April 6, 2015

Dampak Minum Bir/Minuman Keras Bagi Tubuh

Beberapa orang menganggap minuman keras atau minuman berakohol  adalah hal yg biasa, hanya membuat mabuk, efeks samping kecil dan tidak menimbulkan efek negatif terhadap kesehatan. Namun sebenarnya minuman beralkohol dapat merusak beberapa fungsi organ tubuh secara permanen bila dikonsumsi berlebihan,sedikit dan mengkonsumsinya dalam jangka waktu panjang.



Bagi anda yang suka mengonsumsi minuman beralkohol sebaiknya simak beberapa organ tubuh yang rusak akibat minuman beralkohol (minuman keras) berikut ini :

1. Ginjal
Fungsi ginjal sangat penting bagi kesehatan tubuh. Dalam jangka waktu lama, minum minuman ber alkohol meski sedikit secara teratur akan mengganggu fungsi ginjal menjadi abnormal. Alkohol memperbesar ginjal sehingga mempengaruhi fungsi hormon normal tubuh. Bahkan hal ini berpotensi besar menyebabkan gagal ginjal.




2. Jantung

Jantung merupakan organ vital untuk memompa darah. Efek negatif mengonsumsi minuman beralkohol berlebihan yaitu akan menimbulkan tekanan darah menjadi tinggi sehingga mempengaruhi kinerja jantung. Asupan alkohol juga mempengaruhi tingkat kolesterol baik dalam tubuh, yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.





3. Hati
Organ tubuh yang dapat rusak akibat minuman beralkohol adalah hati. Asupan minuman beralkohol yang terlalu banyak meningkatkan akumulasi lemak di hati sehingga mempengaruhi fungsi hati bagi tubuh. Dalam banyak kasus, hal ini berakibat merusak hati . Terlalu banyak asupan alkohol juga menyebabkan sindrom lemak hati yang juga dapat menyebabkan kondisi sirosis hati.





4. Mata
Alkohol juga berdampak pada mata. Akibat alkohol, ketajaman penglihatan seseorang akan semakin berkurang dari hari ke hari. Ini disebabkan kerusakan pada sel saraf mata akibat sifat alkohol yang mudah melarutkan. Sebenarnya sel-sel saraf kita sudah dilindungi lapisan lemak namun saat meminum alkohol, lapisan lemak yang melindungi sel saraf akan larut dan akibatnya sel-sel saraf menjadi rusak





5. Sistem pencernaan
Efek negatif alkohol bagi kesehatan dapat menyebabkan kerusakan organ tubuh lapisan internal saluran gastro. hal ini menyebabkan banyak masalah kesehatan muncul yang berhubungan dengan saluran pencernaan. Ini dapat menyebabkan gastritis, tukak lambung, dan kanker usus besar.

6. Sistem reproduksi
Konsumsi alkohol berlebihan/ sedikit dan rutin bisa menjadi penyebab kerusakan pada sistem reproduksi. Hal ini sudah terbukti  jika asupan alkohol secara tidak langsung menyebabkan infertilitas (kemandulan) pada wanita dan menyebabkan impotensi pada pria. Bahkan, asupan alkohol yang berlebihan juga dapat menjadi pemicu kanker payudara pada wanita.





7. Kulit
Fungsi kulit bagi tubuh tak kalah penting dengan organ tubuh lainnya. Konsumsi alkohol dengan jumlah banyak dan terus menerus juga akan merusak kulit. Kulit menjadi kusam dan  kulit berwarna merah, dan mudah iritasi. Selain itu, alkohol juga bisa mempengaruhi kapiler dan pembuluh darah pada kulit. Hal ini juga menimbulkan tanda-tanda awal penuaan pada wanita, anda akan mengalami penuaan dini.

8. Tulang
Bagi yang mengonsumsi minuman beralkohol paling tidak tiga kali sehari beresiko mengalami kerusakan tulang. Kerusakan tulang mengakibatkan meningkatnya resiko patah tulang, dan memperlambat proses pemulihan tulang. Meminum alkohol berlebih menghambat pembentukan tulang yang baru, sehingga umur tulang akan terus berkurang dari hari ke hari.





9. Otak dan Sistem syaraf


 
Sistem saraf pusat bertanggung jawab untuk beberapa fungsi utama tubuh. Konsumsi minuman beralkohol yang berlebihan memberi pengaruh buruk pada kesehatan. Alkohol mempengaruhi sistem saraf dengan menghambat distribusi sinyal antara saraf tulang belakang dengan otak. Akibat yang ditimbulkan memicu mati rasa, koordinasi tubuh seseorang menjadi tumpul. Kurangnya koordinasi dan perilaku yang tidak terkontrol merupakan efek paling terlihat ketika seseorang mabuk.







 

Efek nya bisa terasa dalam jangka waktu tertentu saat muda, atau ketika usia Anda sudah mendekati ajal (tua)
Sebelum anda minum, pikirkanlah organ tubuh yang rusak akibat minuman beralkohol diatas. 
juga bagi anak/bayi yg Anda lahirkan kelak..




 
Like us on Facebook