July 7, 2013

Manfaat Pengasuhan Anak Selama 1.000 Hari Setelah Kelahirannya

Masa 1.000 hari pertama dalam kehidupan seorang anak, mulai dari terjadinya kehamilan, merupakan periode emas karena anak akan sangat kritis dan sensitif. Oleh karena pada usia tersebut, anak banyak bereksplorasi untuk mempelajari banyak hal baru.




Psikolog Dr Ratih Andjayani Ibrahim mengutarakan ini memang merupakan tugas orang tua yang sangat penting, tapi penuh dengan tantangan. “Anak di atas usia 1 tahun karena masa 1.000 hari pertama merupakan periode emas dalam kehidupan seorang anak. Ini masa paling kritis dan sensitif. Karena, disebut kritis masa ini tidak dapat diulang kembali, sensitif karena masa ini memberikan hasil maksimal akan apa yang telah ditanamkan pada anak secara fisik dan psikologis,” katanya kala ditemui di FX Sudirman, Selasa (2/6).

“Anak Anda nantinya akan menjadi future leader menggantikan kita semua. Diharapkan, ia akan menjadi SDM yang tangguh. Kuncinya adalah pengasuhan atau parenting, bagaimana kita sebagai orang tua merespons anak dalam mendidik, mengasuh, dan membesarkan,” jelasnya. Adapun tujuan dari pengasuhan adalah supaya anak tumbuh sehat dan berkembang optimal,

Dr Ratih pun memberikan beberapa karateristik alami balita, “Anak akan memiliki rasa ingin tahu, senang mencoba dan mengeksplorasi, spontan, egosentris, serta senang bermain dan bergerak. Nah, pengasuhan yang baik akan membuat si anak menjadi anak yang life-ready yakni sehat, percaya diri, mudah bergaul, kreatif, dan berjiwa pemimpin.”

Untuk mencapai itu, lanjutnya, anak harus dibantu dengan stimulasi yang didasari karateristik alami anak. Adapun stimulasi paling baik yakni dengan bermain dan eksplorasi, “Cobalah dengan stimulasi bermain interaktif yang akan merangsang visual, auditori, sensorik, motorik, kognitif, komunikasi bahasa, sosio, emosional, kemandirian, dan kreativitas,” jelasnya. Metodenya? Bisa dengan mendengar, melihat, mencoba, dan mengulang. “Ini sebaiknya dilakukan sejak dini bahkan dari kandungan setiap hari. Dan, jangan lupa beri pujian dan penghargaan atas apa pun yang ia capai.”








references by http://adf.ly/RcW1L
images by africandawn.com

 
Like us on Facebook