MASUKAN KATA DI KOTAK BAWAH INI UNTUK MENCARI.. LALU KLIK TOMBOL "SEARCH"

July 27, 2023

Android KitKat Dihentikan Oleh Google, Beberapa Aplikasi Tak Bisa Dipakai Lagi

Baca Artikel Lainnya

Google telah mengumumkan tidak akan lagi mendukung Android 4.4 KitKat dalam rilis terbaru layanan Google Play setelah Agustus 2023. Untuk itu, pengguna ponsel Android yang masih menggunakan sistem operasi Android 4.4 disarankan agar mengganti ponsel mereka dengan yang lebih baru, atau menggunakan ROM khusus agar tetap bisa mengakses aplikasi dan layanan Google terbaru.

 


 

Dilansir dari neowin, Senin (25/7/2023), KitKat, yang diluncurkan pada Oktober 2013, akan kehilangan dukungan sebelum ulang tahunnya yang ke-10. Pihak Google mengatakan kurang dari 1% perangkat Android aktif yang masih berjalan di KitKat. Melihat keuntungan yang tidak signifikan dengan jumlah pengguna yang semakin berkurang, tidak lagi memberikan dukungan kepada KitKat menjadi jalan terbaik.



Layanan Play sendiri memungkinkan Google menyediakan fitur baru dan pembaruan rutin untuk aplikasi dan layanannya di perangkat Android secara terpisah dari pembaruan OS. Dengan menghentikan dukungan untuk KitKat, rilis layanan Play mendatang setelah versi 23.30.99 pada Agustus 2023 tidak akan lagi berfungsi pada perangkat yang masih menjalankan Android 4.4.

Terakhir kali Google mengakhiri dukungan untuk Android versi lama pada 2021 untuk Jelly Bean, yang diluncurkan pada tahun 2012. Seperti KitKat, kurang dari 1% perangkat yang masih menggunakan Jelly Bean sebelum dukungan dihentikan.


Perangkat yang saat ini masih menggunakan Andrid 4.4 KitKat memang tergolong jadul, tetapi masih banyak dijumpai di counter handphone bekas. Berikut ini sebagian daftarnya dari brand yang masih eksis di Indonesia:

Samsung:
Samsung Galaxy S4
Samsung Galaxy S4 Zoom
Samsung Galaxy S4 Active
Samsung Galaxy Note 3
Samsung Galaxy S3
Samsung Galaxy Note II
Samsung Galaxy S4 Mini
Samsung Galaxy Tab 3 dan Tab 2

Asus:
Padfone 2
Padfone Infinity
Padfone A80
New Padfone Infinity

LG:
LG G2
LG G Flex
LG Optimus G Pro
LG Optimus G
LG G Pro Lite
LG Optimus L9 II
LG Optimus F7, F6, F3
LG G Pad 8.3



Berbagai fitur dan kecanggihan terus dilakukan guna semakin membuat para pengguna setia android lebih nyaman dan sekaligus melawan kompetitor mereka yakni IOS.
 
Maka kemudian satu demi satu versi android lama yang dirilis mulai dihentikan dukungannya oleh Google guna mengoptimalkan fitur bagi android versi terbaru.
 
Tentunya bagi kamu para pengguna setia Kitkat selama 10 tahun terakhir mau tidak mau harus segera bersiap-siap untuk menggunakan atau membeli android dengan versi terbaru.


Sebab dengan pengumuman ini sudah dipastikan Google akan mulai melakukan penghentian dukungan terhadap seluruh gadget yang menggunakan sistem operasi Android Kitkat,


 
Like us on Facebook