MASUKAN KATA DI KOTAK BAWAH INI UNTUK MENCARI.. LALU KLIK TOMBOL "SEARCH"

May 25, 2024

Oli Standar Supra X 125

Baca Artikel Lainnya

Honda Supra menjadi salah satu motor paling legendaris yang telah dipercaya masyarakat Indonesia sejak era 90-an. Kiprahnya dalam dunia otomotif juga mengukir sejarah perkembangan yang cukup panjang.




Dulunya, Honda Supra memiliki citra sebagai motor irit yang hanya cocok untuk bapak-bapak. Namun, seiring perkembangannya, kini Honda Supra menjelma sebagai kendaraan favorit bagi semua kalangan apalagi anak muda. apalagi ditengah harga BBM yang naik dan mahal

Honda Supra X 125 merupakan generasi Honda Supra kelima. Motor bebek ini mengusung kapasitas mesin yang lebih besar dari generasi sebelumnya, yakni sebesar 125 cc. 

Honda Supra X 125 R New merupakan generasi Honda Supra yang mengunggulkan fitur double cakram. Fitur ini disematkan pada ban bagian depan dan belakangnya. Di samping itu, ada pembaruan juga pada bodi samping motor ini dengan sudut yang lebih tajam. Selain itu, Honda Supra X 125 R New juga terbagi menjadi dua varian yaitu karbu dan injeksi.

 

Fungsi oli yang sangat umum dan paling banyak juga diketahui adalah sebagai pelumas. Hal ini sering kali diperlihatkan di iklan penjualan oli mesin, sehingga fungsi ini sangat akrab di benak masyarakat.



Memang betul, oli mesin berguna sebagai pelumas. Lebih jelasnya, oli ini membantu melumasi komponen dan setiap partikelnya dalam mesin. Kinerja tiap komponen dalam mesin perlu dibuat lebih enteng agar langkah kerja yang dihasilkan lebih maksimal.

Selain itu, semakin enteng gerak yang timbul maka semakin cepat pula langkah kerja yang dilakukan oleh mesin. Ini merupakan suatu bentuk perbandingan lurus antara kondisi mesin dengan hasil kerjanya. Anda perlu memberi oli terbaik untuk mesin agar fungsinya sebagai pelumas dapat berjalan dengan maksimal


Mesin adalah suatu jenis komponen yang dirancang khusus untuk menggerakkan semua komponen pada kendaraan.

Semua komponen yang beroperasi ketika menyala akan diinisiasi terlebih dahulu oleh mesin, sehingga menimbulkan gerakan. Adanya gerakan inilah yang menunjukkan adanya proses langkah kerja.

 

Sama halnya dengan proses pembakaran pada umumnya, akan selalu terjadi hasil ekskresi yang dikeluarkan oleh mesin. Hasil pembakaran ini perlu dikeluarkan dari dalam mesin agar kondisi di dalamnya tetap bersih. Kinerja ini memanfaatkan peranan oli mesin.

Hasil pembakaran mesin akan mengeluarkan zat buangan berupa gram hasil bakar. Gram ini perlu dikeluarkan dari dalam mesin agar mesin tetap bersih. Keluarnya gram bakar dari dalam mesin ini diangkut oleh oli yang melakukan sirkulasi dalam mesin.

Kondisi ini akan membuat bagian dalam mesin tetap bersih. Hal tersebut karena tidak ada kotoran yang menempel maupun menggumpal.

 

mesin juga melakukan pembakaran. Pada proses pembakaran ini tentu akan timbul daya kalor yang keluar dari dalam mesin. Dalam hal ini, oli sangat memberikan peran penting untuk menjaga mesin dalam keadaan stabil.

Pembakaran yang terjadi di dalam mesin memberikan dampak yang cukup signifikan untuk mesin. Terlebih lagi, kondisi kalor di dalamnya akan semakin bertambah jika mesin semakin lama digunakan. Apalagi dalam kondisi untuk menempuh jarak jauh.

Semakin lama penggunaan mesin, maka semakin lama pula proses pembakaran yang terjadi di dalamnya. Hal ini akan menimbulkan energi panas atau kalor yang lebih besar. Dalam hal ini, oli mesin akan membantu meredakan panas yang ditimbulkan mesin.

Panas yang timbul akibat pembakaran perlu diredakan agar tidak terjadi overheat pada mesin. Sifat oli di sini hanya meredakan, dan tidak menghilangkan panas secara menyeluruh. Jadi jika Anda menempuh perjalanan jarak jauh, istirahat sebentar saja dapat membantu pemulihan suhu mesin ke angka stabil.

Salah satu fungsi oli mesin adalah sebagai pelumas. Namun siapa sangka fungsi ini juga memberikan dampak lain yang bermanfaat untuk kondisi mesin. Salah satunya adalah menghindarkan komponen mesin dari korosi.

Setiap bagian pada mesin yang menyatu dalam membentuk mesin tidak terjamin untuk terhindar dari paparan polusi. Hal ini karena partikel debu, kotoran, maupun air sifatnya mudah memasuki celah kecil yang terdapat dalam mesin. Inilah yang menyebabkan mesin rentan terkena karat.

Agar motor tak berisik biasanya orang-orang menggunakan oli kental, hal ini sebenarnya salah, karena akan membuat boros bensin dan kinerja mesin jadi berat. Alhasil motor jadi sulit untuk dihidupkan saat mesin dingin atau saat pagi hari juga kurang bertenaga ketika diajak ngebut

SEBELUM MEMBELI, 

PASTIKAN JIKA MEMBELI ONLINE TOKO TERSEBUT TERPERCAYA ATAU JIKA RAGU BELI ONLINE OLI ASLI ATAU PALSU..

BISA LANGSUNG BELI KE BENGKEL RESMI HONDA ATAU BENGKEL YANG ANDA PERCAYAI BAHWA ITU OLI ASLI


Gunakan Oli Full sintetik jika motor digunakan untuk Ojol, motor yang jarang berhenti atau sering terjebak kemacetan. karena mesin akan tidak mudah panas


Kekentalan Oli Standar Supra X 125 adalah 10W30 dengan kapasitas oli 0.8 liter atau 800ml

  1. AHM oil MPX1 SAE 10W-30 API Service SL JASO MA TIPE OLI MINERAL
  2. AHM oil SPX1 SAE 10W-30 API Service SJ JASO MA TIPE oli Full SINTETIK
  3. Idemitsu  4T BOTOL ABU/SILVER SAE 10W-30 API Service SL JASO MA TIPE OLI MINERAL
  4. Idemitsu  4T BOTOL GOLD/EMAS  SAE 10W-30 API Service SL JASO MA TIPE FULL SINTETIS
  5. Oli IDEMITSU IRG3 SAE 10W-30 API Service SL JASO MA TIPE OLI  SEMI-SINTETIS
  6. REPSOL MXR5 SAE 10W-30 API Service SL JASO MA TIPE OLI MINERAL

 

Untuk OJOL, Mudik, Perjalanan Jauh atau Touring, Bisa gunakan oli dengan kekentalan 10w-40 dengan kapasitas oli 0.8 liter atau 800ml

berikut ini adalah pilihan merek Olinya

  1. Idemitsu  4T BOTOL GOLD/EMAS  SAE 10W-40 API Service SL JASO MA TIPE OLI SEMI SINTETIS
  2. Shell AX7 SAE 10W-30 API Service SL JASO MA TIPE OLI SEMI SINTETIS
  3. DELTALUBE DAILY 757 PREMIUM SAE 10W-40 API Service SL JASO MA TIPE OLI SEMI SINTETIS
  4. Oli REPSOL MXR PLUS 10W-40 API Service SL JASO MA2 TIPE OLI SEMI SINTETIS
  5. Oli FEDERAL ULTRATEC  XX 10W-40 API Service SL JASO MA2 TIPE OLI SEMI SINTETIS
  6. Oli DELTALUBE DAILY 4T  10W-40 API Service SL JASO MA TIPE OLI SEMI SINTETIS
  7. Oli PERTAMINA ENDURO RACING 4T  10W-40 API Service SL JASO MA TIPE OLI SINTETIS
  8. Oli CASTROL POWER 1 4T  10W-40 API Service SN JASO MA2 TIPE OLI SEMI SINTETIS
  9. Oli MOTUL 3100 GOLD 10W-40 4T AP API Service SM JASO MA2 TIPE OLI SEMI SINTETIS

 

 

 

 
Like us on Facebook