MASUKAN KATA DI KOTAK BAWAH INI UNTUK MENCARI.. LALU KLIK TOMBOL "SEARCH"

January 16, 2023

Chip M2 Extreme Silicon Hadir Pada Apple Mac Pro 2023

Baca Artikel Lainnya

Apple Mac Pro dengan CPU berkinerja tinggi yang akan datang segera hadir. Desain yang sama dengan tampilan Mac Pro 2019. Dari kabar yang beredar Mac Pro terbaru  menampilkan arsitektur silikon System-on-chip (SOC) yang terkenal dari raksasa Cupertino, dari chip M-series-nya. 
 



Selain itu, spekulan mengklaim bahwa  Mac Pro Apple baru ini tidak akan mengizinkan pengguna untuk memperluas memori akses acaknya,  hanya dapat diupgrade setelah pembelian atau melalui pusat layanan Apple. 

 

Power On Newsletter Mark Gurman mengatakan  rilis komputer dari Apple untuk tahun ini, dengan versi Mac Pro yang diperbarui segera hadir.   

Versi baru ini masih  menggunakan desain yang mirip dengan CPU terkenal versi 2019, bersama dengan kisi-kisi dan lapisan casing aluminiumnya.

Disebut-sebut  bahwa ini adalah produk akhir Apple untuk beralih ke chip Silikon seri-M saat dirilis, berarti tidak akan ada lagi iMac Pro yang akan segera hadir. 

 

Apalagi, ini akan berpusat pada satu varian saja, dari pengembangan Apple, mengingat Mac Pro tingkat atas hanya berlaku untuk ceruk pasar dan konsumen tertentu.

Menurut  MacRumors , Mac pro 2023 akan menampilkan chip M2 Extreme Silicon, semikonduktor terbaru dari Apple yang mengikuti arsitektur M2 2022.

 

Selain itu, itu tidak akan memiliki fitur RAM yang dapat diperluas pengguna yang terkenal dari Mac Pro 2019, dan tidak akan memungkinkan DIYers untuk menukar atau meningkatkan chip memori mereka. \\

 



Apple juga membatalkan rencananya untuk membuat Mac Pro 48 inti CPU dan 152 inti GPU untuk tahun ini, tidak seperti versi sebelumnya.

Perkembangan Mac Apple

Salah satu bocoran teratas untuk pengembangan Mac Pro adalah dari analis dan orang dalam terkenal, Mark Gurman, yang sebelumnya mengklaim bahwa itu akan  tersedia pada tahun 2022  dengan chip seri-M terbaru, M2 Extreme.

Namun, laporan lebih lanjut mengklaim bahwa komputer tidak akan tersedia lagi untuk tahun lalu dan akan memindahkan rilisnya ke awal 2023. 

 Mac Pro tersebut sudah siap untuk  periode pengembangan dua tahun , sesuai kebocoran awal pada tahun 2020 untuk versi perangkat berikutnya. Meski begitu, target awalnya adalah 2022, tetapi pengembangannya tidak memotong waktu dari jadwalnya.   

Gurman menyarankan agar pengembangan Apple akan melihat lebih banyak komputer Mac dirilis tahun ini untuk dinikmati semua orang, dengan iMac M3 juga akan hadir.

Sebelumnya Apple's Mac Pro 2019 menampilkan chip bertenaga Intel untuk prosesnya dan belum diperbarui ke seri-M terbaru ketika beralih pada tahun 2020. 


Meskipun pembaruan terlambat, Apple masih memiliki rencana besar untuk CPU profesional segera hadir, dengan lebih untuk menawarkan dunia tahun ini, bersama dengan chip M2 terbaru.

 

Ada 2 seri yakni M2 Pro dengan maksimal 12 core CPU dan 19 core GPU, dan M2 Max dengan 12 core CPU dan 38 core GPU. Salah satu upgrade besar yang dihadirkan Apple pada Mac Mini M2 adalah dukungan chipset Apple M2 dan M2 Pro. Selain itu, Mac Mini M2 juga datang dengan dukungan hingga 3 eksternal display, adaptor WiFi baru, serta port yang lebih lengkap. Chipset M2 pada Mac Mini M2 memiliki 8-core CPU dan 10-core GPU dengan bandwith yang lebih tinggi dan media engine lebih powerful. Chipset tersebut disandingkan dengan RAM 16GB yang bisa di-upgrade hingga 24GB. Untuk penyimpanan internal, Mac Mini M2 datang dengan pilihan SSD 256GB, 512GB, 1TB, dan 2 TB.

 

 

Sementara itu, Mac Mini M2 Pro dibekali dengan 2 konfigurasi yaitu CPU 10-core dan GPU 16-core serta CPU 12-core dan GPU 19-core. Chipset Mac Mini M2 Pro disandingkan dengan RAM 16GB yang bisa diupgrade hingga 32GB.Mac Mini M2 Pro memiliki opsi penyimpanan internal hingga 8TB SSD. Mac Mini M2 dan Mac Mini M2 Pro dibekali dengan WiFi 6E dan Bluetooth 5.3. Tidak hanya itu saja pada chip M2 Pro memiliki UMA (unified memory architecture) maksimal 32 Gb dan M2 Max 96 Gb. teknologi UMA sendiri memang sudah dikembangkan oleh Apple sejak lama, teknologi ini di klaim bisa melakukan pemrosesan data berkali-kali lipat lebih cepat dari pada memori normal pada umumnya. 

 

Melalui officialnya Apple juga sudah merilis hasil Benchmark untuk produknya menggunakan aplikasi final cut pro 3 dimana ada peningkatan 11.6x untuk Macbook Pro dari versi chip M1 ke chip M2 dan 15.9x untuk Macbook Pro dari chip M1 ke chip M2 Max. Adapun port yang disediakan oleh Mac Mini M2 meliputi HDMI 2.1, Thunderbot 4 (2x), USB, headphone jack 3,5mm, dan kabel LAN. Mac Mini M2 Pro memiliki port yang sama dengan Mac Mini M2, hanya saya port Thunderbolt 4 berjumlah 4. Mac Mini M2 dan Mac Mini M2 Pro dijual dengan sistem pre-order sejak 17 Januari 2023. Sedangkan penjualan in-store perdananya akan dilakukan pada 24 Januari 2023.


Mac Mini 2023 dengan chipset M2 dijual denagn harga mulai dari USD 599, berkisar Rp9 jutaan, dan Mac Mini M2 Pro dijual dengan harga mulai dari USD 1299 atau sekira Rp19 jutaan.


 

 

references by babel ,selularID

 
Like us on Facebook