February 19, 2018

Nvidia Kembangkan CCTV Pengenal Wajah

Baca Artikel Lainnya

Perusahaan teknologi yang dikenal pionir di bidang kartu grafis, Nvidia, kini terjun ke gadget papan atas yang akan jadi fitur penting di kota cerdas atau Smart City yang kini mulai dikembangkan di seluruh dunia.


Melansir Mashable, Nvidia menggandeng developer AI AnyVision untuk mengembangkan pengenalan wajah untuk dipasang di kamera pengawas CCTV.

AnyVision mengklaim bahwa teknologi ini memungkinkan kamera pengawas untuk terus menerus memindai wajah selama 24 jam non-stop ketika mengawasi suatu objek. Kamera pengawas ini nantinya juga secara otomatis mengidentifikasi dan melacak individu dalam kerumunan besar, dengan tingkat akurasi 99 persen.

Algoritma yang bekerja dengan monitor yang diawasi manusia ini, nantinya dapat membandingkan wajah yang diidentifikasi dan dicocokkan dengan database teroris atau penjahat yang sudah ada.

Teknologi ini pun bisa diaplikasikan ke semua platform: mulai komputer laptop, desktop, tablet dan smartphone.

Inisiasi ini merupakan bagian dari proyek Metropolis milik Nvidia. Di proyek ini, Nvidia bermitra dengan berbagai perusahaan di seluruh dunia untuk mengembangkan teknologi pengawasan berbasis AI. Berbagai perusahaan yang telah digandeng Nvidia antara lain Cisco, Genetec, Omni AI, serta MotionLoft.

Teknologi ini diharapkan berguna untuk pencegahan dari tindak kriminal besar yang bisa menghabisi banyak nyawa. Namun di sisi lain, sisi privasi tiap individu bisa terabaikan.


references by merdeka

 
Like us on Facebook