October 27, 2013

Manfaat Minum Kopi Bagi Hati

Studi baru tentang manfaat kopi menemukan, konsumsi kopi pada dosis tertentu bisa menjadi jalan untuk mengurangi risiko kanker hati. Dengan minum tiga cangkir kopi per hari risikonya menurun hingga 50 persen.
Selain itu, mengonsumsi kopi ini juga menghambat terjadinya karsinoma hepatoseluler (HCC) hingga 40 persen.  HCC adalah bentuk umum dari kanker hati yang paling kerap ditemui.


http://static.tumblr.com/xu1o060/ujbm9snna/keep_calm_coffee.jpg


Kemungkinan terjadinya pencegahan penyakit ini turut didukung oleh manfaat kopi lainnya yang mampu mencegah diabetes. Peneliti belum menemukan secara pasti efek langsung kopi pada hati. Dugaan lainnya adalah kopi mungkin memberikan efek menguntungkan terhadap enzim dan mencegah sirosis hati.

Pada studi yang dilakukan Carlo La Vecchia dari departemen epidemiologi Istituto di Ricerche Farmacologiche “Mario Negri,ini, menganalisa berbagai artikel yang dipublikasikan sejak tahun 1996 sampai September 2012. Di sana terdapat 16 studi berkualitas tinggi yang melibatkan 3.153 kasus.

Peneliti mengatakan peran kopi ini mungkin masih terbatas dengan mengandalkan hasil yang dicapai dalam studi ini. Belum ditemukan dengan lebih jelas manfaat tambahan lainnya yang dimiliki oleh kandungan kopi terhadap pencegahan kanker hati. Oleh karena itu, studi lanjutan diperlukan untuk menguak manfaat kopi lebih detil.

Studi ini dipublikasikan melalui jurnal Clinical Gastroenterology dan Hepatology .











references by sidomi

 
Like us on Facebook