December 9, 2014

Linux Kernel 3.18 Final Resmi Rilis

Linus Torvalds belum lama ini telah mengumumkan rilis Linux Kernel 3.18 versi final yang telah tersedia untuk di-download oleh pengguna Linux maupun pengembang distribusi Linux. Rilis Linux Kernel 3.18 ini bisa dikatakan sebuah update besar untuk sistem operasi open-source Linux. Seperti yang kita ketahui, kernel adalah inti dari sebuah sistem operasi.

http://4.bp.blogspot.com/-l2xHbNj58MI/VH6QcaKHlkI/AAAAAAAAJyw/qqqMaXZrqCI/s1600/Linux%2BKernel%2B3.18%2BRC7.jpg

Meski Linux Kernel 3.18 telah resmi dirilis, tentu memakan waktu yang cukup lama untuk tersedia pada distribusi atau distro Linux. Bagi pengguna Linux yang tak sabar ingin mencoba Linux Kernel 3.18 dapat menginstalnya sendiri secara manual atau mungkin mengompilasi ulanng sesuai dengan sistem yang mereka gunakan.

Apa yang diusung oleh Linux Kernel 3.18? Rilis Linux Kernel 3.18 ini memiliki banyak perubahan untuk dukungan Btrfs dan tambahan dukungan untuk OverlayFS. Linux Kernel 3.18 ini juga telah memperbaiki dukungan pada kartu grafis AMD Radeon. Hal ini tentu saja kabar gembira bagi pengguna kartu grafis dari kubu merah tersebut.
“Sudah seminggu tenang, dan patch dari RC7 kecil, jadi 3.18 keluar. Aku akan senang untuk mengatakan bahwa kita sudah tahu masalah yang mengganggu 3.17 untuk beberapa orang, tapi kami belum.”
“Di saat yang sama, ada benar-benar tidak ada gunanya punya orang lain mutar ibu jari mereka ketika beberapa orang secara aktif berusaha untuk membagi dua masalah yang lebih lama, jadi memegang rilis hanya tidak masuk akal. Terutama karena itu akan hanya kemudian mengadakan hal-hal seluruhnya selama liburan istirahat,” kata Linus Torvalds saat rilis Linux Kernel 3.18.



Seperti yang dilansir dari Softpedia (07/12/2014), saat ini sistem operasi Linux memang hanya menguasai kurang dari 5% dari seluruh pangsa pasar PC Desktop, tetapi jumlah pengguna Linux terus bertambah dari tahun ke tahun.

Download Linux Kernel 3.18


http://www.edivaldobrito.com.br/wp-content/uploads/2014/12/kernel-3-18.png

 
Like us on Facebook