May 16, 2020

Arti Tracking Status Pengiriman Kurir Ninja Xpress

Baca Artikel Lainnya

Jasa pengiriman atau kurir Ninja Xpress adalah salah satu jasa pengiriman yang bertipe jemput barang ke alamat pelapak atau langsung mendatangi agen Ninja Xpress untuk menyimpan paket yg sudah di packing (drop point). Kurir ini bisa kamu pilih jika kamu tidak membutuhkan paket diterima cepat karena harga yang lebih murah dari jasa kurir lainnya. Memilih kurir ini berarti sudah siap resikonya, yaitu paket bisa cepat sampai atau juga bisa lebih lama sampai daripada jasa pilihan kurir ekspedisi lainnya. selain itu dikarenakan hari minggu dan libur nasional kurir tidak beroperasi untuk daerah tertentu

Kalau kamu sebagai penjual, lebih baik segera langsung datangi agen untuk menyerahkan paket daripada request pickup atau Menunggu Penjemputan dari Ninja Van;, karena biasanya lama dan berhari-hari bahkan tidak dipickup. Pilih/serahkan ke agen yang paket langsung di kirim ke gudang pada hari itu juga atau keesokan harinya agar paket cepat sampai ke tangan penerima

Setelah paket dipacking aman dan rapih, Klik tombol Request Pickup.. lalu datangi Agen Ninja Xpress terdekat dan terpercaya maksimal 1 jam setelah Request ickup

Ninja Van adalah perusahaan pengiriman ekspres berbasis teknologi yang menyediakan layanan pengiriman tanpa repot untuk bisnis dari semua ukuran di Asia Tenggara. Diluncurkan pada tahun 2014, Ninja Van memulai operasinya di Singapura dan telah menjadi perusahaan pengiriman terbesar dan tercepat di kawasan ini, dengan jaringan yang mencakup enam negara di Asia Tenggara - Singapura, Malaysia, Filipina, Indonesia, Thailand, dan Vietnam.




Metode pengiriman kurir oleh Ninja Xpress adalah menggunakan


  • Motor: Untuk paket-paket kecil yang masih dibawa dengan tangan. Pastikan No Handhone aktif dan menjawab jika ada kurir yang menelepon/Miscall/SMS/Chat WA

  • Mobil Pickup: Untuk paket-paket ukuran besar  yang tidak bisa dibawa dengan tangan. Pastikan No Handhone aktif dan menjawab jika ada kurir yang menelepon/Miscall/SMS/Chat WA



  1. Saat ini Ninja Xpress menyediakan 1 layanan pengiriman, yaitu:

    • Reguler Service: barang harus sampai maksimal H+5 oleh kurir setelah pengiriman barang dilakukan oleh penjual online.
  2. Pemesanan Kurir harus dilakukan dari situs Mitra. Waktu pemesanan kurir yakni hari Senin-Sabtu pukul 09.00 WIB-15.00 WIB (hari Minggu dan hari libur nasional tidak beroperasi). Pemesanan kurir di luar waktu yang telah ditentukan akan diproses mengikuti ketentuan waktu pesan kurir Ninja Xpress.
  3. Waktu Operasional Ninja yakni Senin-Sabtu Pukul 09.00 WIB-22.00 WIB.
  4. Pelapak diharapkan segera melakukan cari driver sebelum mendekati batas waktu pengiriman. Dana akan otomatis dikembalikan ke pembeli (refund) apabila barang belum dijemput driver dan melewati batas waktu pengiriman. Batas waktu mengirimkan pesanan pembeli.
  5. Kurir Ninja Xpress akan datang paling lambat 3 jam setelah pelapak pelapak melakukan pemesanan kurir. Jika tak kunjung datang setelah 3 jam lebih dan status tracking tidak berubah, baiknya langsung kirim paket ke agen kurir Ninja Xpress terdekat. Cara ini lebih efisien dan cepat jika kamu sebagai penjual, dibanding menunggu lama kurir datang ke lokasi kamu. Namun, konfirmasikan dulu ke akun Facebook Ninja Xpress, bahwa kode Booking yg kamu ceetak akan di kirim ke Agen Ninja Xpress terdekat dengan rumahmu
  6. Jika kurir Ninja Xpress sudah datang dan pelapak tidak menyerahkan paket dalam waktu 15 menit, maka kurir Ninja Xpress membatalkan penjemputan paket.
  7. Pelapak Tidak Perlu membayar kepada kurir, karena sistem Mitra membayarkan biaya pengiriman ke pihak Ninja Xpress yang dikurangi dari total belanja.
  8. Uang yang pelapak terima sudah di luar biaya pengiriman.
  9. Ukuran maksimum dimensi produk yang dapat di pick up kurir Ninja Xpress dengan service Reguler yakni 70 cm (panjang), 70 cm (lebar), 70 cm (tinggi) dengan berat maksimal 7 kg.
  10. Layanan Reguler pengirimannya akan di pick up menggunakan motor. Jika ukuran paket melebihi dimensi yang ditentukan, akan di-pick up menggunakan mobil atau truk.
  11. Ninja Xpress tidak menyediakan jasa pengiriman untuk barang-barang berharga seperti emas, perhiasan, surat-surat berharga, dan lain-lain. Ninja Xpress tidak menyediakan kotak khusus pengiriman. Pelapak bertanggung jawab untuk mengemas dengan layak produk yang akan dikirimkan. Untuk produk rapuh yang terbuat dari kaca, keramik, serta produk cepat rusak seperti makanan, es krim, dan bunga segar, disarankan agar dikemas secara khusus. Ninja Xpress tidak bertanggung jawab untuk kerusakan atau perubahan bentuk yang terjadi atas pengiriman produk-produk tersebut.
  12. Apabila pengiriman menggunakan asuransi, maka ganti rugi ketika kehilangan barang yang disebabkan oleh kesalahan kurir akan diganti seharga barang (berdasarkan struk/invoice pembelian barang). Ketentuan pembayaran asuransi jika harga produk di bawah Rp 1.000.000,00 akan dikenakan biaya asuransi sebesar Rp 2.500,00. Jika harga produk di atas Rp 1.000.000,00 akan dikenakan biaya asuransi sebesar 0,25% dari harga produk.
  13. Apabila pengiriman tidak menggunakan asuransi, maka Ninja Xpress menanggung biaya penggantian sebesar 10 (Sepuluh) kali dari ongkos kirim atau maksimal Rp1.000.000,00 (Satu juta rupiah), tergantung dari ongkos kirim yang telah dibayarkan. Contoh: Jika ongkos kirim sebesar Rp10.000,00 (Sepuluh ribu rupiah) maka biaya penggantiannya adalah Rp100.000,00 (Seratus ribu rupiah), bukan Rp1.000.000,00 (Satu juta rupiah).
  14. Untuk pengiriman menggunakan jasa Ninja Express, dapat terjadi perbedaan perhitungan berat oleh Kurir untuk barang-barang berdimensi besar. Pihak Kurir akan menggunakan perhitungan berat volumetrik dengan rumus Panjang (cm) X Lebar (cm) X Tinggi (cm) : 6000. Apabila terjadi perbedaan berat tersebut, maka Bukalapak akan menghubungi pelapak atau pembeli mengenai perbedaan selisih ongkos kirim yang akan terjadi. Kami sarankan pelapak untuk dapat melakukan perhitungan berat produk (sudah berikut kemasan/packing) berdasarkan syarat dan ketentuan.
  15. Jika terjadi perbedaan atas perhitungan berat oleh Kurir Ninja Express, dimana Pelapak dan Pembeli tidak bersedia menanggung selisih biaya kirim atau Pelapak dan Pembeli tidak dapat dihubungi oleh pihak Bukalapak dalam waktu 2×24 jam, maka paket akan dikembalikan ke PelapakBiaya pengembalian barang adalah Rp5.000,00 (Lima ribu rupiah) per pengiriman yang akan ditagihkan oleh Bukalapak kepada Pelapak setelah Kurir berhasil melakukan pengiriman barang kembali ke Pelapak.
  16. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Call Center Ninja Xpress di (021) 2926 4120.
  1. Daftar barang yang tidak dapat dikirim dengan menggunakan layanan Ninja Xpress:
    • Uang (koin, uang tunai dalam rupiah dan/atau mata uang asing lainnya), surat berharga (cek, giro, obligasi, saham, sertifikat).
    • Narkotika, ganja, morphin dan obat-obat atau zat-zat yang dianggap sebagai benda terlarang lainnya.
    • Barang cetakan, rekaman atau barang-barang lainnya yang bertentangan dengan nilai kesusilaan dan dapat mengganggu stabilitas keamanan dan ketertiban umum.
    • Makhluk hidup (binatang dan tumbuhan).
    • Barang dalam kategori berbahaya, beracun dan barang-barang kimia yang mudah meledak atau terbakar.
    • Alkohol dan minuman beralkohol.
    • Kiriman dalam bentuk cair lainnya kecuali dikemas dengan baik dan benar (dengan melampirkan MSDS (Material Safety Data Sheet) dan surat pernyataan barang berbahaya dari pelanggan).
    • Barang yang mudah meledak, senjata dan bagian-bagiannya.
    • Peralatan judi dan tiket lotere.
    • Barang-barang yang dikategorikan dalam pengawasan pemerintah.
    • Barang-barang yang terbuat dari bahan gelas, keramik, dan pecah belah.
    • Barang seni, termasuk hasil karya dari keahlian, bakat atau talenta untuk diperjualbelikan, dipamerkan atau pun untuk dikoleksi, seperti lukisan, gambar, jambangan, hiasan dinding dari permadani.
    • Barang antik, segala jenis komoditi yang memperlihatkan ciri-ciri masa lampau dan memiliki nilai tersendiri karena sejarah, usia dan kelangkaannya, seperti furnitur, peralatan makan, barang pecah belah dan barang-barang koleksi seperti koin dan perangko.
    • Perhiasan adalah barang perhiasan dari permata asli, permata asli atau batu permata (batu mulia atau semi mulia), berlian hasil kerajinan (sudah diasah dan dibentuk) dan perhiasan terbuat dari logam mulia.
    • Logam mulia, termasuk diantaranya, emas dan perak lantakan atau satuan kecil-kecil, platina (kecuali sebagai bagian tak terpisahkan dari peralatan elektronik).
    • Produk elektronik dengan berat diatas 70 kg.
    • Perangko, materai cukai minuman keras, materai pajak.
    • Voucher telepon seluler.
    • Komoditi yang bernilai tinggi, seperti sarang burung walet, bulu binatang, sutra.

    1. Klasifikasi barang berbahaya sesuai dengan peraturan internasional tentang barang berbahaya:
  • Kelas 1 Bahan peledak.
  • Kelas 2 Gas beracun: dipadatkan, dicairkan atau dilarutkan di bawah tekanan.
  • Kelas 3 Cairan yang mudah terbakar.
  • Kelas 4 Bahan padat yang mudah terbakar.
  • Kelas 5 Zat oksidasi.
  • Kelas 6 Zat beracun.
  • Kelas 7 Zat radioaktif.
  • Kelas 8 Bahan yang menimbulkan karat.
  • Kelas 9 Aneka zat dan bahan berbahaya lainnya.


Cara Mengirim Paket Melalui Ninja Point

Ninja Point adalah lokasi untuk menyimpan/menyerahkan paket, dengan cara langsung mendatangi agen Ninja Xpress terdekat dengan lokasi rumahmu. Pilihlah agen yg cepat mengirim paket langsung ke gudang, tidak menunggu berhari-hari untuk masuk ke gudang utama di lokasi Kota/daerahmu. Kamu tidak perlu membayar apapun saat menyerahkan paket ke Agen Ninja Xpress


  • Klik tombol Pesan Kurir Sekarang (di Desktop & Mobile Web) atau tombol Dapatkan Nomor Tiket atau Kode Booking .
  • Waktu pemesanan/request Pickup kurir Ninja Xpress: Senin-Sabtu Pukul 09.00-15.00 (hari Minggu dan hari libur nasional tidak beroperasi). Jika kamu sebagai penjual, Pastikan tekan tombol Request Pickup terlebih dulu sebelum menyerahkan paket ke agen pada rentang waktu request pickup
  • Waktu operasional Ninja Xpress: Senin-Sabtu Pukul 09.00-22.00.
  • Pastikan sudah selesai kemas/packing paket sebelum melakukan pengiriman paket.
  • Mendapatkan nomor resi otomatis.
  • Segera telepon ke Customer Service Ninja Xpress di (021) 2926 4120 atau hubungi facebook Resmi Ninja Xpress untuk konfirmasi bahwa kamu tidak ingin memesan kurir/ppickup dan akan datang ke tempat Ninja Point untuk menyerahkan paket. tuliskan Nomor kode Bookingnya


Jika kamu sebagai penjual, pengiriman bisa menggunakan Sistem Resi Otomatis / Pickup atau mendatangi Agen Ninja Xpress terdekat dengan lokasi rumah

1. Cetak Label / Nomor Booking / Kode Booking

Cetak / Print label berisi barcode dan kode booking pengiriman dari marketplace tempat kamu berjualan. Tempelkan label tersebut ke paket yang akan dikirim atau tulis kode pada paket, 

Jika musim hujan, lindungi label yg ditempel tersebut dengan solasi bening agar tidak luntur atau sobek kena air hujan. Nantinya barcode tersebut akan discan menggunakan smartphone atau alat khusus oleh  petugas saat proses sorting di Gudang



Kode Status Pengiriman Paket Kurir Ninja Xpress

KUNJUNGI SITUS RESMI NINJA XPRESS DISINI
https://www.ninjaxpress.co/id-id/tracking

Masukan Nomor resi ke kotak/kolom, Klik tombol "LACAK PAKET"

Perkiraan pengiriman
Disana tercantum tanggal waktu paket akan dikirim kurir


Pending Pickup: Paket yang masih berada di pihak pengirim, dan sedang dalam proses pengambilan ke alamat pengirim.

Arrived at sorting HUB: Paket yang berada di gudang Ninja Xpress dan masih dalam proses oleh Ninja Xpress.

En-route to Sorting HUB: Paket yang sukses dilakukan pengambilan dari pihak pengirim, dan paket tersebut masih dibawa oleh kurir.


Pending Reschedule: Paket yang tidak berhasil dilakukan pengiriman dengan disertakan alasan yang diberikan oleh kurir, dan menunggu jadwal pengiriman ulang di hari kerja berikutnya.

Completed RTS: Paket yang telah sukses terkirim ke pihak pengirim, dan pengirim telah menerima paketnya.

Cancelled: Paket yang sudah terbatalkan pada sistem Ninja Xpress dengan beberapa alasan tertentu.

Transfered to 3PL: Paket yang dikirim menggunakan partnership ekspedisi lain yang bekerja sama dengan pihak Ninja Xpress.


On Vehicle for Delivery: Paket yang sedang dalam proses pengiriman oleh kurir untuk dikirimkan ke alamat tujuan penerima.

Completed: Paket yang telah sukses terkirim ke pihak penerima, dan penerima telah menerima paketnya.





Dalam Proses - Transit
NAMA DAERAH/LOKASI- :Arrived at Sorting Hub 
Paket kamu sedang masuk gudang, dan sedang dilakukan proses sortir paket untuk dikirimkan ke kota/daerah penerima paket
 
 
 
Dalam Proses - Kota Pengirim
NAMA DAERAH/LOKASI-
Paket kamu masih dikota / daerah pengriim paket, bisa di Agen atau dalam perjalanan ke gudang utama
 
 
ID-BANDUNG-Cinunuk:On Vehicle for Delivery
Nama daerah/lokasi gudang. Paket kamu sudah keluar gudang, dan sedang dilakukan proses antaran oleh kurir. Pakaet sedang dibawa kurir, paket ukuran besar biasanya dibawa oleh mobil paket, sedangkan paket-paket ukuran kecil akan dibawa menggunakan motor.
 
Proses pengantaran terdiri dari dua kloter yaitu Pagi hari dan siang hari, jadi paket kamu bisa berada di dua kurir yang berbeda, tergantung dari paketmu tersebut sampai di Gudang utama di kotamu. Jika datangnya malam, kemungkinan dibawa kurir yg kerja jam pagi, jika paket masuk gudang sampainya pagi, kemungkinan dibawa kurir yang bekerja di siang hari

Jika belum sempat datang ke rumahmu, paket akan dikirim keesokan harinya



Receiver: NAMA PENERIMA PAKET: Successful Delivery
Kurir menuliskan status paketmu bahwa paket sudah diterima. Bisa oleh penerima paket, keluarga, teman atau tetangga sebelah lokasi rumah penerima


atau

Ninja Van adalah mobil pikcup, dia akan muter-muter dulu ke seluruh agen untuk mengambil paket, hingga nantinya paket-paket tersebut akan disimpan di gudang utama di kota/ daerahmu. yang kemudian nantinya akan dikirim ke gudang pusat di kota/daerah penerima paket yang tercantum di paket



Cara baca status resmi paket di situs resminya adalah dari bawah ke atas


Berhasil dikirim atau Driver telah mengantar pesanan Anda sampai ke tempat tujuan.

Kurir menuliskan status paketmu bahwa paket sudah diterima. Bisa oleh penerima paket, keluarga, teman atau tetangga sebelah lokasi rumah penerima



Parcel sedang dikirim. atau On Vehicle for Delivery
Paket sudah selesai disortir oleh bagian gudang dan sedang dibawa kurir. Pastikan nomor handphone/WhatsApp aktif dan menjawab jika kurir kesulitan menemukan lokasi rumahmu dan pastikan juga ada orang dirumah/titip pesan ke teman/tetangga untuk menerima paket misal ada kurir yang datang ke rumah. Pastikan juga menjawab, membuka pintu jika ada kurir berteriak ada Paket yg datang. 

Proses pengantaran terdiri dari dua kloter yaitu Pagi hari dan siang hari, jadi paket kamu bisa berada di dua kurir yang berbeda, tergantung dari paketmu tersebut sampai di Gudang utama di kotamu. Jika datangnya malam, kemungkinan dibawa kurir yg kerja jam pagi, jika sampainya pagi, kemungkinan dibawa kurir yang bekerja di siang hari

Jika belum sempat datang ke rumahmu, paket akan dikirim keesokan harinya




Parcel sedang diproses di gudang Ninja Van - Fasilitas Sortasi Ninja Xpress
atau  Parcel sedang diproses di gudang Ninja Van - [Nama Daerah] atau 
Paket sedang dikirim ke sorting hub [Nama Daerah] 
Paket sudah berada di gudang utama dan sedang dilakukan proses pensortiran paket, yang nantinya paket akan dikirimkan ke kota / daerahmu atau sedang disortir untuk nantinya akan dibawa kurir. Perhatikan nama lokasi/daerahnya dekat dengan lokasi rumah kamu atau tiadaknya, kalau dekat artinya dalam hitungan hari akan dikirim kurir , contoh: Parcel sedang diproses di gudang Ninja Van - Cinunuk

Driver sedang mengantar pesanan ke tujuan.-
Paket sedang dalam perjalanan Antar Kota ataupun Dalam Kota untuk menuju Gudang Ninja XPRESS


Berangkat dari gudang Ninja Van - Sedang transit
Paket sedang berada di mobil Ninja Van,  berada di agen Ninja Xpress menunggu penjemputan dari mobil Ninja Van untuk diantar ke gudang utama lokasi pengirim / penjual online

Disponsori Dropbox Parcel / Kotak - Mitra BDO @  [Nama Daerah Agen Ninja XPress]
Berhasil dijemput dari pengirim - 
Paket sudah berada di agen Ninja Xpress menunggu penjemputan dari mobil Ninja Van untuk diantar ke gudang utama lokasi pengirim / penjual online. Semakin lama status di situs resmi paket kamu tidak bergerak dari lokasi tersebut artinya agen tersebut kurang bagus karena paket menginap berhari-hari di lokasi Agen Ninja Xpress tersebut



Parcel diturunkan di Parcel Dropoff Counter / Box - Mitra BDO @ Nama Daerah Agen Ninja XPress atau Paket telah diterima oleh Ninja Point (Ninja Xpress:
Paket sudah dipickup kurir Ninja Xpress atau Penjual sudah menyerahkan paket kamu ke agen Ninja Xpress. Semakin lama status di situs resmi paket kamu tidak bergerak dari lokasi tersebut artinya agen tersebut kurang bagus karena paket menginap berhari-hari di lokasi Agen Ninja Xpress tersebut

Pending Pickup at Distribution Point
Paket di drop  atau dikirimkan oleh Penjual di Agen Ninja Xpress


Berhasil dijemput dari pengirim
[Tokopedia/Bukalapak/Shopee/Lazada atau Nama Market Place lainnya]
Paket sudah dipickup kurir Ninja Xpress atau Penjual sudah menyerahkan paket kamu ke agen Ninja Xpress atau Gudang terdekat

Driver sedang menuju lokasi penjual untuk mengambil pesanan. atau 
Menunggu Penjemputan dari Ninja Van  atau Pesanan sedang dalam penjadwalan pick-up
Kurir sedang melakukan proses pengambilan paket ke Lokasi Penjual, pastikan Penerima mengaktifkan WA/No handphone dan menjawab jika kurir datang ke rumah/berteriak atau menghubungi melalui Handphone/WA

Pesanan dibuat
Penjual online sudah mencetak kode booking resi Pengiriman





WhatsApp 
+62 21 2926 4120

Email:
support_id@ninjavan co

https://www.ninjaxpress.co/id-id/contact-us


Facebook Resmi Ninja Xpress
https://web.facebook.com/ninjaxpressid/





 
Like us on Facebook