MASUKAN KATA DI KOTAK BAWAH INI UNTUK MENCARI.. LALU KLIK TOMBOL "SEARCH"

February 16, 2014

Inilah Tipe Orang-Orang Yang Mudah BerHutang

Baca Artikel Lainnya


Kita berutang karena berbagai alasan, terutama untuk sesuatu yang tidak bisa kita kontrol. Misalnya saja kecelakaan dan butuh uang untuk biaya rumah sakit atau kehilangan pekerjaan membuat kita selama beberapa bulan hidup dengan kartu kredit. Berhutang untuk membeli sesuatu yang jumlahnya sangat besar seperti mobil atau rumah juga lazim kita lakukan.


Apa pun alasannya, utang bisa membuat kepala pusing, tidak bisa tidur tenang malam hari, selalu gelisah, uring-uringan. 

Sebagian orang terpaksa berutang di tempat lain untuk membayar utangnya dan ini menjadi lingkaran setan yang sulit diputus. Hal ini sebenarnya bisa dihindari dengan bersikap disiplin dan bijaksana dalam menggunakan uang.

Secara umum ada beberapa tipe orang yang memang mudah berutang:

1. Tak mau kalah dengan orang lain
Tanyakan pada diri sendiri, apakah Anda merasa perlu membeli sesuatu hanya karena orang lain menggunakannya? 
Jika memang iya, tahanlah diri agar tidak selalu ingin sama dengan orang lain.

Akan selalu ada orang yang bisa lebih dari pada Anda atau bisa membeli sesuatu lebih dari yang bisa kita lakukan. Jika Anda tidak punya cukup uang, jangan memaksakan diri untuk mencicil. Apalagi jika belum lunas mencicil gadget, Anda sudah membeli tas, kendaraan bermerek, dan lain-lain yang juga dibayar dengan cara cicilan.

2. Tidak realistis
Siapa yang tidak mau tinggal di rumah impian dan menyetir mobil impian? Atau setiap liburan selalu ingin jalan-jalan ke luar negeri. Tak ada yang salah dengan menggapai mimpi. Namun, jangan lupa untuk menginjak bumi. Apakah gaji Anda sekarang cukup untuk membayar cicilan tersebut.

3. Beli yang tidak dibutuhkan
Mungkin Anda berkilah selalu mampu membayar setiap tagihan kartu kredit secara lunas setiap bulannya. Tetapi jika Anda terbiasa membeli barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan, bukan tidak mungkin hobi belanja ini suatu saat menjadi tidak terkontrol.

4. Tidak punya tabungan
Jika Anda tidak memiliki tabungan, bagaimana Anda akan membayar pengeluaran tak terduga? Tentu dengan berutang. Hampir sebagian besar orang tidak memiliki tabungan yang bisa menutupi pengeluaran mereka selama tiga bulan jika terjadi hal darurat seperti kehilangan pekerjaan atau membayar biaya rumah sakit.

Jika Anda hanya mengandalkan gaji untuk hidup dari hari ke hari dan tidak memiliki tabungan, satu langkah keliru bisa membuat Anda jatuh pada bencana finansial. Jika sulit menambah penghasilan tambahan, mulailah untuk mengurangi pengeluaran.

5. Tidak membuat anggaran
Kapan terakhir kali Anda melakukan evaluasi pada anggaran yang sudah dibuat? Atau memang tak pernah membuat anggaran? Membuat perencanaan keuangan memang terkesan rumit sehingga banyak orang lebih memilih mengikuti arus saja.

Tetapi, duduk sebentar dan membuat anggaran keuangan selama mingguan atau bulanan akan membantu kita mengetahui ke mana "larinya" uang jika terjadi kekurangan. Jika Anda serius ingin membereskan keuangan, mulailah belajar membuat anggaran dan bersikaplah disiplin terhadap rencana yang sudah disusun. 




Semoga bermanfaat 













references by kompas

 
Like us on Facebook