Baca Artikel Lainnya
Jika Anda mengajukan Pengembalian Barang dan/atau Dana, Anda dapat diminta untuk memberikan bukti. Apakah kesalahan dari pihak penjuak atau Jasa kirim
-
Hanya pembeli yang memenuhi syarat dan ketentuan yang bisa mendapat keuntungan dari program Garansi Bebas Pengembalian
Sebagian penjual mungkin resah dengan kemungkinan adanya pembeli yang berpotensi melakukan kecurangan dan penyalahgunaan program Garansi Bebas Pengembalian di Shopee, hingga merugikan penjual. Penjual tidak perlu khawatir, karena hanya pembeli yang memenuhi syarat dan ketentuan saja yang bisa mendapatkan keuntungan dari program Garansi Bebas Pengembalian ini.
Shopee melakukan penilaian performa setiap akun pembeli secara berkelanjutan melalui sistem internal. Jadi, kalau ada pembeli yang tidak memenuhi syarat dan ketentuan dari program ini, atau bahkan terbukti pernah menyalahgunakan program Garansi Bebas Pengembalian, maka Shopee akan melakukan pemblokiran terhadap pembeli tersebut.
-
Penjual dapat melakukan banding jika mendapati pengembalian barang yang tidak sesuai syarat dan ketentuan
Apakah penjual bisa mengajukan banding atas pengembalian barang dari pembeli dengan alasan “Berubah Pikiran” di Garansi Bebas Pengembalian? Jawabannya bisa. Shopee memberikan kesempatan kepada penjual untuk melakukan banding, jika penjual menemukan pengembalian barang yang tidak sesuai syarat dan ketentuan walaupun sudah ada keputusan agen Shopee, setelah menerima pengembalian produk dari pembeli. Jadi, jika pembeli mengembalikan produk dengan label ‘Bebas Pengembalian’ namun kondisi ada yang tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan, maka penjual dapat memilih “Ajukan Banding” saat produk telah penjual terima.
Jika mengalami kendala dalam melakukan banding, penjual dapat menginformasikan hal tersebut kepada Shopee Customer Service. Apabila penjual yang terbukti benar dan memenangkan banding, maka penjual mendapatkan hasil penjualan.
-
Pembeli bisa mengajukan pengembalian dengan alasan “Berubah Pikiran” untuk sebagian barang saja, jadi tidak perlu mengembalikan seluruh pesanan jika berubah pikiran
Apakah pembeli bisa mengembalikan sebagian jumlah barang saja dari satu paket yang sama dengan alasan “Berubah Pikiran”? Bisa! Pembeli tidak perlu lagi mengembalikan seluruh barang yang diterima. Ya, kini pembeli bisa mengajukan pengembalian barang/dana untuk sebagian barang yang ingin dikembalikan saja ke penjual, walaupun barang-barang tersebut datang dari satu pesanan yang sama. Dengan begini, barang yang tidak ingin dikembalikan pembeli atau tidak termasuk dalam pengajuan Pengembalian Barang/Dana, bisa tetap terjual. Jadi, penjual tetap mendapatkan penjualan dari barang yang tidak dikembalikan. Proses jual beli pun tetap efisien.
Jika Penjual setuju dengan pengajuan pengembalian produk, tetapi tidak menerima produk yang dikembalikan, Pembeli harus mempersiapkan dokumen pendukung sebagai berikut:
- Bukti resmi pengiriman (Contoh: Nomor resi yang sah).
- Foto paket yang memperlihatkan informasi pengiriman, seperti jasa kirim, nomor resi, nama Pembeli dan Penjual, nomor kontak, dan alamat pengiriman.
Jika Penjual telah menyetujui pengajuan pengembalian produk, tetapi menerima produk yang salah/rusak dari Pembeli, Penjual harus mengajukan banding selambat-lambatnya 2 (dua) hari kerja sejak barang telah dikirimkan oleh Pembeli dan diterima Penjual. Penjual harus mempersiapkan dokumen pendukung berupa foto dan/atau video yang menunjukkan kesalahan atau kerusakan produk.
⚠️Catatan
Untuk menghindari paket yang hilang dalam pengiriman, Shopee merekomendasikan untuk menggunakan jasa kirim yang didukung Shopee. Namun, jika Penjual dan Pembeli telah bersepakat untuk menggunakan jasa kirim lain, simpan resi pengiriman sebagai bukti jika terjadi klaim tidak menerima produk. Jika Penjual menggunakan jasa kirim lain tanpa persetujuan Pembeli, Penjual akan bertanggung jawab jika terjadi kehilangan. Pembeli akan menerima pengembalian dana penuh meski Penjual menyediakan bukti resmi pengiriman.
- Pembeli memiliki waktu 1 (satu) hari untuk melampirkan bukti yang jelas untuk mendukung pengajuan pengembalian dana atau dana akan dilepaskan kepada Penjual. Jika bukti yang terkumpul tidak menjelaskan klaim/masalah, bukti tersebut tidak dapat diterima.
- Pengembalian barang yang dilakukan menggunakan jasa kirim yang didukung oleh Shopee tidak akan dikenakan ongkos kirim. Jika menggunakan jasa kirim yang tidak didukung oleh Shopee, maka
Siapa yang menanggung biaya pengembalian barang ke saya dalam program Shopee Garansi 100% Ori?
ongkos kirim akan ditanggung pihak Pembeli.
Biaya pengembalian barang ke Penjual yang menggunakan jasa kirim SPX Express, dan Indopaket sepenuhnya ditanggung oleh Shopee jika Pembeli mencantumkan nomor resi dan/atau label pengembalian barang (otomatis dibuat oleh sistem Shopee) yang tertera di halaman Pengajuan Pengembalian Barang.
Apabila Pembeli menggunakan jasa kirim lain atau tidak mencantumkan nomor resi dan/atau label pengembalian barang seperti yang telah disebutkan di atas, maka biaya pengembalian ditanggung oleh Pembeli.
Namun, biaya ongkos kirim untuk pengembalian barang akan dikenakan kepada Penjual jika disebabkan oleh Kelalaian/Kesalahan Penjual. Pemotongan ini akan lagsung dipotong saat ada pesanan baru atau langso dari salto Toko di Shopee
Penjual disarankan untuk mengikuti standar pengemasan Shopee dan mendokumentasikan proses pengemasan sebagai bukti bahwa kerusakan barang terjadi bukan karena kelalaian Penjual, melainkan selama pengiriman (jika ada).
Jika pesanan memiliki tag Ongkir Ditanggung Shopee, maka biaya ongkos kirim Pengembalian Barang/Dana sepenuhnya ditanggung oleh Shopee. Namun jika pesanan tidak memiliki tag apapun, maka biaya ongkos kirim akan dibebankan ke Penjual.
Anda dapat melihat tag Ongkir Ditanggung Shopee di setiap pesanan yang terdapat pengajuan Pengembalian Barang/Dana.
Kalau kamu sebagai pembeli, Cara mengajukan retur/penge,mbalian barang karena tidak sesuai atau rusak dengan cara
- Foto paket dari berbagai sisi yang belum dibuka
- Video Paket dari berbagai sisi yang belum dibuka
- Lakukan Video Unboxing dan cek apakah barang berfungsi atau apakah sudah sesuai dengan yg kamu beli. Jika kamu beli di Shopee LIVE minta screenshoot/SS foto barang yang kamu beli
*Opsi pengiriman retur "Pick Up" atau "Dijemput Kurir" tidak menerima barang dengan kategori barang berbahaya seperti kembang api, binatang hidup, dan lainnya. Selengkapnya di sini.
Berikut hal yang perlu Anda perhatikan apabila menggunakan jasa kirim lainnya:
- Pastikan jasa kirim yang Anda gunakan memiliki situs pengiriman yang dapat dilacak. Kemudian, upload informasi pengiriman (contoh: nomor resi, dokumen pengiriman, atau kuitansi) melalui tombol Masukkan Bukti Pengiriman pada halaman Rincian Pengembalian di aplikasi Shopee/Shopee Lite.
- Disarankan untuk membeli asuransi pengiriman dari jasa kirim saat pengembalian produk. Apabila Anda tidak menggunakan asuransi pengiriman dan terdapat kendala (hilang atau rusak) saat proses pengiriman, maka Anda berisiko untuk tidak mendapatkan nominal klaim secara penuh (sesuai ketentuan klaim dari pihak jasa kirim).
⚠️Catatan
Anda dapat menemukan cabang SPX Express, cabang JNE Regular dan Kargo atau Indopaket (Indomaret) untuk melakukan pengiriman pengembalian produk. Pelajari juga mengenai cara mengirimkan pengembalian barang.
Pengembalian/Retur akibat kesalahan/kelalalian/kesengajaan Penjual Shopee, Tokomu akan dikenakan penalti toko dan produk-produk di tokomu tersebut akan masuk pencarian dipaling bawah atau bahkan tak ditemukan dan orderan akan menurun jika melakukan hal yang sama pada periode berdekatan
