January 29, 2016

Tips Sederhana Mengatasi Bayi / Balita Yang Rewel


Bila Balita atau buah hati Anda sedang ngambek mengamuk disaat istri tak ada di rumah, maka inilah tips bagi para Ayah yang harus dilakukan.


Dekap si kecil
Jangan biarkan emosi Anda terpancing saat melihat anak mengamuk. Dekap si kecil secara perlahan sembari mengusap-usap punggungnya. Apabila Balita Anda tetap mengamuk dan memukul dalam pelukan, Anda wajib bertahan bertahan dan tetap mendekapnya.

Baca juga: Posisi tertidur seperti inilah yang bikin kita mimpi basah dan Ini alasan kentut tak pernah ganggu `pemiliknya` sendiri

Dekapan dan kehangatan pelukan orangtua akan mengirimkan sinyal nyaman ke otak si kecil untuk tenang dan bisa jadi si kecil bakal tertidur dalam pelukan Anda.

Beri penjelasan singkat dan padat
Logika anak kecil terutama yang masih Balita belum berkembang dan terbentuk sempurna. Jadi, para Ayah jangan buang-buang waktu untuk berargumen dengan memberi penjelasan panjang lebar.

Berikan penjelasan singkat yang mudah dipahami untuk anak seusianya. Penjelasan singkat lebih cepat dicerna si kecil, terutama jika diimingi aktivitas bermain dan jajan dari sang Ayah. Jangan terlalu sering memberi uang atau hadiah.

Alihkan perhatian
Jangan pernah terpancing emosi saat meladeni anak Anda yang sedang ngambek atau mengamuk. Lakukan strategi distraksi dengan cara mengalihkan perhatian sang buah hati ke hal lain yang memang dia suka. Misal, Balita Anda sedang mengamuk karena tidak ingin makan atau ngambek minta uang untuk jajan ke warung, coba ganti saluran televisi ke program favoritnya. Sebab, menurut studi, anak lebih mudah makan saat melakukan hal-hal yang mereka suka.




references by lensaindonesia

 
Like us on Facebook