MASUKAN KATA DI KOTAK BAWAH INI UNTUK MENCARI.. LALU KLIK TOMBOL "SEARCH"

July 13, 2024

Karakter Kucing Hitam Putih Tuxedo Cat

Baca Artikel Lainnya

Kucing tuksedo memiliki pola dua warna yang menonjol yaitu hitam-putih yang mengingatkan pada pakaian formal untuk pria. Kucing ras campuran serta beberapa ras murni dapat memiliki pola tuksedo. Kombinasi warna hitam-putih apa pun memenuhi syarat sebagai kucing tuksedo, tetapi contoh yang paling mencolok memiliki tubuh hitam dengan dada dan cakar putih

 


Nama pola tuksedo diambil dari pakaian yang dikenakan pria untuk acara formal. Tidak ada yang lebih dramatis daripada melihat "tuksedo", demikian sebutan akrabnya, mengenakan bib dan tucker terbaiknya. Beberapa tuxies juga memakai "spats", atau sepatu bot putih. Nama ini berasal dari kata "spatterdash" yaitu sejenis penutup yang menutupi area punggung kaki dan pergelangan kaki beberapa sepatu.

Variasi lain pada tema tuksedo termasuk hidung bergaris putih dan "tuksedo bertopeng", dengan warna putih di sekitar dagu dan hidung atau ujung putih di hidung. Variasi lain yang terkenal disebut "Kitler" memiliki "kumis" berwarna putih.

Karena banyak ras dan ras campuran yang memiliki pola tuksedo, kepribadian kucing tuksedo jauh lebih bervariasi daripada warnanya. Temperamen setiap kucing akan bergantung pada genetika dan lingkungan tempat ia dibesarkan.

 

Tingkat Kasih Sayang Bervariasi
Keramahan Bervariasi
Ramah Anak Bervariasi
Ramah Hewan Peliharaan Bervariasi
Kebutuhan Latihan Bervariasi
Kegembiraan Bervariasi
Tingkat Energi Bervariasi
Intelijen Bervariasi
Kecenderungan untuk bersuara Bervariasi
Jumlah Penumpahan Bervariasi

 

Kucing tuksedo memiliki gen berwarna hitam. Mereka juga memiliki gen bercak putih yang menutupi warna hitam di beberapa bagian tubuh. Hal ini dilakukan dengan mencegah melanosit penghasil warna bermigrasi ke area tersebut. Gen bercak menghasilkan tingkatan bercak putih yang berbeda-beda, dari 1 hingga 10. Kucing tuksedo termasuk dalam tingkatan rendah dari 1 hingga 4. Semakin rendah angkanya, semakin sedikit warna putih yang terlihat.

Tidak ada yang tahu pasti kapan kombinasi gen ini mulai diekspresikan pada kucing, namun diperkirakan berasal dari zaman Mesir kuno, karena kucing bicolor (dua warna) telah diidentifikasi di makam mereka. Kucing tuksedo muncul di seluruh budaya populer modern.

Perawatan individual untuk kucing tuksedo akan bergantung pada rasnya. Bulunya tidak memerlukan perlakuan khusus berdasarkan pola warnanya. Menyikat kucing Anda akan membantu mengurangi kusut dan dapat membantu mencegah bola rambut. Potong kuku kucing Anda setiap dua hingga tiga minggu sekali dan sediakan tempat garukan. Selain itu, seperti halnya kucing lainnya, selalu ikuti perkembangan kunjungan dokter hewan dan vaksinasi untuk membantu mencegah masalah kesehatan.

Beri kucing Anda banyak kesempatan untuk bermain dan mengejar mainan, dan tawarkan tempat yang aman untuk beristirahat. Kucing suka banyak tidur dan tidur siang, jadi sediakan tempat tidur yang nyaman dan tempat lain di sekitar ruang tamu Anda di mana kucing Anda bisa bersantai.

Kucing dalam ruangan membutuhkan kotak kotoran di tempat yang tenang. Pastikan untuk membuang dan membersihkan kotak sepenuhnya setidaknya seminggu sekali. Menggunakan sampah yang menggumpal dan membuangnya setiap hari dapat membuat semuanya tetap rapi.


 

 

Masalah Kesehatan Umum

Kucing tuksedo mempunyai banyak ras yang berbeda, beberapa di antaranya lebih rentan terhadap penyakit dan kondisi tertentu. ASPCA mencantumkan penyakit-penyakit kucing yang umum ini sebagai penyakit yang perlu Anda waspadai untuk kucing mana pun:
 

  1. Kanker: Kanker lebih sering terjadi pada kucing yang lebih tua. Waspadai adanya benjolan atau perubahan kulit yang tidak biasa. Limfoma adalah jenis kanker yang umum pada kucing.
  2. Diabetes : Ini lebih sering terjadi pada kucing yang mengalami obesitas, jantan, dan lebih tua.
  3. Feline Immunodeficiency Virus : Ini menyebar dari kucing ke kucing ketika mereka berkelahi dan melakukan gigitan yang dalam. Pencegahan terbaik adalah dengan menjaga kucing Anda tetap di dalam rumah dan di luar wilayah pertarungan.
  4. Feline Leukemia Virus : Virus ini merusak sistem kekebalan tubuh dan membuat kucing lebih rentan terkena kanker darah. Ada vaksin yang dapat mengurangi risikonya.
  5. Penyakit Ginjal : Masalah umum pada kucing yang lebih tua, penyakit ginjal dapat menyebabkan kegagalan organ. Beberapa tanda penyakit ginjal adalah meningkatnya rasa haus, buang air kecil, penurunan berat badan, penurunan nafsu makan, dan muntah. Ada beberapa tes darah yang dapat membantu menyaring penyakit ginjal dan membantu memprediksinya lebih cepat dari sebelumnya. Jadi pastikan untuk mendiskusikan pemeriksaan ini dengan dokter hewan Anda.
  6. Hipertiroidisme : Kelenjar tiroid yang terlalu aktif juga sangat umum terjadi pada kucing. Kondisi ini dapat menyebabkan penurunan berat badan, peningkatan vokalisasi, nafsu makan yang berlebihan, dan terkadang bahkan muntah atau diare. Tes darah dapat membantu menentukan apakah kucing Anda mengalami masalah ini.

Kucing tuksedo Anda harus diberi makanan yang sama seperti kucing lain dari rasnya. Meskipun mungkin berpakaian mewah, kucing Anda tidak perlu makan kaviar. Pola makan makanan basah sering kali dianggap yang terbaik, tetapi Anda juga bisa memberikan makanan kering untuk dimakan kucing Anda. Diskusikan kebutuhan kucing Anda dengan dokter hewan, terutama jika kucing Anda menderita diabetes, mengalami obesitas , atau sudah lanjut usia. Sediakan air segar dan bersih untuk kucing Anda setiap saat.


Semua kucing tuksedo cenderung memiliki kepribadian yang ingin tahu, penjelajah lingkungan sekitar, hal ini menarik karena mereka dapat berasal dari berbagai jenis ras dan lapisan masyarakat. Namun, sebagian besar pemilik kucing tuksedo mendapati bahwa kucing mereka sepertinya selalu mencari sesuatu yang baru untuk dijelajahi


kucing tuxedo dulunya diagungkan oleh warga Mesir kuno. Mereka dianggap punya kekuatan magis. Katanya sih, kucing dengan bulu tuxedo bisa “menghilang” dan menangkal aura-aura mistis di sekitar. Bahkan, oleh warga Mesir kuno dulu, kucing tuxedo bisa dijual dengan harga sangat mahal, bisa setara 300 juta uang sekarang.

Di antara banyaknya jenis kucing lain di dunia, kucing tuxedo dianggap jenis kucing paling jenius, loh! Bahkan, kucing dengan warna ini dikatakan 200% lebih pintar daripada kucing lain. Mereka pun sangat bisa dilatih. 

Sifat buruk kucing tuxedo adalah mereka akan marah pada kucing lain yang mendekati dan memasuki teritori / wlayah tempat tinggalnya. Ia akan berkelahi dengan kucing tersebut. Pasalnya, mereka menganggap area mereka adalah “istana” yang tidak boleh dimasuki oleh kucing-kucing lain. Mereka pun akan agresiff menyerang kucing lain yang mengganggu “tuannya”


Karena kucing tuksedo berasal dari ras yang berbeda, tidak ada penyakit kesehatan khusus yang dapat dikaitkan dengan semua kucing tuksedo. Namun, ada beberapa ciri yang tampaknya dimiliki oleh kucing-kucing ini:
Anak kucing tuksedo berkembang dengan cepat. Meskipun sebagian besar anak kucing yang baru lahir membutuhkan waktu satu hingga dua minggu untuk membuka matanya, kucing tuksedo cenderung membuka matanya 24 jam penuh sebelum jenis kucing lainnya.

Anak kucing tuksedo juga cenderung mencapai tinggi badan maksimalnya pada usia enam bulan.

Berat badan ideal setiap kucing akan bergantung pada beberapa faktor, salah satunya adalah rasnya. Tuksedo bukanlah ras, jadi dokter hewan Anda perlu menentukan hal ini sebelum menyarankan kisaran berat badan yang tepat. Misalnya, berat rata-rata American Shorthair jantan adalah antara 11 lbs. dan 15 pon. tapi Maine Coon jantan bisa memiliki berat antara 15 lbs. dan 25 pon.

Dokter hewan juga akan menilai usia kucing, tingkat aktivitas, pola makan, dan kesehatan kucing secara keseluruhan untuk menyarankan target berat badan yang tepat. Selalu disarankan untuk memberi kucing tuksedo Anda makanan kucing yang diproses secara minimal dan berkualitas tinggi untuk memastikan mereka mendapatkan nutrisi yang tepat dan menjaga berat badan yang sehat.

Harapan hidup

Umur kucing tuksedo juga bergantung pada rasnya. Secara umum, kucing sehat yang dipelihara di dalam ruangan dapat hidup hingga usia 17 tahun atau lebih. Kucing di luar ruangan dapat hidup rata-rata dua hingga lima tahun, seperti dicatat oleh Fetch oleh WebMD .

Kepribadian

Setiap kucing tuksedo memiliki kepribadian uniknya masing-masing, terutama karena rasnya bisa berbeda-beda. Namun, kucing tuksedo diketahui memiliki beberapa ciri berbeda :

  • Ramah
  • Banyak bicara
  • Aktif dan menyenangkan
  • Setia dan seperti anjing
  • Santai
  • Sangat cerdas

 

 https://st.depositphotos.com/1000938/4122/i/450/depositphotos_41225801-stock-photo-black-white-cat.jpg

Mereka Memiliki Beberapa Pola Mantel yang Menarik (dengan nama yang sama uniknya!)

Mantel hitam dan putih dapat diwujudkan dalam berbagai cara yang cemerlang. Berikut beberapa pola paling umum yang mungkin Anda lihat, menurut CatsPro.com :

  • Tuksedo: Seperti namanya, seekor kucing tuksedo (atau “tuxie” begitu mereka dipanggil) tampak mengenakan pakaian formal pria. Kucing ini sebagian besar berwarna hitam dengan dada dan cakar berwarna putih. Betapa mewahnya! 
  • Tanda van: Ini adalah kucing putih dengan ekor dan telinga hitam.
  • Topi dan pelana: Ini mengacu pada kucing berbulu putih dengan bercak hitam di punggung dan kepalanya. 
  • Pola sapi: Ini adalah kucing yang (Anda dapat menebaknya) memiliki tanda yang menyerupai sapi. Sebagian besar berwarna putih dengan sedikit bintik atau bercak hitam yang menawan.
  • Mohrenkopf: Meskipun jarang, pola ini menggambarkan kucing dengan tubuh putih dan kepala hitam.
  • Pola Thailand: Pola ini bisa membuat kucing Anda dikira sigung—kucing ini memiliki tubuh hitam dengan garis putih jelas di punggungnya.
  • Pola selimut atau mantel: Ini mengacu pada kucing putih dengan bercak hitam besar seperti selimut di punggung dan bahunya.
  • Pola ikat pinggang: Yang ini juga jarang terjadi, tetapi mengacu pada kucing hitam yang memiliki pita putih di sekeliling tubuhnya.
  • Pola tip: Ini adalah kucing hitam dengan jari kaki putih.
  • Pola liontin: Kucing hitam dengan bercak putih kecil di dadanya dikatakan memiliki pola liontin.

 https://www.vhv.rs/dpng/d/187-1870946_black-white-tuxedo-cats-hd-png-download.png

Selain bulunya yang mencolok, kucing hitam putih juga memikat kita dengan sebagian besar matanya yang hijau . Menurut FelineLiving.net , mata hijau sering kali dikaitkan dengan kekuatan mistis. Meskipun hal ini masih diperdebatkan, kita tidak dapat menyangkal bahwa mata kucing ini telah membuat kita terpesona. 


Di Jepang, mitos mengenai kucing hitam sebagai pembawa keberuntungan dikenal dengan nama "Maneki-neko". Maneki-neko adalah patung kucing yang memiliki satu atau kedua tangan mengangkat untuk memberikan salam. Menurut mitos Jepang, maneki-neko dapat membawa keberuntungan dan kesuksesan dalam bisnis.

Kucing hitam juga dianggap sebagai pembawa keberuntungan dalam budaya Prancis. Konon, jika seorang wanita lajang melihat kucing hitam di malam hari, hal itu dianggap sebagai tanda akan ada banyak pelamar yang akan datang untuk mengajaknya menikah.

Dari catatan sejarah kucing tuksedo yang terkenal di dunia, akhirnya didapati kesimpulan bahwa kucing hitam putih adalah jenis kucing paling pintar di antara warna kucing lainnya.

Hal ini ditunjang dari beberapa fakta bahwa perkembangan kucing hitam putih memang lebih cepat dibandingkan kucing lainnya.

Jika kebanyakan kucing baru membuka matanya satu hingga dua minggu setelah dilahirkan, banyak kucing tuksedo yang langsung membuka matanya hanya berjarak 24 jam setelah ia lahir ke dunia.

Sebuah studi juga menyatakan bahwa kucing tuksedo lebih pintar dibanding 200 jenis kucing lainnya. Kucing hitam putih lebih bisa mengerti kosakata manusia dan lebih cepat memahami perintah dari manusia.


Jika kucing oren tenar karena kebengalannya hobi berantem, kucing hitam putih tenar lantaran jenis ini adalah jenis yang paling sering tercatat di sejarah manusia dan lebih pintar.

Dalam catatan sejarah diketahui bahwa William Shakespeare, Beethoven dan Sir Isaac Newton memiliki jenis kucing kesayangan yang sama yaitu kucing berwarna hitam putih.

Beberapa tokoh dalam film kartun juga digambarkan sebagai kucing tuksedo. Mulai dari Sylvester dari Looney Tunes dan Mr. Mistoffelees dari Cats Were All Tuxies.

Terakhir, di tahun 2012, kucing tuksedo bernama Tuxedo Stan, bahkan dicalonkan sebagai walikota di Kanada.


 Kucing hitam putih disebut juga sebagai Moo Cat.(Unsplash/Robert Stemler)

Meski nampak ganteng, namun siapa sangka warna bulu kucing tuksedo ternyata didapatkan dari sebuah kesalahan genetika.

Mengutip dari The Happy Cat Site, sebuah studi tahun 2016 menyatakan bahwa paduan dua warna kucing tuksedo terjadi akibat sel pigmen yang gagal berkembang ketika janin kucing berada di dalam uterus.

Selain enam fakta di atas, masih banyak lagi fakta menarik dari kucing bercorak hitam putih ini.

Salah satunya adalah yang menyatakan bahwa kucing tuksedo sering pula dipanggil dengan nama moo cat atau cow cat.

Hal ini lantaran warna hitam putih di tubuh kucing mengingatkan kita pada seekor sapi yang juga memiliki corak bulu hampir sama.   


Berikut ini adalah beberapa sifat kucing warna hitam putih yang perlu diketahui oleh para pemilik.


1. Ramah dan Penyayang

Kucing hitam putih umumnya dikenal sebagai kucing yang ramah dan penyayang. Mereka senang menghabiskan waktu bersama manusia dan menikmati interaksi dan kasih sayang. Kucing ini juga bisa menjadi teman yang baik bagi anak-anak dan hewan peliharaan lainnya.


2. Cerdas dan Aktif
Kucing dengan warna bulu hitam dan putih dikenal sebagai salah satu jenis kucing yang paling cerdas. Mereka mudah dilatih baik untuk berburu tikus atau berkelahi dan senang bermain game dan teka-teki.
Kucing ini juga memiliki tingkat energi yang tinggi dan membutuhkan banyak aktivitas fisik untuk tetap sehat dan bahagia. Berikan mainan kucing agar saat dewasa ia bisa melakukan berbagai hal. 

Jika ia sering tidur seharian, & tidak mau makan  bisa dipastikan ia sedang sakit, kucing ini pintar menyembunyikan rasa sakitnya dan enggan memberi tahu tuannya seperti mendekati mengeong

Saat usianya masih kecil, kucing ini sering mengejar/menggigigt kaki orang. Hal ini karena sifat alami/instingnya menganggap kaki adalah sesuatu yang bergerak. Gigitan/cakarannya tidak akan dalam karena maksudnya hanya bercanda, Biasanya itu tanda ia ingin diajak bermain bersama, alihkan dengan mainan kucing. Beritahu/marahi dia dengan cara memercikan air jika ia mengejar kaki/menggigit kaki peringati untuk tidak melakukannya./. Lama kelamaan ia tidak akan melakukannya


Sedari kecil ajari dia untuk buang air besar dan air kecil di kotak box pasinya, dan kamu harus rutin membung serta membersihakn pasirnya agar ia tidak buang air besar dan kecil sembarangan



3. Mandiri dan Berani
Meskipun mereka senang bersosialisasi, kucing hitam putih juga memiliki sisi mandiri. Mereka tidak keberatan menghabiskan waktu sendirian dan tidak selalu membutuhkan perhatian. Kucing ini juga dikenal cukup berani dan tidak mudah takut.
Hal tersebut yang membuat mereka memiliki naluri untuk berburu yang kuat. Kucing dengan warna ini enang mengejar mainan, laser pointer, dan benda bergerak lainnya.
Memenuhi naluri berburu mereka dengan menyediakan mainan yang tepat dan sesi bermain interaktif dapat membantu mereka tetap aktif dan terhibur.

4. Berisik

Jika lapar ia akan terus mengeong-ngeong dengan suara keras dan membuat berisik tanpa henti sampai diberikan makanan atau ketika ia ingin minta tolong damn minta sesuatu oleh pemiliknya


5. Makan Banyak

Karena sifat alami dari gennya yang aktif dan hobi berpetualang, Kucing ini biasanya hobi/sering makan dibanding ras kucing lainnya


https://assets.rebelmouse.io/eyJhbGciOiJIUzI1NiIsInR5cCI6IkpXVCJ9.eyJpbWFnZSI6Imh0dHBzOi8vYXNzZXRzLnJibC5tcy8zMjA4NTc2OS9vcmlnaW4uanBnIiwiZXhwaXJlc19hdCI6MTczODQzMDUxNn0.OcFGr57v5S9XRapANseSauHIELRveTrtRGSFF1wYCjY/img.jpg?width=1200&height=600&coordinates=0%2C27%2C0%2C83


 
Like us on Facebook