Baca Artikel Lainnya
Sebagian orang memilih membeli oli transmisi mobil untuk digunakan di Motor matic mereka dengan alasan ekonomi, karena 1 botol oli gardan motor dibandingkan dengan 1 botol oli transmisi mobil GL-4 lebih murah dan bisa dipakai sekitar 4-5 kali ganti oli gardan motor matic/metik
Selain alasan ekonomis dan lebih murah, Enggak sedikit biker yang menuangkan oli transmisi mobil manual di girboks motor matik. Hal ini dilakukan karena oli transmisi manual mobil dipercaya lebih awet dibandingkan oli gardan / oli gear/ oli transmisi bawaan motor.
Tapi bagaimana pandangan Shell Indonesia soal hal ini?
"Dari teori, semua oli fungsinya sama yaitu melunasi komponen termasuk girboks," ucap Shofwatuzzaki, B2C Lubricants Technical Manager PT Shell Indonesia kepada GridOto.com (20/3/2018).
Tapi yang harus diperhatikan adalah tingkat kekentalannya atau viskositas dari oli transmisi manual buat mobil.
"Oli transmisi manual buat mobil sebagian besar lebih kental dari oli transmisi motor matik," ujar Shofwatuzzaki.
"Ini berdampak ke kinerja girboksnya tarikannya jadi agak berat," tambahnya.
Sedangkan kekentalan oli transmisi motor matik enggak jauh dengan oli mesinnya.
"Kalau oli transmisi motor matik kekentalannya enggak jauh oli mesinnya," jelas Shofwatuzzaki.
"Misalnya bawaan oli mesin matik itu 10W-40," tambahnya.
Sebenarnya Shell Indonesia enggak melarang penggunaan oli transmisi mobil buat girboks oli matik.
API GL-4 biasanya digunakan untuk aplikasi transmisi manual yang menggunakan synchronizer kuningan. Juga bisa digunakan pada axle dengan speed dan beban menengah.
Jenis transmisi manual ini bisanya digunakan pada mobil pribadi, bus, dump truck dan lain – lain.
Sedangkan API GL-5 digunakan untuk aplikasi gardan/ axle/ differential, terutama untuk aplikasi hypoid gear. Karena jenis gear ini biasanya digunakan untuk kendaraan beban berat.
Beberapa unit transmisi manual sekarang sudah tidak lagi menggunakan synchronizer kuningan, sehingga juga merekomendasikan penggunaan API GL-5. Namun untuk menggunakan API GL-5 pada transmisi manual,
Secara karakteristik, apasih yang membedakan antara API GL-4 dan GL-5?
- Gear oil API GL-5 menggunakan aditif extreme pressure (EP) 2 kali lebih banyak dibandingkan dengan API GL-4.
- Aditif EP yang lebih tinggi ini, dapat mengkorosifkan metal kuningan yang terdapat pada transmisi manual.
Oleh karena itu, gear oil API GL-5 tidak disarankan digunakan pada gear transmisi manual yang menggunakan synchronizer atau ada bahan yang terbuat dari kuningan.