MASUKAN KATA DI KOTAK BAWAH INI UNTUK MENCARI.. LALU KLIK TOMBOL "SEARCH"

May 20, 2024

impact APR Buatan Mana ?

Baca Artikel Lainnya

Impact APR buatan mana ? Pada dasarnya cara kerja impact wrench merupakan otomatisasi kunci pas yang berfungsi untuk melepaskan atau mengencangkan baut. Impact wrench berbeda dengan mesin bor, atau impact driver, karena fungsi utamanya. Bor berfungsi untuk membuat lubang, sementara impact driver berfungsi untuk melepaskan atau mengencangkan sekrup.



Meski berbeda, ketiga alat ini sejatinya memiliki cara kerja yang serupa, karena sederhananya ketiga alat tersebut adalah perkakas tangan yang diotomatisasi dengan sumber daya bisa berupa listrik maupun dengan tekanan hidrolik melalui kompresor.

Dengan otomatisasi ini, maka aktivitas yang membutuhkan pekerjaan pengencangan baut atau mur kini bisa kamu lakukan dengan lebih cepat dibandingkan secara manual menggunakan kunci pas. Karena otomatisasi ini pula, impact wrench terdiri atas beberapa jenis, lantas apa saja jenis-jenis impact wrench itu?
Jenis Impact Wrench

Impact wrench merupakan alat yang sangat penting untuk perawatan mobil. Terdapat beberapa jenis impact wrench di pasaran yang bisa membantu kamu melepas dan memasang baut atau mur dengan mudah. Berikut jenis-jenisnya:


1. Corded Electric Impact Wrench

Seperti namanya impact wrench ini memiliki kabel dan yang digerakkan motor listrik untuk memberikan daya kepada kepala kunci dan menimbulkan daya entak atau penguncian alias impact kepada kepala mur atau baut.

Jenis impact wrench ini biasanya digunakan di industri-industri karena memerlukan tempat statis atau tidak portabel, belum lagi ukurannya yang relatif besar sehingga jarang digunakan untuk keperluan rumah tangga.
2. Cordless Electric Impact Wrench

Nah jika kamu ingin memiliki impact wrench yang portabel jenis cordless electric impact wrench atau impact wrench listrik nirkabel bisa jadi solusi. Jenis ini disuplai tenaga baterai bertegangan di kisaran 18-28 V.

Dengan tegangan listrik yang relatif rendah, impact wrench jenis ini juga cocok untuk penggunaan rumah tangga yang tidak memerlukan torsi besar. Misalnya untuk mengencangkan mur atau baut perabot rumahmu.

Pun, karena bisa dibawa kemana-mana, impact wrench portabel ini juga bisa kamu letakan di mobil kamu sebagai alat bantu darurat. Terutama jika ban mobil kamu bermasalah. Dengan tegangannya yang rendah dan menghasilkan torsi yang kecil, impact wrench portabel ini juga cocok untuk membuka baut atau mur yang berkarat tanpa merusaknya. 


3. Penumatic Impact Wrench

Impact wrench ini merupakan impact wrench pertama kali yang dikembangkan, karena mengandalkan tekanan hidrolik yang dihasilkan dari kompresor. Jenis ini biasanya juga digunakan untuk keperluan industri dari skala besar hingga skala kecil. Sebab, harganya cenderung lebih murah dibandingkan impact wrench listrik.

Impact wrench jenis ini juga sering dipakai di bengkel-bengkel untuk mempercepat proses pelepasan maupun pemasangan baut pada kendaraan. Selain itu karena tidak membutuhkan motor listrik yang besar, maka penggunaannya pun dapat dilakukan di ruang-ruang yang sempit.

Namun, karena mengandalkan tekanan, jenis impact wrench ini menghasilkan torsi yang tidak stabil sehingga relatif sulit dikontrol. Alhasil membuat baut atau mur yang ingin dibuka malah bisa menjadi rusak.

 


Agar laku terjual,  berbagai cara dilakukan dengan mengelabui konsumen Indonesia ,  Yaitu dengan membawa-bawa  negara Jepang atau made in Japan. Namun Impact Wrench APR adalah buatan China

Buatan Jepang terkenal awet maski harganya mahal, namun sebaliknya buatan China cenderung murah namun tingkat keawetan mesinnya tidak bisa dijamin

 
Like us on Facebook