March 26, 2014

Pengaruh Internet & Jejaring Sosial Terhadap Perilaku Konsumen

 http://www.retailtechnologyreview.com/assets/files/images/19_02_14/onlineshopping.jpg
Ponsel pintar dan internet berpengaruh lebih besar pada kehidupan Anda dari yang diperkirakan, terutama dalam hal berbelanja. Bukan hanya membuat Anda bisa belanja hanya dengan satu klik, tapi juga memicu seseorang jadi konsumen yang kritis.


Interactions marketing melakukan penelitian untuk membaca tren kebiasaan konsumen. Survei online pun dilakukan pada sejumlah konsumen wanita. Diketahui, 91 persen, wanita melakukan survei untuk mengetahui review produk sebelum mereka berbelanja. Lalu, sebanyak 37 persen melakukan penelitian tentang produk yang dibeli sambil berbelanja.

Review produk bisa ditemukan dimanapun, blog, Twitter, Path, Facebook atau mungkin testimoni dari teman-teman terdekat. Hal ini bagi wanita ternyata sangat berpengaruh dalam hal membuat keputusan dalam berbelanja sebuah produk.

Sebagian besar wanita pun menyukai makin banyaknya orang menulis secara detail review produk. Tak peduli apakah produk tersebut biasa saja, luar biasa atau malah mengecewakan. Review dianggap sangat membantu orang lain dalam hal product knowledge sehingga mendapatkan produk yang benar-benar sesuai kebutuhan.
http://cdn2.gbtimes.com/cdn/farfuture/wt3gZNvy_mH8AkpukNp9WV8wRwUgkv7A1zdP0T5wVyc/mtime:1387200670/sites/default/files/styles/768_wide/public/2013/11/14/virtual_shopping.jpg?itok=1Vw9YNdU

Jadi, meskipun kita menganggap diri independen dalam hal membelanjakan uang, itu tidak selalu terjadi. Penelitian ini mengungkap fakta yang tak disadari tentang cara dan kebiasaan baru kita dalam berbelanja. Yaitu, selalu melakukan riset, mencari review, dan tak ketinggalan membandingkan harga di internet untuk produk serupa. Semuanya hanya tinggal klik saja.


Ketika suatu toko menjual dengan harga mahal, kualitas barang, pelayanan, keramahan pelayanan maka orang yang membeli tersebut akan memberitahukannya pada temen-temannya jika buruk akan berdampak negatif pada penjualan sehingga tidak ada lagi orang yang membeli di toko/tempat tersebut.Namun sebaliknya, jika toko tersebut menjual jasa/produk/barang yg bagus dan harganya tidak terlalu mahal dibanding, serta pelayanannya baik, kejujuran penjual maka orang tersebut akan merekomendasikan kepada teman-temannya agar jika membeli produk/jasa ditoko Anda tersebut.

http://www.retailtechnologyreview.com/assets/files/images/12_12_12/window-shopping_116669821.jpg

Apalagi dizaman teknologi saat sekarang ini, dimana informasi bisa menyebar dengan cepat, jadi berhati-hatilah jika Anda seorang yg punya toko/jualan barang, jangan sampai salah satu orang pelanggan Anda kecewa, kepercayaaan lebih mahal harganya dibandingkan dengan uang yang Anda dapat dari beberapa konsumen yg telah Anda rugikan karena produk yg terlalu mahal dibadning toko lainnya, layanan yang buruk dan lainnya.
https://darrylredmond.files.wordpress.com/2012/04/online-shopping-2.jpg?w=300&h=224







references by http://adf.ly/hUF7w

 
Like us on Facebook