February 25, 2018

Fitur & Spesifikasi Samsung Galaxy S9

Baca Artikel Lainnya

Samsung Galaxy S9 S9 akan diluncurkan Senin 26 Februari 2018 ini, dan pada dasarnya, setiap aspek dari telefon tersebut telah bocor. Samsung Galaxy S9 adalah kelanjutan dari kesuksesan panjang Galaxy S8 tahun lalu. Dengan seri ponsel Galaxy S miliknya, Samsung biasanya memanfaatkan konferensi Mobile World Congress (MWC) tahunan di Barcelona sebagai ajang perkenalan.


Perusahaan tersebut biasanya meluncurkan telefon satu atau dua hari sebelumnya. Namun tahun ini berbeda , bos Mobile Samsung telah mengkonfirmasi bahwa debutnya akan terjadi di MWC 2018.

Tahun ini, MWC 2018 akan dimulai 26 Februari sampai 1 Maret dan konferensi pers Samsung Galaxy S9 dilaksanakan satu hari sebelum nya, pada tanggal  25 Februari.

Samsung Galaxy S9 mungkin tidak langsung tersedia di toko setelah peluncuran. Seperti Galaxy S8 tahun lalu yang belum mulai dijual sampai tiga minggu setelah diluncurkan.

The Sun menyebut, menurut sumber terpercaya dan jurnalis teknologi Evan Blass, Samsung baru akan membuka pemesanan pada 1 Maret dan tanggal rilis yang pasti adalah tanggal 16 Maret.

Spesifikasi, fitur, dan desain
Samsung Galaxy S9 akan menjadi ponsel kelas atas yang berarti akan memiliki desain apik dan fitur terkini.

Untuk desain, banyak yang berharap bisa melihat gaya yang serupa dengan Galaxy S8. Hal itu berarti layar depan dengan bezel yang lebih tipis yang Samsung sebut “Infinity Display”.

Rumor dari sumber di industrinya menunjukkan bahwa layar Super AMOLED 5,8 inci yang sama akan dipertahankan juga dengan rasio aspek 18,5: 9 yang unik untuk boot.

Hasil akhirnya bisa menjadi ponsel space-age ramping dengan rasio layar 90% yang luar biasa, naik dari 84% di Galaxy S8.

Beberapa ahli percaya Samsung bisa menggunakan teknologi baru dari Qualcomm atau Synaptics untuk menempatkan pemindai sidik jari di bawah layar.

Hal itu bisa memuaskan penggemar yang menginginkan Samsung memindahkan sensor ke bagian belakang ponsel.

Penempatan sensor yang kurang tepat membuat pengguna sering mendapati dirinya mengecap kamera dengan jari mereka.

Kamera Samsung Galaxy S9 diperkirakan akan mengalami perubahan besar-besaran seperti diumumkan dalam ajang resmi MWC 2018 di Singapura. Perusahaan tersebut mengatakan akan "mencermati ulang" fotografi smartphone.

ET News Korea melaporkan, Samsung sedang mengerjakan pengambilan video gerakan lambat yang luar biasa.


Ternyata, raksasa teknologi Korea Selatan itu sedang mengembangkan kamera yang bisa merekam video dengan kecepatan 1.000 frame per detik dan akan mengalahkan pesaingnya. Sebagai perbandingan, iPhone baru milik Apple X hanya memotret video slow-mo 240 frame per detik.

Kinerjanya mungkin akan menjadi besar juga. Ponsel ini kemungkinan menggunakan prosesor Exynos 9810 milik Samsung sendiri atau Snapdragon 845 yang juga kuat dari Qualcomm.

Snapdragon 845 adalah chip inti okta yang beroperasi di 2.8GHz dan dikatakan menawarkan dorongan kinerja 30% dari pendahulunya.

Samsung Galaxy S9 vs iPhone X, siapa menang?
Dominic Sunnebo, Global Director di Kantar Worldpanel ComTech memperkirakan pemenang dalam pertempuran para raksasa: Galaxy S9 melawan iPhone X.

Menurut Dominic Sunnebo, iPhone X "bermain mempertipis ketertinggalan" dengan Galaxy S8 tahun lalu, tetapi Samsung harus tetap berada di depan untuk bersaing dengan merek Apple yang kuat.

"Hampir pasti bahwa Galaxy S9 akan menampilkan kamera dual-lens dan prosesor Exynos in-house terbaru untuk menggabungkan kemampuan Qualcomm 845 yang baru, yang memungkinkan pengisian baterai 50% hanya dalam 15 menit," Katanya.

Harga Samsung Galaxy S9
Untuk sementara kami tidak akan tahu harga resminya, tapi cukup adil untuk mengatakan bahwa harga Samsung Galaxy S9 mungkin akan sangat mahal.

Galaxy S8 tahun lalu dijual dengan harga yang sangat tinggi yaitu 689 Poundsterling, naik drastis dari Galaxy S7. Harga Samsung Galaxy S8 lebih sesuai dengan rivalnya,  iPhone 8 seharga 699 Poundsterling.

Rumor terbaru menunjukkan bahwa kita bisa membeli Galaxy S9 seharga Rp 19 juta atau mahal dari model tahun lalu. Dominic Sunnebo memperkirakan bahwa harga produk terbaru ini adalah 789 poundsterling.

Dominic Sunnebo memperkirakan harga Samsung Galaxy S9 akan jauh lebih mahal.

"Galaxy S8 menjadi penawaran premium Samsung sampai saat ini dan tersedia di Inggris dengan harga 869 Poundsterling ," kata Dominic Sunnebo.

"Rilis seri Galaxy S biasanya harganya di bawah Samsung Galaxy Note. Jadi, kita memperkirakan harga peluncurannya sekitar 829 Poundsterling ," ujarnya.


Raksasa teknologi asal Korea Selatan tersebut akan menghelat momen besar peluncuran dua smartphone jagoannya ini lewat gelaran bergengsi Mobile World Congress (MWC) 2018 di Barcelona, Spanyol.

Seperti diketahui, President of Mobile Communications Business Samsung Electronics DJ Koh, mengungkap Galaxy S9 dan S9 Plus menjadi smartphone pertama yang meluncur pada 2018.

NETWORKTechnologyGSM / HSPA / LTE
LAUNCHAnnounced2018, February
StatusComing soon. Exp. release 2018, March
BODYDimensions147.7 x 68.7 x 8.5 mm (5.81 x 2.70 x 0.33 in)
Weight163 g (5.75 oz)
BuildFront/back glass (Gorilla Glass 5), aluminum frame
SIMSingle SIM (Nano-SIM) or Hybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
- Samsung Pay (Visa, MasterCard certified)
- IP68 certified - dust/water proof over 1.5 meter and 30 minutes
DISPLAYTypeSuper AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Size5.8 inches, 84.8 cm2 (~83.6% screen-to-body ratio)
Resolution1440 x 2960 pixels, 18.5:9 ratio (~570 ppi density)
MultitouchYes
ProtectionCorning Gorilla Glass 5
- 3D Touch (home button only)
- Always-on display
PLATFORMOSAndroid 8.0 (Oreo)
ChipsetExynos 9810 Octa - EMEA
Qualcomm MSM8998 Snapdragon 845 - USA & China
CPUOcta-core (4x2.8 GHz Mongoose M3 & 4x1.7 GHz Cortex-A55) - EMEA
Octa-core (4x2.7 GHz Kryo 385 Gold & 4x1.7 GHz Kryo 385 Silver) - USA & China
GPUMali-G72 MP18 - EMEA
Adreno 630 - USA & China
MEMORYCard slotmicroSD, up to 256 GB (uses SIM 2 slot) - dual SIM model only
Internal64/128/256 GB, 4 GB RAM
CAMERAPrimary12 MP (f/1.5-2.4, 26mm, 1/2.5", 1.4 ┬Ám, Dual Pixel PDAF), phase detection autofocus, OIS, LED flash
FeaturesGeo-tagging, simultaneous 4K video and 9MP image recording, touch focus, face/smile detection, Auto HDR, panorama
Video2160p@60fps, 1080p@60fps, 720p@960fps, HDR, dual-video rec.
Secondary8 MP, f/1.7, autofocus, 1440p, dual video call, Auto HDR
SOUNDAlert typesVibration; MP3, WAV ringtones
LoudspeakerYes, with stereo speakers
3.5mm jackYes
- 32-bit/384kHz audio
- Active noise cancellation with dedicated mic
COMMSWLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE, aptX
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO
NFCYes
RadioFM radio (USA & Canada only)
USB3.1, Type-C 1.0 reversible connector
FEATURESSensorsIris scanner, fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer, heart rate, SpO2
MessagingSMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
BrowserHTML5
- Samsung DeX (desktop experience support)
- Fast battery charging (Quick Charge 2.0)
- Qi wireless charging
- ANT+ support
- Bixby natural language commands and dictation
- MP4/DivX/XviD/H.265 player
- MP3/WAV/eAAC+/FLAC player
- Photo/video editor
- Document editor
BATTERYNon-removable Li-Ion 3000 mAh battery (11.55 Wh)
MISCColorsMidnight Black, Coral Blue, Titanium Gray, Lilac Purple
PriceAbout 840 EUR





ada beragam fitur terbaru yang disematkan pada kedua flagship smartphone terbaru ini.

Mengenai harga Galaxy S9 dibanderol US$ 720 atau sekitar Rp 9,6 juta, sedangkan Galaxy S9 Plus lebih mahal US$ 120 (Rp 1,6 jutaan) atau tepatnya US$ 840 (Rp 11,3 jutaan).

Keduanya bisa di pesan mulai 2 Maret 2018 di pasar Amerika Serikat dan produk akan diterima pembeli pada 16 Maret 2018.

Namun sayang, Samsung belum mengumumkan kapan Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus bisa dipesan di negara lain (di luar pasar Amerika Serikat).


Ada beberapa keunggulan kamera Samsung Galaxy S9 seperti clue yang diunggah Samsung dalam videonya di channel resmi Samsung di YouTube beberapa waktu lalu.

Pertama, kamera smartphone ini dibekali kemampuan dual aperture yang bisa mengadaptasi berbagai kondisi cahaya saat memotret. Dual aperture Galaxy S9 adalah F1.5, yang merupakan bukaan besar untuk mengakomodasi kondisi minim cahaya.

Kehadiran aperture besar (F1.5) pada Galaxy S9 ini merupakan yang pertama kalinya hadir pada smartphone. Tujuannya adalah menghadirkan fotografi low light lebih baik.

Karena kamera Galaxy S9 tidak hanya hadir untuk mengakomodasi fotografi dalam kondisi minim cahaya, Samsung menghadirkan aperture kedua yakni F2.4 pada kameranya agar tetap bisa memotret dalam kondisi cahaya normal.



Keunggulan kedua pada kamera Samsung Galaxy S9 adalah fitur perekaman super slow-motion yang menghasilkan video 960 frame per second (fps) dengan resolusi 1.080 piksel.

Dengan fitur perekaman super slow-motion ini, pengguna Galaxy S9 bisa mengakomodasi pengguna merekam momen yang terjadi cepat menjadi bisa dinikmati dan ditampilkan dengan efek dramatis.

Dengan efek super slow-motion ini, perekaman sebuah momen cepat 0,2 detik bisa menjadi 6 detik.

Selain itu, perekaman dengan efek super slow-motion pada Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus bisa dilakukan secara multi-capture hingga 12 kali.

Keunggulan kamera Samsung yang ketiga adalah adalah kemampuan Augmented Reality (AR) pada kamera yang direalisasikan menjadi AR Emojis.

Dengan AR Emojis, pengguna bisa menjadikan fotonya menjadi emoji dalam bentuk GIF atau stiker. Asyiknya lagi, emoji-emoji ini bisa dikirim ke pesan instan.

Sementara untuk kamera depan Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus sama-sama memiliki resolusi 8MP dengan bukaan f/1.6.

references by pikiranrakyat, lipotan6, gsmarena

 
Like us on Facebook