploitasi kelebihan ban secara penuh, jadi kami harus segera mencari solusi baru," Kuwata melanjutkan.

Pernyataan Kuwata ini didukung penuh oleh kepala divisi pengembangan RC213V, Takehiro Koyasu.

"Kami berulang-ulang melakukan percobaan seputar topik itu (ban Michelin)," kata Koyasu mengungkap.

"Saya kira hasilnya sudah dapat dilihat pada paruh kedua musim kemarin lewat performa Takaaki Nakagami dan Alex Marquez."

"Memperhitungkan hasil yang meningkat di paruh kedua tahun lalu, saya punya kesan bahwa kami baru mencapai 60 persen dalam penggunaan ban," ujarnya.


HONDA MERESPON TAK KOMPATIBELNYA MOTOR RC213V 2023 YANG SERING JATUH DENGAN MENCOBA SASIS KALEX BUATAN JERMAN



Pabrikan Jepang sekarang ini dianggap konservatif. Mereka dianggap ketinggalkan 3 tahun soal pengembangan aerodinamika dibandingkan dengan pabrikan Italia. 

Sasis Kalex, kata Marquez, membuat perbedaan kecil dan sedikit membantu. Akan tetapi menurut dia, hal itu belum cukup untuk mengembalikan kejayaan Repsol Honda seperti beberapa tahun lalu.


Marquez menilai bahwa sasis Kalex juga menghadirkan beberapa kelemahan. Pembalap berkebangsaan Spanyol tersebut menjelaskan bahwa dirinya menyukai sasis lama ketika melintasi tikungan.

“Saat berbelok di tengah tikungan, saya lebih suka sasis saya yang sebelumnya. Salah satu kekuatan saya adalah berbelok dengan cepat di tikungan. Tapi bukan berarti harus lebih cepat dibandingkan dengan sasis lainnya," ujar dia, dikutip Tempo.co dari Speedweek.

Lebih lanjut Marquez mengatakan bahwa dirinya harus beradaptasi lagi dengan sasis Kalex pada motor balap Honda, terutama ketika berbelok. “Tampaknya dengan sasis Kalex Anda harus sedikit menyesuaikan gaya berkendara,” ucap dia.

“Anda juga harus masuk dengan cepat, tetapi ini memungkinkan lebih banyak kesalahan. Dengan yang lain lebih kritis dan lebih sulit untuk memahami ban depan. Dengan sasis baru, Anda sepertinya lebih sering mendapat peringatan dini,” tambah dia.

Marquez menerangkan bahwa kelemahan motor balap Honda di MotoGP 2023 terdapat di sistem pengereman dan akselerasi. Namun dirinya tidak tahu mengetahui secara detail darimana masalah itu muncul.


“Saya tidak tahu apakah itu (berasal dari) sasis, aerodinamika, mesin atau kombinasi dari semuanya. Saya mengatakannya tahun lalu di mana saya kalah, tetapi bukan bagaimana meningkatkannya. Karena saya bukan insinyurnya," jelas dia.

Kendati begitu, Marc Marquez berusaha keras untuk memberikan yang terbaik di lintasan MotoGP dan bertahan dalam balapan yang ia derita dalam beberapa musim terakhir. Dirinya berharap untuk bisa cepat dan konsisten dalam balapan.

Untuk bisa mengejar Ducati, para rider Honda akan alami resiko terjatuh saat masuk/keluar tikungan, Yamaha alami kendala dimesin yg tak bertenaga sementara Honda masih mencari solusi agar motornya bisa stabil saat menikung dengan Ban Michelin, karena sebelumnya Honda melesat unggul dengan Ban Bridgestone


Joan Mir (Repsol Honda)


 

Joan Mir mengalami kecelakaan dalam sesi latihan kedua (P2) MotoGP Italia di Sirkuit Mugello pada Jumat (9/6/2023) lalu. Akibatnya, ia mengalami keretakan tulang falanks pada kelingking tangan kanannya.

Juara dunia Moto3 2017 dan MotoGP 2020 ini pun memutuskan untuk mundur dari sisa pekan balap karena layout Mugello yang mengalir cepat bisa memperbesar risiko kecelakaan lagi dan memperburuk cederanya.


Alex Rins (LCR Honda Castrol)

 




Alex Rins patah tulang fibula dan tibia kaki kanan akibat kecelakaan dalam sprint race MotoGP Italia 2023 di Mugello. (c) Twitter/Rins42

Alex Rins mengalami kecelakaan dalam sprint race MotoGP Italia di Sirkuit Mugello pada Sabtu (10/6/2023), tepat sehari setelah Mir kecelakaan. Rins pun terjatuh keras di Tikungan 8 dan gagal finis.

Rider Spanyol ini didiagnosa mengalami patah tulang fibula dan tibia pada kaki kanan dan harus menjalani dua operasi yang masing-masing digelar di Florensia dan Madrid. Ia harus absen dua seri sekaligus, yakni di Seri Jerman dan Belanda.


Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu)


 
 
 

 

Takaaki Nakagami mengalami memar dan luka pada jari manis dan kelingking tangan kanan usai jatuh di sesi P2 MotoGP Jerman 2023. (c) Instagram/LCR Honda

Nakagami saat ini satu-satunya pembalap reguler Honda yang tak mengalami patah tulang. Namun, rider Jepang ini juga harus jatuh bangun usai berkali-kali terlempar dari RC213V, termasuk dalam sesi P2 MotoGP Jerman di Sirkuit Sachsenring pada Jumat (16/6/2023).

Nakagami mengalami memar dan luka pada jari manis dan kelingking tangan kanan, sampai-sampai kelingkingnya harus diperban. Meski begitu, rider berusia 31 tahun ini dinyatakan cukup bugar untuk terus berlaga. Beruntung, ia berhasil finis di sprint race dan main race.


Marc Marquez (Repsol Honda)

 
 



Marc Marquez mengalami retak tulang ibu jari tangan kiri dan pembengkakan engkel kanan usai jatuh di sesi WUP MotoGP Jerman 2023. (c) Instagram/MarcMarquez93, Twitter/MotoGP



SPESIFIKASI MOTOR  RC213V 2023

Spesifikasi teknis

Panjang keseluruhan (mm) 2052
Lebar keseluruhan (mm) 645
Tinggi keseluruhan (mm) 1.110
Jarak sumbu roda (mm) 1.435
Pembersihan jalan 115
Berat (kg) Sesuai regulasi FIM
Jenis mesin berpendingin cairan, empat langkah, DOHC 4 katup, V-4
Pemindahan 1000
Kekuatan maksimum Lebih dari 180 KW
Jenis bingkai Tabung kembar aluminium
Roda Depan (inci) 17
Roda Belakang (inci) 17
Suspensi Depan Garpu teleskopik
Suspensi Belakang Tautan pro
Kapasitas tangki bahan bakar (liter) 22

 

 


 

 

 
Like us on Facebook