August 31, 2016

Dampak Negatif Makan Banyak

Otak merupakan organ yang sangat penting bagi kehidupan manusia, di mana sebagian saraf ada pada organ tersebut, karena itu sudah sepatutnya bagi kita untuk menjaga kesehatan otak. Salah satu cara menjaga kesehatan otak adalah dengan mengurangi porsi makan. Tak hanya menyehatkan, makan dengan porsi sedikit juga diklaim dapat menajamkan daya ingat.


Para ilmuwan dari Italia telah melakukan sebuah penelitian berkaitan dengan hal ini. Mengurangi makan diketahui dapat membatasi atau bahkan mengurangi kalori dalam tubuh, di mana hal tersebut bisa sangat berguna bagi pelaku diet dan menurut para ahli medis, hal ini memang menyehatkan tubuh. Seorang peneliti bernama Giovambattista Pani lalu memfokuskan diri pada sebuah protein bernama CREB1. Protein ini sendiri dikenal sangat penting dalam memori otak.

Penelitian ini sendiri diujicobakan terhadap hewan pengerat. Dari uji coba tersebut diketahui bahwa tikus yang asupan kalorinya dikurangi tetap bisa memproduksi CREB1. Tak hanya itu saja, rupanya produksi protein dalam otak juga mengalami peningkatan ketika asupan kalori dibatasi. Hasil studi inipun kemudian dipublikasikan dalam journal Proceedings of the National Academy of Sciences.

Sebagaimana dikutip Sidomi News dari Daily Mail, Dr.Pani mengungkapkan bahwa mengurangi porsi makan itu bisa berupa tidak mengkonsumsi makanan penutup, kue, atau bahkan minum kopi. Semua itu sangat berguna untuk menjaga kesehatan otak, khususnya dalam menjaga daya ingat.






references by sidomi

 
Like us on Facebook