February 22, 2014

Sang Calo Penjualan WhatsApp Ke Tangan Facebook Kecipratan Uang 540 M

Proses pembelian WhatsApp oleh Facebook tak lepas dari jasa para penasehat keuangan kedua perusahaan itu. Mereka ialah Morgan Stanley yang merupakan penasehat WhatsApp dan Allen & Co di kubu
Facebook.


Nah, layaknya proses jual beli, kedua "calo" itu juga kecipratan komisi dengan nominal selangit. Laman New York Times, Kamis (20/2) menulis, Morgan Stanley mendapatkan komisi sebesar USD 45 juta atau sekitar Rp 540 miliar (USD = Rp 12.000).

Nominal itu diungkapkan lembaga Freeman & Co yang memang kerap menjadi proses merger atau akuisisi perusahaan. Kalaupun tidak mencapai Rp 540 miliar, Morgan Stanley diyakini mendapatkan komisi tak kurang sebesar Rp 420 miliar.

Selama ini, Morgan Stanley memang dikenal sebagai jago negosiasi. Keberhasilan itu membuat Morgan Stanley menduduki posisi puncak Thomson Reuters dalam daftar pembuat kesepakatan terbesar.
Proses pembelian WhatsApp oleh Facebook memang menjadi transaksi terbesar sepanjang 2014. Namun, akuisisi itu merupakan yang terbesar ketiga sejak krisis moneter silam.

Nah, selain Morgan Stanley, Allen & Co juga kecipratan bonus yang tak sedikit. Facebook selaku penggunan Allen & Co dikabarkan mesti menggelontorkan dana sebesar Rp 492 miliar.

Itu merupakan kisaran tertinggi komisi yang diterima Allen & Co. Kalaupun tak mendapatkan nominal tertinggi, Allen & Co diyakini mendapatkan upah di kisaran  Rp 372 miliar.


















references by  jpnn

 
Like us on Facebook