July 7, 2013

Hebat ! Bahasa Indonesia Jadi Bahasa Kedua Di Australia


Menteri Negara Bagian Victoria untuk Usaha Kecil, Jasa dan Inovasi Louise Asher mengumumkan bahwa Pemerintah Koalisi Victoria menginvestasikan dana sebesar AUD10 ribu melalui Program Beasiswa Hamer untuk mendorong para profesional di Victoria belajar bahasa dan budaya Indonesia. Pasalnya, program Beasiswa Hamer perkuat hubungan dagang bilateral antara Indonesia dan Negara Bagian Victoria.


Hal ini diungkapkannya pada Selasa, 2 Juli 2013 di Melbourne untuk menyambut para penerima beasiswa Putaran Ketiga. Beasiswa Hamer diberikan kepada para profesional di Negara Bagian Victoria, Australia untuk belajar di Asia, salah satunya Indonesia.



"Dengan memperluas cakupan Beasiswa Hamer di Indonesia senilai AUD10 ribu, masyarakat Victoria dari beragam profesi akan dibekali dengan keahlian bahasa dan budaya yang berguna dalam membangun hubungan di dalam lingkungan ekonomi Asia yang semakin cepat bertumbuh," ujar Asher dalam siaran pers yang diterima Okezone, Jumat (5/7/2013).



Selain itu, Premier Negara Bagian Australia Dr. Denis Napthine mengatakan, upaya menjalin ikatan pendidikan di Indonesia melalui Beasiswa Hamer ini juga terkait dengan keberadaan Indonesia sebagai mitra dagang utama bagi Victoria.



"Perekonomian Indonesia adalah yang terbesar di Asia Tenggara, meningkat lebih dari enam persen setiap tahunnya dan diprediksikan menjadi negara dengan perekonomian terbesar keempat di dunia pada tahun 2050," ujarnya.



Lanjutnya, mendorong para profesional di Victoria untuk belajar Bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua kelak akan sangat bermanfaat bagi hubungan bilateral kedua negara.



Dalam Misi Perdagangan Terbesar (Super Trade Mission) ke Asia Tenggara yang terakhir, Dr. Denis Napthine mengungkapkan bahwa 50 Beasiswa Hamer diberikan setiap tahunnya selama empat tahun terakhir dengan total 200 penerima beasiswa. Program ini akan terus berlanjut dan mengikutsertakan profesional di Victoria yang ingin mengambil jurusan Sastra Indonesia secara langsung di Indonesia.



Selain Indonesia, Program Beasiswa ini juga disediakan bagi profesional Victoria yang ingin mempelajari bahasa dan budaya di Korea Selatan, Jepang, dan China. Beasiswa ini bernilai AUD10 ribu untuk China dan Indonesia, serta AUD15 ribu untuk Jepang dan Korea. 








references by http://adf.ly/RcTBe

 
Like us on Facebook