MASUKAN KATA DI KOTAK BAWAH INI UNTUK MENCARI.. LALU KLIK TOMBOL "SEARCH"

December 27, 2023

Cara Nonaktifkan Kurir Rekomendasi Tokopedia

Baca Artikel Lainnya

Kurir Rekomendasi merupakan gabungan kurir atau jasa ekspedisi, sehingga proses kirimnya akan lebih lama dari yang memilih kurir 1 ekepedisi saja. Karena dari Proses Pickup/ Drop paket. sorting, sampai digudang dan proses pengiriman paket akan lebih lama karena selalu berganti ganti kurir dan gudang dari berbagai ekspedisi / jasa pengiriman



Bagi  Seller atau Pembeli yang tetap ingin menggunakan dan mangaktifkan kurir rekomendasi dan tidak masalah jika paket yang dibeli tidak digunakan secara urgent/cepat dipakai, wajib centang asuransi pengiriman. Karena jika barang hilang kamu bisa ajukan klami 100% seharga barang, karena sering berpindah pindah gudang dan tangan maka resiko hilang kemingkinan tinggi..  disarankan harga paket yang receh-receh jika ngotot ingin menggunakan kurir rekomendasi

SAAT INI PIHAK JASA EKSPEDISI JASA KURIR YANG BEKERJASAMA DENGAN KURIR REKOMENDASI TOKOPEDIA ADALAH

  • Anteraja
  • SiCepat
  • JNE
  • Lion Parcel
  • ID Express
  • J&T
  • SAP EXPRESS atau SAPX

CARA MENGETAHUI PENJUAL / SELLER DI TOKOPEDIA YANG GUNAKAN KURIR REKOMENDASI

PC/Laptop


1. Klik Barang yang akan dibeli


2. Klik tulisan "Lihat Pilihan Kurir"

  > dibagian Teks REGULER , Cari apakah ada tulisan KURIR REKOMENDASI nya atau tidak

kalau ada berarti Seller / Penjual di Tokopedia tersebut menggunakan  dan mengaktifkan jasa pengiriman KURIR REKOMENDASI





Cara mudah meaonaktifkan / mematikan Kurir Rekomendasi Sebagai Seller / Penjual

PASTIKAN FITUR BAYAR DITEMPAT /COD DINONAKTIFKAN TERLEBIH DULU


  • Buka Pengaturan Toko
    Buka Pengaturan Toko
  • Masuk ke Tab Pengiriman
    Masuk ke Tab Pengiriman 
     
  •  Unceklist  Kurir Rekomendasi
    Pilih Kurir Rekomendasi 
     
  •  Klik Simpan
    Klik Simpan




CARA MELIHAT TOKO YANG MENGGUNAKAN / AKTIFKAN KURIR REKOMENDASI TOKOPEDIA


1. Kunjungi barang yang akan dibeli


2.  Klik LIHAT PILIHAN KURIR, Apabila ada KURIR REKOMENDASI, bisa dipastikan toko tersebut mengaktifkan kurir rekomendasi

3. Bisa juga saat setelah pemilihan pembayaran, klikk tulisan DETAIL. lihar dibagian jasa pengiriman. Jika ada tulisan KURIR REKOMENDASI REGULER berarti toko tersebut mengaktifkan kurir rekomendasi




Syarat dan Ketentuan Kurir Rekomendasi merupakan bagian dari Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi Tokopedia. Penggunaan layanan Kurir Rekomendasi tunduk pada Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi, Kebijakan Privasi, dan Syarat dan Ketentuan yang tertulis di bawah ini. Pengguna disarankan membaca dengan seksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban pengguna secara hukum.

Dengan mendaftar dan/atau menggunakan situs www.tokopedia.com, maka pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam Syarat dan Ketentuan. Syarat dan Ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Pengguna dengan PT Tokopedia. Jika pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat dan Ketentuan, maka pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan di www.tokopedia.com.

A. DEFINISI

  1. Tokopedia adalah PT Tokopedia dan seluruh afiliasi atau anak perusahaannya, suatu perseroan terbatas yang menjalankan kegiatan usaha jasa web portal www.tokopedia.com yakni situs pencarian toko dan barang yang dijual oleh penjual terdaftar.
  2. Situs/Aplikasi adalah situs www.tokopedia.com milik Tokopedia yang dapat diakses melalui desktop site dan/atau aplikasi yang berbasis Android atau iOS.
  3. Pengguna adalah pihak yang menggunakan layanan Tokopedia, termasuk namun tidak terbatas pada pembeli, penjual maupun pihak lain yang sekedar berkunjung ke Situs/Aplikasi.
  4. Penjual adalah Pengguna terdaftar yang melakukan tindakan buka toko dan/atau melakukan penawaran atas suatu Barang kepada para Pengguna Situs Tokopedia.
  5. Pembeli adalah Pengguna terdaftar yang melakukan permintaan atas Barang yang dijual oleh Penjual di Situs Tokopedia.
  6. Mitra adalah PT Semangat Logistik Andalan, yaitu perusahaan manajemen pengurusan jasa transportasi barang yang bekerjasama dengan Tokopedia untuk menyediakan Layanan Kurir Rekomendasi kepada Pengguna melalui Situs/Aplikasi.
  7. Kurir adalah pihak ketiga  yang bekerja sama dengan Mitra untuk melakukan pengiriman Barang reguler dan penjemputan Barang kepada Pengguna melalui Situs/Aplikasi, termasuk namun tidak terbatas pada SiCepat, AnterAja, JNE, Lion Parcel, J&T dan SAP Express.
  8. Layanan Kurir Rekomendasi adalah layanan pengiriman Barang yang pengurusannya dilakukan oleh Mitra, di mana aktivitas pengiriman Barang (pick up dan delivery) dilakukan oleh Kurir yang direkomendasikan oleh Mitra, untuk memudahkan Pengguna dalam melakukan pengiriman Barang pada Situs/Aplikasi.
  9. Barang adalah benda yang berwujud/memiliki fisik Barang yang dapat diantar/memenuhi kriteria pengiriman oleh perusahaan jasa pengiriman Barang.
  10. Saldo Penghasilan adalah  fasilitas penampungan sementara atas dana milik Penjual (bukan fasilitas penyimpanan dana), yang disediakan Tokopedia untuk menampung dana hasil penjualan Barang, produk investasi, dan/atau komisi affiliate pada Situs Tokopedia. Dana ini hanya dapat ditarik ke akun bank yang terdaftar dan tidak dapat digunakan kembali untuk melakukan pembelian pada Situs Tokopedia.
  11. Pengiriman Berhasil adalah pada saat terdapat konfirmasi penerimaan barang oleh Pembeli atau pada saat kurir telah berhasil mengantarkan Barang ke alamat Pembeli.
  12. Ketentuan Situs adalah Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi Tokopedia, Kebijakan Privasi, Syarat dan Ketentuan ini dan setiap Syarat dan Ketentuan lain yang dapat berlaku untuk atau sehubungan dengan Penggunaan Situs/Aplikasi dan seluruh fitur yang terdapat di dalamnya.
  13. Syarat dan Ketentuan adalah Syarat dan Ketentuan untuk menggunakan fitur Kurir Rekomendasi.

B. UMUM
  1. Layanan Kurir Rekomendasi dapat diaktifkan oleh Penjual untuk mengirimkan Barang ke seluruh wilayah Indonesia dengan jenis pengiriman reguler dan juga layanan bebas ongkir yang dibantu penjemputan dan pengirimannya oleh Kurir. 
  2. Layanan Kurir Rekomendasi memberikan layanan pengiriman Barang dengan perkiraan waktu pengiriman selama 2 (dua) hari - 4 (empat) hari kerja, durasi pengiriman dapat dipengaruhi oleh jarak pengiriman.
  3. Mitra dan Kurir berhak mendapatkan informasi dari Penjual mengenai keterangan nama dan alamat lengkap tujuan pengiriman serta jenis Barang secara jelas.
  4. Layanan Kurir Rekomendasi baru dapat diaktifkan oleh Penjual yang berada di:
    • Kota Medan
    • Kota Semarang
    • Kota Yogyakarta
    • Kota Surakarta
    • Kab. Sleman
    • Kab. Bantul
    • Kota Malang
    • Kota Denpasar
    • Kota Bandung
    • Kota Surabaya
    • Deli Serdang
    • Sidoarjo
    • Wilayah Jabodetabek
  5. Pembeli di seluruh wilayah Indonesia dapat menikmati layanan ini pada Penjual yang telah mengaktifkan Layanan Kurir Rekomendasi di kota/kabupaten yang disebutkan sebelumnya.
  6. Dengan memilih dan menggunakan Layanan Kurir Rekomendasi, Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Pengguna memberikan hak dan wewenang kepada Mitra dalam merekomendasikan serta memilih Kurir yang tepat bagi Pengguna untuk melakukan penjemputan dan pengantaran Barang.
  7. Pengguna dapat melacak status pengiriman Barang pada https://www.tokopedia.com/kurir-rekomendasi.
  8. Apabila terdapat kendala transaksi pengiriman Barang dan Pengguna ingin mengajukan klaim, Pengguna dapat melapor melalui Pusat Resolusi Tokopedia.

C. Ketentuan Pengiriman Barang
  1. Penjual wajib memperhatikan ketentuan berat Barang yang akan dikirim menggunakan Layanan Kurir Rekomendasi dengan ketentuan sebagai berikut: 
    ➤ Berat 50 (lima puluh) kilogram; atau
    ➤ Dimensi (P x L x T) 50cm x 50cm x 50cm.
    Untuk skema pembulatan berat Barang adalah sebagai berikut:
    User-added image
  2. Perhitungan kilogram didasarkan atas berat ditimbang atau berat secara volumetrik (diambil yang terberat). Rumus penghitungan volumetrik adalah (Panjang x Lebar x Tinggi) / 6000. Misalnya, suatu paket memiliki volume 50 cm x 50 cm x 50 cm. Maka perhitungan beratnya adalah 50 cm x 50 cm x 50 cm dibagi 6.000 = 20.83 Kg, dibulatkan menjadi 21 Kg.
  3. Layanan Kurir Rekomendasi menyediakan fitur untuk mempermudah Penjual dalam proses pengiriman melalui fitur atur jadwal pick-up, Penjual dapat request pick-up dan memilih waktu yang sesuai untuk dilakukan penjemputan barang (maksimal 1x24 jam setelah request pick-up). Saat ini, fitur atur jadwal pick-up hanya dapat digunakan oleh Penjual yang berada di wilayah Medan dan Yogyakarta.
  4. Kurir yang melakukan pick-up barang, dapat berbeda dengan kurir yang mengantar barang, tergantung jenis rute (Dalam kota atau Luar kota).
  5. Kurir hanya akan mengantar jenis Barang yang sesuai dengan syarat dan ketentuan SiCepat, syarat dan ketentuan AnterAja, syarat dan ketentuan JNE, syarat dan ketentuan Lion Parcel, syarat dan ketentuan J&T ExpressSyarat dan Ketentuan SAP Express atau ketentuan Kurir lainnya serta Ketentuan Situs. Kurir berhak untuk menolak atau menerima Barang dari Penjual yang melanggar syarat dan ketentuan tersebut.
  6. Kurir berhak mengantar Barang dari Penjual menggunakan penanganan, penyimpanan, dan transportasi yang cocok sesuai dengan kebijakan Layanan Kurir Rekomendasi yang ditentukan oleh Mitra.
  7. Penjual bertanggung jawab untuk mengemas dengan layak Barang yang akan dikirimkan, Mitra dan Kurir tidak bertanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan atau ketidaksempurnaan kemasan Barang yang disebabkan oleh kelalaian Penjual dalam melakukan pengemasan Barang.
  8. Penjual bertanggung jawab untuk memastikan Barang yang akan dikirimkan telah dikemas dalam keadaan yang memadai disesuaikan pada jenis Barang tersebut. Hal ini diwajibkan untuk memastikan Barang dapat dikirim dan ditangani oleh pihak operasional kurir serta dapat terkirim dalam keadaan baik. Kurir berhak menolak pengiriman Barang yang tidak dikemas secara tidak layak.
  9. Kurir tidak menyediakan layanan pengemasan khusus untuk jasa pengiriman. Penjual bertanggung jawab untuk mengemas produk yang akan dikirim. Untuk produk yang terbuat dari kaca, keramik, mudah produk yang cepat rusak (contohnya makanan, es krim, bunga segar, dan lain-lain) disarankan agar dilakukan pengemasan secara khusus. Kurir tidak bertanggung jawab atas kerusakan atau perubahan bentuk yang terjadi atas pengiriman produk-produk tersebut.
  10. Kurir tidak bertanggung jawab atas keterlambatan, kerugian, kerusakan dan biaya yang timbul dari kelalaian dan/atau kesalahan Penjual.
  11. Apabila Penjual mengirimkan barang-barang tersebut tanpa sepengetahuan Kurir, Kurir dibebaskan dari segala tuntutan ganti rugi, biaya dan tuntutan yang mungkin timbul dari pihak manapun.
  12. Kurir berhak tetapi tidak berkewajiban untuk memeriksa Barang yang dikirim oleh Penjual untuk memastikan bahwa pengiriman Barang telah memenuhi syarat untuk dikirimkan ke alamat tujuan pada ketentuan prosedur operasi standar dan metode penanganan Kurir.
  13. Kurir akan melakukan konfirmasi berat ketika melakukan penjemputan Barang, dan jika terjadi perbedaan berat maka Kurir akan meminta persetujuan dari Penjual untuk melanjutkan atau membatalkan pengiriman. Apabila Penjual setuju untuk melanjutkan pengiriman, selisih ongkir akan dipotong melalui saldo Penjual setelah transaksi selesai. Kurir tidak bertanggung jawab atas isi dari kiriman yang tidak cocok dengan deskripsi yang diberikan Penjual ke pembeli melalui Layanan Kurir Rekomendasi.
  14. Kurir bertanggung jawab untuk membayar kerugian yang diderita sebagai akibat dari kerusakan atau kerugian pengiriman Barang yang terjadi ketika Barang masih di bawah kontrol dari Kurir, dengan catatan hanya jika kerusakan tersebut semata-mata karena kelalaian Kurir. Penggantian diberikan oleh Kurir melalui Pusat Resolusi Tokopedia dengan ketentuan penggantian sebagaimana diatur angka 18 di bawah.
  15. Dalam hal Pembeli tidak mengasuransikan  Barang, Kurir tidak bertanggung jawab atas kerusakan dan kerugian, termasuk dan tidak terbatas pada kerugian komersial, kerugian tidak langsung atau keuangan lainnya termasuk kerugian yang terjadi dalam transportasi atau pengiriman yang disebabkan oleh hal-hal yang berada di luar kemampuan kontrol Kurir atau kompensasi untuk kerusakan yang disebabkan oleh bencana alam atau Force Majeure.
  16. Batas waktu pelaporan kendala pengiriman menggunakan Layanan Kurir Rekomendasi adalah 3 (tiga) hari sejak Barang diterima atau seharusnya diterima oleh Pengguna. Jika terjadi kendala kehilangan atau kerusakan Barang, Tokopedia dan Mitra akan melakukan proses investigasi dalam waktu 7 (tujuh) hari. 
  17. Pengiriman yang tidak diasuransikan hanya mendapatkan penggantian setinggi-tingginya 10 (sepuluh) kali biaya kirim atau maksimal Rp1.000.000,- (satu juta Rupiah) sesuai dengan nilai yang lebih kecil. Penggantian diberikan paling lambat 7 (tujuh) hari sejak klaim penggantian disetujui oleh Mitra.
  18. Penjual memahami dan menyetujui untuk dapat menggunakan layanan  penjemputan barang  (pick up) maka Penjual wajib untuk memenuhi minimum pengiriman sejumlah 50 (lima puluh) pesanan dalam 1 (satu) bulan, ketentuan lebih lanjut dapat dilihat DI SINI.
  19. Dalam hal Penjual tidak memenuhi minimum pesanan sebagaimana dimaksud poin C.19 di atas, maka Penjual tidak dapat menggunakan layanan pick up dan harus mengantarkan Barang ke drop point atau gerai Kurir  yang dapat dilihat DI SINI.
  20. Penjual baru tidak dapat menggunakan layanan pick up hingga Penjual memenuhi batas minimum pesanan sebagaimana dimaksud poin C.19 di atas.

D. Penggunaan Data
  1. Pengguna memberi wewenang kepada Tokopedia untuk menyimpan, membagikan, meneruskan informasi dan/atau data Pengguna terkait penggunaan Layanan Kurir Rekomendasi,  kepada Mitra guna kepentingan pemberian layanan pengiriman dalam sistem Tokopedia.
  2. Tokopedia memiliki kewenangan untuk menolak atau menghapus secara sebagian maupun keseluruhan dari profil Pengguna dan data yang relevan yang dianggap melanggar Syarat dan Ketentuan ini, Ketentuan Situs Tokopedia, dan ketentuan hukum yang berlaku di wilayah negara republik Indonesia.
  3. Penggunaan data Pengguna sehubungan dengan Layanan Kurir Rekomendasi akan tunduk pada Kebijakan Privasi Tokopedia.

 

 

 

 
Like us on Facebook