MASUKAN KATA DI KOTAK BAWAH INI UNTUK MENCARI.. LALU KLIK TOMBOL "SEARCH"

July 3, 2023

Kenapa Motor Matic Yamaha Sering Mati Mendadak ?

Baca Artikel Lainnya

Matic Yamaha selain dikenal vampir oli juga dikenal sering mati mendadak. Penyebab motor matic tiba-tiba mati yang utama adalah karena mesin motor kehilangan kompresi atau karena terhentinya proses pembakaran di mesin. Alhasil mesin pun jadi mati dan susah dihidupkan kembali.

Cara simpel dan sederhana adalah menembakan / memasukan oli ke ruang busi agar klep dan piston mau bergerak, tapi itu adalah langkah darurat, kemungkinan besoknya penyakit mati medadak ini akan kumat lagi

KLIK LINK BERIKUT UNTUK MELIHATBERBAGAI KASUS MOTOR MATIC YAMAHA MATI MENDADAK DI YOUTUBE

Kejadiaan mati mendadak ini tentu saja bisa membuat berbagai peralatan elektronik di motor tersebut rusak, seperti aki jadi soak, dan beberapa sensor jadi error

Lalu, apa sih yang menyebabkan motor kehilangan kompresi? Jika diduga ini biasanya disebabkan oleh setingan yang memaksa konsumsi BBM motor yang dipaksa terlalu hemat. Hilang kompresi disebabkan karena setelan bensin terlalu kering atau kurang bensin. Ini menyebabkan motor cepat panas dan akhirnya jadi mogok.

Kasus mogok ini sering sekali terjadi pada jalan turunan. Saat turunan banyak pengendara yang menutup gas secara penuh. Karena setelan kering ruang bakar kekurangan bensin yang akan mengakibatkan motor mati.

Motor matic yang kehilangan kompresi juga bisa diakibatkan karena jarang dipakai. Efeknya ring piston jadi menciut, kemudian kompresi hilang.

Kalau ini terjadi, tentu kamu perlu meninggikan kompresinya. Tidak sulit, caranya cukup dengan buka busi. Kemudian tutup lubang busi dengan kain dan tangan. Engkol motor, kalau dirasa kompresinya rendah atau angin yang keluar tidak kuat, maka benar penyebabnya adalah kompresi lemah.

 

Banyak hal dan alasan kenapa matic Yamaha sering mendadak mati saat baru jalan keluar rumah. Gejala umum motor matic tidak mau nyala adalah sebagai berikut

 

Penyebab Motor Matic Tiba-Tiba Mati

1. Gangguan pada Aki

Pada bagian aki motor matic, mungkin motor matic kalian mati dan tidak bisa dihidupkan kembali, karena adanya aki yang bermasalah. Jika aki motor sudah waktunya untuk diganti, kemungkinan besar ini juga akan terjadi masalah dari motor matic kalian susah untuk dinyalakan.

2. Rusaknya Dinamo Starter

Motor matic yang tiba-tiba mati dan sulit untuk dinyalakan bisa saja ini terjadi kerusakan pada dinamo starter. Ketika dinamo starter motor matic rusak kemungkinan ini bisa terjadi pada komponen lain, seperti magnet, commutator dan lilitan tembaga yang akan rusak.

3. Filter Udara/Filter Bensin/ Tthrottle body yang Kotor

Dimana ketika kondisi filter udara tersebut kotor, tidak menutup kemungkinan tarikan gas lebih berat. Alhasil mesin motor akan mudah mati. Untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya selalu periksa bagian bagian tersebut. Jika sudah tak layak paaki ganti dengan yang ori

 

4. Pengaturan Bahan Bakar yang Kurang Tepat

Salah satu penyebabnya bisa jadi karena settingan bahan bakar yang salah pada bagian karbu atau injeksi. Jika setingan tersebut dibiarkan, akibatnya motor akan sering mogok. Oleh karena itu untuk mendapatkan setingan terbaik, kami sarankan agar segera membawa motor matic ke bengkel agar diatur atau di setting oleh montir yang berpengalaman.

5. Bagian Pengapian Bermasalah

 

Pada pengapian terdapat sesuatu yang masalah, kemungkinan besar motor matic kalian akan mati dan mustahil kalau motor matic kalian akan menyala. Pada poin ini sangat rawan kalau tidak ada pengapian pada motor matic.

6. Kompresi yang Bermasalah

Kompresi yang bermasalah juga bisa terjadi motor matic anda tiba-tiba mati dan tidak bisa dinyalakan kembali. Selain itu, kompresi yang bermasalah menjadi salah satu penyebab motor matic ngempos saat digas, bahkan ini bisa terjadi motor matic semakin boros bahan bakar. Cara agar kopresi kembali padata adalah dengan mengganti Satu set Boring, Payung Klep, Piston dan ringnya

7. Tutup Tangki yang Bermasalah

 

Matinya motor matic secara mendadak juga bisa saja disebabkan karena kondisi tutup tangki benar-benar tertutup. Penyebab ini menjadi salah satu yang mungkin jarang terjadi. Walau begitu, perlu kita ketahui pada bagian tutup tangki ada sebuah lubang kecil berfungsi sebagai ventilator.

Jadi saat kondisi ventilator pada tutup tangki tertutup, akan menyebabkan aliran bahan bakar ke bagian karburator motor tidak akan lancar. Alhasil pembakaran pun tidak akan terjadi dengan sempurna karena tidak adanya campuran udara dan bahan bakar masuk ke ruang pembakaran.

8. Mesin yang Overheat

Penyebab pertama bisa disebabkan oleh kondisi mesin yang panas atau overheat. Sebab kondisi mesin yang panas akan mengakibatkan motor matic bisa mati mendadak. Penyebab mesin mengalami overheat diantaranya adalah tersumbatnya aliran sirkulasi oli di dalam mesin.

Kondisi seperti ini menyebabkan ring piston akan bergesekan dengan liner boring tanpa adanya pelumas. Akibatnya suhu mesin akan langsung memanas dan menyebabkan mesin mati mendadak.

 

9. Komponen Busi yang Rusak

Biasanya motor matic yang susah dihidupkan terjadi ketika busi motor rusak, karena terdapat busi yang sudah basah. Apalagi pada saat kalian mengendarai motor di musim hujan, sehingga ini akan membuat busi motor menjadi basah tiba-tiba mati serta tidak bisa dihidupkan kembali.

10. Klep Motor Kotor

Pada kondisi tersebut membuat motor bisa saja mati secara mendadak. Karena kondisi klep motor kotor atau settingan yang tidak benar akan membuat hilangnya kompresi pada mesin. Kotoran yang menumpuk pada bagian klep motor sendiri bisa didapat dari tumpukan karbon sisa pembakaran bahan bakar dengan kualitas rendah.

 

11. Injcctor atau Fuel Pump sudah Lemah

Fuel pump dan injector adalah dua part yang sistem kerjanya saling terkait, fuel pump memberikan bensin bertekanan menuju injector. Fungsi injector adalah mengubah bensin yang bertekanan yang berasal dari fuel pump agar mudah terbakar.

Jadi prinsip kerjanya mirip pilot jet yang ada di motor karburator. Jika salah satu atau keduanya bermasalah bisa dipastikan motor akan tidak enak atau tidak bisa dihidupkan dan  kadang bisa mati mendadak, sangat berbahaya apabila sedang melalui tanjakan cruam dan tiba-tiba mesin mati mendadak

 


 

 

Itulah salah satu alasan maling motor lebih pilih motor metik Honda, karana Matic Yamaha rata-rata baru jalan 5 sampai 10 meter tiba-tiba mesin motor bisa mati sendiri dan ada yang susah untuk dihidupkan lagi

 

Sekali tertengkap bisa dipukuli hingga sekarat atau dibakar warga yang tak ingin daerahnya jadi sasaran favorit maling

 

 

 
Like us on Facebook