Koil motor umur pemakaiannya bisa panjang.. Bahkan ada umur pemakaian koil yang bisa lebih dari 100.000 kilometer. Koil sendiri memang bukan termasuk komponen fast moving yang harus diganti secara berkala.
Usia pakaiannya panjang dan jarang rusak jika kondisi komponen kelistrikan di motor terus dijaga dan tidak merubah arus AC ke DC tanpa perhitungan matang dan asal merubah arus. Kebanyakan pemilik motor mengganti koil jika sudah bermasalah berat, atau mengganti dengan produk aftermarket/racing untuk tingkatkan performa.
koil motor atau coil ignition adalah sparepart yang jarang rusak pada motor dalam kondisi mesin dan busi standar. Koil merupakan komponen penting yang ada pada sistem pengapian kendaraan. Jika belum tahu, koil merupakan kabel yang menghubungkan dari aki motor ke bagian busi.
Fungsi koil adalah untuk meningkatkan tegangan rendah dari aki menjadi lebih tinggi. Tegangan sebesar 12 volt yang berasal dari aki diubah menjadi 30.000 volt untuk menyalakan pembakaran di ruang bakar. Jika kondisi koil sudah rusak, tentu besaran tegangan yang dibawa koil menjadi menurun, sehingga pembakaran tidak optimal.
koil yang sudah rusak, ciri dan tanda yang paling mudah diketahui adalah salah satunya motor sulit untuk dinyalakan/dihidupkan baik saat mesin dingin maupun meski sudah dipanaskan. bagaimana cara mendeteksi koil motor yang rusak?
Deteksi koil rusak bisa dengan cara manual, salah satu langkahnya dengan mencabut tutup kop dan businya,
Langkah selanjutnya, untuk mengetahui kondisi koil yang rusak, bisa dengan menempelkan ujung kabel koil ke massa atau besi.. putar kunci kontak ke posisi ON, nyalakan starter sambil tempelkan ujung kabel koil ke massa, lihat kondisi percikan apinya.
Bila kondisi percikan api berwarna merah tandanya koil lemah dan kalau percikan biru koil masih bagus.
Ciri lain bila koil rusak bisa ditandai ketika mesin motor dalam kondisi panas, tiba-tiba pengapian berhenti, otomatis motor mogok. Kalau koil rusak juga bisa ditandai dari mesin motor yang tiba-tiba mati saat sedang digunakan, maka dari itu kalau otor mogok., Para mekanin terlebih dulu membuka busi kemudian diliat percikan apinya
Sebaliknya jika percikan kecil bahkan tidak keluar bisa jadi part ini sudah benar-benar rusak. Namun tidak keluarnya percikan api pada koil ini bisa jadi part lainnya, seperi CDI dan spul yang mengalami kerusakan. Untuk mengetahui kualitas koil di motor, coba diuji perlu juga diuji avometer.
Koil motor harian, tahanan kabel primer 0,64~0,78 ohm lalu kabel sekunder 11,4~14,0 kilo ohm. Dengan angka ini, kerenggangan gap busi sekitar 0,75 mm agar apinya besar dan biru.
ada penyebab umur koil motor semakin pendek dan koil cepat rusak, Yaitu Pemakaian busi yang tidak sesuai dengan spesifikasi mesin motor sering kali jadi penyebab koil motor rusak. perhatikan kode busi bawaan motor saat ganti busi baru dan pastikan juga keaslian busi tersebut
Pemakaian busi-busi racing yang tidak sesuai dengan spesifikasi mesin juga bisa menyebabkan koil motor jadi cepat rusak atau mati, Biasanya, koil motor mati atau rusak disebabkan oleh lilitan di dalamnya ada yang putus