MASUKAN KATA DI KOTAK BAWAH INI UNTUK MENCARI.. LALU KLIK TOMBOL "SEARCH"

May 8, 2025

Tokopedia Paksa Sellernya Untuk integrasi Dengan Tiktok Shop

Reputasi & kepercayaan pembeli & penjual hilang pada Tokopedia usai bergabung dengan TikTok,  Kini dari sisi penjual dan pembeli banyak masalah semrawut terkesan dibiarkan. Alhasil mereka kabur karena tak dipeduikan  Kini Tokopedia & Tiktok Shop mulai sepi dan ditinggalkan para penjual yang kecewa, Banyak Toko tumbang usal lakukan pengabungan akun dengan TikTok Shop terkena penutupan, Moderasi dan Banned usai mereka lakukan integrasi akun Tokopedia dengan akun TikTok Shop. Berjualan/integrasi di Tiktok Shop berarti sudah siap segala resiko termasuk  barang hilang, uang & dana ditahan/hilang. Para penjual Seller di Tiktok keluhkan akun Toko Tokopedia / Tiktok Shop mereka jadi Diblokir/Dibanned/Ditutup Permanen.

 

Untuk saat ini, kalau Toko di Tokopedia kamu sudah dintegrasikan dengan akun Tiktok Shop, maka tidak bisa dibatalkan integrasi/penggabungan toko tersebut.

Melakukan Penggabungan / integrasi akun toko Tokopediamu dan TikTok Shop berarti sudah siap segala koneskuensi dan resiko Toko dan data KTP mu terkena moderasi entah sesaat setelah penggabungan atau dalam waktu lainnya.. 

Artinya selama peraturan Tiktok Shop yang saat ini berlaku, Data KTP dan Rekening Bank kamu tidak akan pernah bisa berjualan lagi  di Tokopedia / TikTok Shop selamanya karena data kamu ada di databse mereka


Barang -barang tertentu baik itu bermerk atau tak bermerk yang perlu izin dari Produsen/Distributor untuk bisa dijual, Barang-Barang bekas / Barang Second,/ Barang bekas pakai Preloved (PL), Barang Bekas Impor (Thrift/Thrifting) dilarang keras dijual di TikTok Shop

Karena biasanya ada fitur AI dan juga  tim dari TikTok Shop yang patroli diam-diam memantau produkmu dan saat Live toko-toko sedang berlangsung, ketahuan maka Toko akan ditutup sementara bahkan permanen tanpa bisa ajukan banding, karena saaf mendaftar/integrasi kamu dianggap sudah setuju dengan peraturan yang dibuat oleh TikTok Shop, 

Dana / Uang Saldo penjual dan uang penghasilan toko atau produk/barang yang sedang dikirim juga bisa tertahan, dibekukan atau disita oleh pihak Tiktok Shop dan tidak bisa ditarik ke rekeningmu. BACA DISINI

 


 


Kalau Tokomu Pernah DiModerasi Permanen dan Punya Akun Tiktok Terdaftar 

Kamu tidak bisa membuat akun baru jika: 

(1) KTP yang digunakan di Tokopedia sudah terdaftar di TikTok Shop, atau 

(2) NIB (Nomor Induk Berusaha) yang digunakan di Tokopedia sudah terdaftar di lebih dari 5 toko di TikTok Shop.

 

Artinya kamu tidak bisa mendaftar akun Toko baru dan berjualan online Di Tokopedia / Tiktok Shop dengan satu data KTP yang sama

 


Untuk melihat Review Para Penjual / Seller yang sudah menggabungkan Akun Toko di Tokopedia dan TikTok Shop bisa lihat disini  Scroll/geser ke bagiaan bawah, cari klik Tulisan "LIHAT SEMUA ULASAN" . Klik "Paling Rekevan", Ubah menjadi "Terbaru" . Scroll ke bawah dan baca tanggapan para penjual/seller yang kesal & memberikan hujan REVIEW BINTANG 1 setelah proses penggabungan akun Toko di Tokopedia dengan akun TikTokShop

 

 

Biaya Admin Penjual di TikTok Shop Tokopedia Naik Jadi 6,5% Mulai Mei . Selain itu ada juga Biaya Komisi Platform TikTokShop Tokopedia Yang dirasa sangat berat dan sangat tinggi oleh para Seller / Penjual .  Para penjual dianggap sebagai ATM penghasil uang otomatis bagi TikTok Shop. 

Sementara bagi penjual/seller jika menaikan harga barang demi menutupi biaya-biaya Admin yang segambreng akan membuat penjualan toko sepi orderan


*Semua subkategori produk dengan Tarif Komisi Marketplace sebesar 10,00% akan mendapatkan diskon komisi sebesar 20%. Dengan kata lain, Tarif Komisi efektifnya adalah 8,00%.

Untuk rincian biaya Admin per produk yang berhasil kamu jual, kamu bisa melihgat rinciannya sendiri di Rincian Penghasilan

Ekosistem  atau target pangsa pasar Tokopedia adalah rata-rata kelas ekonomi menengah keatas dan berpendidikan, beda dengan pengguna atau pangsa pasar di TikTok Shop yang rata-rata adalah Bocil, Remaja dan emak-emak

Biasanya mereka akan melakukan retur/pengembalian barang  dengan beragam alasan dan pembayaran COD yang tak dibayar entah karena tak ada orang atau kurir sudah datang namun enggan membayar karena tak punya uang atau pura-pura tak membeli barang tersebut, iseng , atau memang tak niat untuk membayar


Barang/Produk jualan di Tokomu jika diretur/pengembalian barang  atau tak dibayar oleh Pembeli dengan sistem  COD , kebanyakan biasanya akan hilang tidak dikembalikan oleh J&T atau jasa kurir lainnya dan tentunya akan merugian Seller/penjual. Belum lagi jika ada pembeli jahat yang menukarnya dengan barang lain/barang kosong, Ongkos kirim dan ongkos retur + admin jasa kirim akan dibebankan pada penjual

Kamu juga akan menanggung biaya retur/pengembalian paket atau barang tersebut yang nantinya akan dipotong saat kamu mendapatkan pesanan baru selesai  atau Uang saldo penghasilan akun TikTok Shop kamu bisa dibuat minus 

 

 

Tokopedia by TikTok Shop akan memberlakukan beberapa pembaruan penting di Tokopedia Seller. Simak infonya sampai diakhir artikel ini ya.

Untuk memastikan transisi yang lancar dan menghindari terganggunya pengalaman berjualan, kami sangat menyarankan semua seller untuk menyelesaikan integrasi toko di Tokopedia dengan TikTok Shop sebelum 9 Mei 2025.

Beberapa pembaruan berikut akan berlaku secara bertahap mulai bulan April - Juni 2025 di Tokopedia Seller Dashboard sehingga kamu bisa mulai memaksimalkan pengalaman berjualan melalui Tokopedia & TikTok Shop Seller Center, dan tentunya agar bisnis tokomu dapat tetap berjalan dengan lancar!

  • Periode Penyelesaian Pesanan & Pengembalian Barang/ Dana
    Efektif 9 Mei 2025, setelah pesanan diterima oleh pembeli (Tiba di tujuan), dana akan masuk ke saldo penghasilan dalam jangka waktu 6-7 hari kalender. Artinya dana akan terkumpul/mengendap banyak di TikTok Shop, mungkin ini memang tujuannya, memanfaatkan dana penghasilan Seller untuk dibungakan dan diputar oleh pihak platform.  Jika pembeli mengklik "Selesaikan Pesanan", dana akan segera otomatis masuk ke seller.
    Periode ini juga berlaku bagi pembeli yang ingin mengajukan Pengembalian Barang dan/atau Dana apabila terdapat kendala pada barang yang diterima.
    Baca artikel berikut untuk info selengkapnya
  • Biaya Gratis Ongkir
    Efektif 9 Juni 2025, biaya Gratis Ongkir akan dikenakan sebesar 6% dari nilai setiap pcs/ item/ unit produk terjual. Batas biaya Gratis Ongkir akan tetap sama yakni maks. Rp20.000 untuk setiap item produk terjual.
    Baca artikel berikut untuk info selengkapnya
  • Ketersediaan Fitur Operasional di Tokopedia Seller
    Mulai dari bulan April - Juni 2025,
    beberapa fitur penjualan di Tokopedia Seller akan tersedia dalam mode terbatas.  Operasional toko sepenuhnya tetap dapat dilakukan di Seller Center yang terintegrasi apabila seller sudah melakukan integrasi toko dengan akun TikTok Shop.

 

Mulai 9 Mei 2025, terdapat penyesuaian kebijakan pada durasi Penyelesaian Pesanan dan Pengembalian Barang dan/atau Dana.

 

Mulai 9 Mei 2025, setelah pesanan diterima oleh pembeli, pembeli memiliki waktu untuk melakukan konfirmasi penerimaan barang maksimal 6-7 hari kalender sejak status pesanan "Tiba di Tujuan".

Catatan:

  • Jika pembeli tidak melakukan klik "Selesaikan Pesanan" selama 6 hari kalender sejak status pesanan "Tiba di Tujuan, maka dana akan otomatis masuk ke Seller pada hari ke-7. Bisa akan lebih lama lagi kalau ada tanggal merah dan Libur Nasional
  • Jika pembeli melakukan klik "Selesaikan Pesanan" pada durasi 6 hari kalender sejak status pesanan "Tiba di Tujuan", maka dana langsung otomatis masuk ke Seller.
  • Selama durasi 6 hari kalender tersebut, pembeli memiliki waktu untuk mengajukan Pengembalian Barang dan/atau Dana jika terdapat kendala pada barang yang diterima.

Simulasi pesanan diterima hingga dana diteruskan ke Seller

Seller A menerima pesanan pada 9 Mei 2025 pukul 00.01, pesanan langsung diproses dan dikirim. Pada 11 Mei 2025 pukul 10.15 pesanan telah diterima oleh pembeli dan status pesanan berubah menjadi "Tiba di Tujuan". Sejak waktu tersebut, pembeli memiliki waktu 6 hari kalender atau maksimal hingga 17 Mei 2025 pukul 23.59 untuk melakukan konfirmasi penerimaan barang atau mengajukan Pengembalian Barang dan/atau Dana jika terdapat kendala pada barang yang diterima. Jika tidak, maka pesanan akan selesai otomatis dan dana akan diteruskan Seller.

 

 

 

ATURAN BERLAKU 9 MEI 2025


 KLIK DISINI

 

 

 

 ATURAN BERLAKU 9 JUNI 2025

https://images.tokopedia.net/img/kjjBfF/2025/5/9/7a95d727-baff-4938-9509-97b1d46c32b1.png

Mulai 10 Juni 2025, ada kenaikan biaya program Gratis Ongkir yang akan ditanggung oleh Seller/Penjual Tokopedia sebesar 6% dari nilai setiap pcs/ item/ unit produk terjual, dengan nilai Gratis Ongkir akan dikenakan maksimum Rp40.000 untuk setiap item produk terjual. 

https://seller.tokopedia.com/edu/gratis-ongkir 

  • Jika belum menggabungkan dengan TiktokShop, Penjual / Seller tidak bisa menambah Produk Baru di Tokopedia
  • Tidak Bisa membuat Diskon Toko / Promosi Toko  di Tokopedia



  KLIK DISINI

 

 DAN 

KLIK DISINI

 


 


 

Mayoritas Penjual / Seller tidak setuju dengan program integrasi/penggabungan secara paksa ini, 

Sebagian besar dari mereka memilih tak berjualan di Tokopedia / TikTok Shop dan pindah ke Platform e-Commerce SITUS WEB JUAL BELI  lainnya.

Kaburnya para Seller dan Penujual ini akan juga berdampak pada jasa ekspedisi instan dan jasa kurir tertentu yang akan mengalami penurunan signifikan jumlah paket yg ada di gudang mereka 

SELAIN ITU, USAI BULAN JUNI 2025 NANTI..

 

USAI JUNI-JULI 2025, EKONOMI & DAYA BELI DIPREDIKSI AKAN MENUNJUKAN TREND PENURUNAN, KARENA SEJUMLAH ORANG PEDAGANG/SELLER ONLINE YANG BERGANTUNG PADA JUALAN DI TOKOPEDIA AKAN KENA PHK MASSAL, KEHILANGAN OMSET DAN PENGHASILANNYA KARENA TOKO MEREKA KEHILANGAN PELANGGAN, TERKENA MODERASI/BANNED/SUSPEDN/BLOKIR, POTONGAN BIAYA-BIAYA YANG SANGAT MEMBERATKAN DAN BARANG YANG MEREKA JUAL TERBENTUR  ATURAN PAKSA INTEGRASI DENGAN TIKTOKSHOP, TENTUNYA AKAN BERDAMPAK PADA DAYA BELI TERUTAMA EKONOMI KELAS MENENGAH KE BAWAH...

DAMPAK LAINNYA ADALAH KURIR EKSPEDISI ATAU OJEK ONLINE   YANG BIASA KERJASAMA DENGAN TOKOPEDIA AKAN MENGALAMI PENURUNAN OMSET JUMLAH PAKET , KARENA MAYORITAS SELLER TOKOPEDIA TAK ADA YANG MAU JUALAN DI TIKTOK SHOP / INTEGRASI DENGAN PERTIMBANGAN MATANG,,

 

KALAU KAMU GAK MAU INTEGRASI DENGAN TIKTOKSHOP, SAAT INI TOKO DI TOKOPEDIA KAMU GAK AKAN DIHAPUS/DIPINDAH PAKSA.. CUMAN ADA BEBERAPA FITUR YANG TIDAK BISA DILAKUKAN SEPERTI TAMBAH PRODUK BARU DAN SESUAI KEBIJAKAN TIKTOKSHOP

KALAU ADA YANG RAJIN MENELEPONMU UNTUK INTEGRASI/MENGGABUNGKAN TOKOPEDIA DENGAN TIKTOKSHOP. KALAU KAMU TIDAK SETUJU TUTUP AJA TELEPONNYA/BLOKIR, HINDARI KATA BAIK, IYA, OKE, SETUJU, DAN SEJENISNYA.. KARENA TELEPON TERSEBUT DIREKAM DAN SEBAGAI BUKTI KAMU SETUJU MENGINTEGRASIKAN/MENGGABUNGKAN TOKOMU MESKI KAMU TIDAK MENGKLIK LINK DI TOKOPEDIA SELLER

 

MENGINTEGRASIKAN / MENGGABUNGKANAKUN TOKO TOKOPEDIAMU DENGAN TIKTOKSHOP BERARTI PENJUAL SUDAH SETUJU TUNDUK PADA PERATURAN MAUPUN SEGALA BIAYA-BIAYA TIKTOKSHOP YANG DIBEBANKAN PADA PENJUAL

Dilaporkan bahwa TikTok telah resmi mengakuisisi 38.198.745 saham baru Tokopedia, setara dengan 75,01% saham, senilai US$1,84 miliar. Nilai tersebut terdiri dari harga total saham baru sebesar US$840 juta dan promissory note senilai US$1 miliar.

Jadi sebagai pemegang saham terbesar TikTok dengan bebas melakukan aturan apapun yang ia mau dan kamu sebagai penjuall/pembeli tidak bisa protes,,, 

SETELAH MENJUALNYA KE PIHAK ASING, PERUSAHAAN YANG DULUNYA SANGAT POPULER, 

KINI TOKOPEDIA SERASA JADI RUMAH HANTU..

PENJUAL DAN PEMBELI MERASA TAK NYAMAN & AMAN MELAKUKAN TRANSAKSI JUAL-BELI DAN JUGA LAYANAN DARI CUSTOMER SERVICENYA.. 

 

AKANKAH TOKOPEDIA BANGKRUT DALAM WAKTU DEKAT SEPERTI BUKALAPAK ? 

TERPANTAU AKUN FACEBOK RESMI TOKOPEDIA SUDAH JARANG SEKALI UPDATE POSTINGAN, MEMBALAS KOMPLAIN DAN PERTANYAAN LAINNYA USAI DICAPLOK TIKTOK

KITA TUNGGU BEBERAPA TAHUN KEDEPAN...

 


Peraturan berjualan di tiktok shop sangat ketat, salah sedikit atau melanggar, entah tidak sengaja atau disengaja... tokomu bisa di moderasi permanen dan saldo uang penghasilan toko akan tertahan bahkan hilang jadi hak milik TikTok Shop. 1 VERIFIKASI KTP HANYA UNTUK 1 TOKO. ARTINYA KAMU DILARANG BERJUALAN DI PLATFORM MEREKA

 

KEMUNGKINAN TERBURUKNYA JIKA SESUDAH TANGGAL 9 JUNI KAMU TIDAK MAU MENGGABUNGKAN TOKOMU DI TOKOPEDIA DENGAN TIKTOKSHOP ADALAH HALAMAN TOKOPEDIA SELLER KAMU TIDAK BISA DIAKSES/LOGIN , 

TAPI TOKO DI TOKOPEDIAMU TIDAK AKAN DIHAPUS DAN SEBELUM PINDAH RUMAH BARU KE PLATFORM ECOMMERCE / JUAL BELI LAINNYA  

KALAU KAMU TIDAK BERENCANA PINDAH KE TIKTOK SHOP KARENA BUKAN SEGMEN PASAR YANG TOKO KAMU CARI, TAK SEJALAN DENGAN SISTEM YANG DIBUAT TIKTOK SHOP DAN DENGAN ALASAN LAINNYA,

  • LEBIH BAIK BACKUP DULU DATA -DATA PRODUKMU , 
  • KALAU ADA PEMBELI PADA BULAN JUNI 2025 LEBIH BAIK DITOLAK/SURUH PEMBELI MEMBATALKANNYA KARENA SALDO TOKO TOKOPEDIA KAMU KEMUNGKINAN AKAN TERTAHAN DAN TIDAK BISA DICEK KECUALI KAMI MENGGABUNGKAN DENGAN AKUN TIKTOK SHOP
  • SETELAH INTEGRASI BIASANYA NOMOR HP MU YANG DIINTEGRASI AKAN DIHUBUNGI/DICHAT SPAM OLEH CS ATAU AI TIKTOKSHOP ENTAH PROMOSI DAN LAINNYA YANG DIRASA AKAN SANGAT MENGGANGGU DAN MENJENGKELKAN
  • KALAU ADA PAKET YANG SUDAH SAMPAI SEBELUM BULAN JUNI 2025, CHAT PEMBELI TERSEBUT UNTUK KLIK PESANAN SELESAI AGAR SALDOMU SEGARA MASUK SALDO TOKOPEDIA DAN BISA DICAIRKAN
  • KALAU MASIH NEKAT PINGIN INTEGRASIKAN DENGAN TIKTOK SHOP TARIK DULU SEMUA SALDO PENGHASILAN TOKOPEDIA KAMU SEBELUM BULAN JUNI  2025 KE REKENING DAN PASTIKAN UANG TERSEBUT SUDAH MASUK KE REKENINGMU UNTUK HINDARI HAL-HAL TAK DIINGINKAN SEPERTI TERKENA MODERASI PERMANEN/SALDO HILANG, USAHAKAN JANGAN JUAL BARANG-BARANG MAHAL, RESIKO PAKET HILANG DAN CUSTOMER SERVICE MENGGUNAKAN AI DAN LAMBAT. TOKOMJU BISA RUGI AKIBAT ULAH PEMBELI JAHAT ATAU KURIR JAHAT YANG MENGAMBIL BARANG/ISI PAKET. DULU TOKOPEDIA DIPERCAYA KONSUMEN KARENA GERCEP JIKA ADA PAKET HILANG/DICURI KURIR DAN BERIKAN GANTI RUGI BAGI KEDUA BELAH PIHAK SECARA PENUH, NAMUN SAAT INI BERBALIK 180 DERAJAT SEMUA MEDIA SOSIAL RESMINYA SLOW RESPON DAN TAK MENJAWAB JIKA ADA KELUHAN. KARENA SEBAGIAN BESAR KARYAWANNYA MUNGKIN SUDAH DI PHK
  • HINDARI MENJUAL BARANG MAHAL DENGAN KURIR REKOMENDASI, PAKET HILANG/DICURI KURIR DI GUDANG RIBET PROSESNYA DAN TOKOPEDIA BERTELE-TELE . SELALU VIDEOKAN PROSES PACKING DAN PENEMPELAN RESI SETIAP  PAKET DENGAN JELAS
  • Setelah diintegrasi/digabung dengan TikTik Shop kemungkinan akun Toko Tokopediamu dinonaktifkan Otomatis  / di Banned/Moderasi jika ada pelanggaran produk dan lainnya. Semua rating/bintang ulasan mu di Tokopedia tidak akan ada di TikTok Shop, kami harus tunduk dan ikuti aturan TikTok Shop seperti biaya-biaya potongan, aturan wajib ikut  promosi-promosi yang nantinya biayanya dibebankan kepada penjual dan berbagai aturan aturan lainnya yang harus dibaca dengan teliti
  • Sebagai aksi balasan tindakan pengusiran toko secara paksa ini, tanpa menghargai para Seller yang diusir padahal telah membuat nama Tokopedia besar & dipercaya, Para Penjual/Seller Tokopedia enggan bergabung ke Tiktok Shop, Tak lagi belanja di Tokopedia apalagi TikTok Shop dan mengalihkan para konsumen/pelanggannya untuk berbelanja di toko mereka yang ada di eCommerce lainnya atau jika mereka sudah salng percaya akan melalui WhatsApp



BERIKUT ADALAH SEDERET PERATURAN SANGAT EKSTRA KETAT BERJUALAN DI TIKTOK SHOP. MENCOBA BERJUALAN BERARTI PENJUAL/SELLER SUDAH SETUJU DENGAN PERATURAN-PERATURAN EKSTRA KETAT DIBAWAH INI DAN SEGALA PERMASALAHAN YANG AKAN DITERIMA SEBAGAI PENJUAL. SILAHKAN DIBACA DENGAN TELITI BEBERAPA POIN PENTING

 

 

Pedoman Pendaftaran Penjual TikTok Shop by Tokopedia

 KLIK DISINI

 

KETENTUAN LAYANAN PENJUAL

KLIK DISINI

 

PANDUAN PROGRAM GRATIS ONGKIR

 KLIK DISINI

 

 

Kebijakan Pembatalan Pesanan serta Pengembalian Barang dan/atau Saldo Dana Pelanggan TikTok Shop by Tokopedia

 KLIK DISINI

 

Kebijakan TikTok Shop by Tokopedia tentang Saldo Negatif Penjual

  KLIK DISINI

 

SYARAT DAN KETENTUAN  Produk yang Dibatasi dan Tidak Didukung TikTok Shop by Tokopedia


 KLIK DISINI

 

Syarat dan Ketentuan Program 100% Asli TikTok Shop by Tokopedia

  KLIK DISINI

 

Kebijakan Konten TikTok Shop by Tokopedia

   KLIK DISINI

 

KETENTUAN LAYANAN KOMERSIAL TIKTOK FOR BUSINESS

    KLIK DISINI

 

Kebijakan Kelayakan Izin E-commerce Kreator TikTok Shop by Tokopedia

      KLIK DISINI

 

Pedoman Pengiriman Pesanan Pelanggan TikTok Shop by Tokopedia

       KLIK DISINI

 

Ketentuan Logistik TikTok Shop by Tokopedia

        KLIK DISINI

 

Pedoman Produk yang Dilarang Dijual di TikTok Shop by Tokopedia

     KLIK DISINI


KLIK DISINI

 

 

Kebijakan Evaluasi Kinerja Penjual

 

 KLIK DISINI

 

 

Penarikan Dana/Saldo Uang Penghasilan Penjual

Proses pencairan UANG penghasilan di TikTok Shop ke rekening Bank milikmu akan memakan waktu 3-5 hari kerja. Akan lebih lama jika ada hari libur nasional atau tokomu terkena Banned/Moderast oleh TikTok shop bahkan uang akan dibekukan

Biaya layanan per penarikan ke semua jenis Bank adalah sebesar Rp 4.500.
 
Batas minimum penarikan dana adalah Rp.10.000
 
 
BACA SELENGKAPNYA
 
 
 

 Untuk Kamu Yang mengandalkan penghasilan dari berjualan online dan merasa diusir dari Tokopedia, 

kamu bisa pindahkan Toko dan pembelimu ke eCommerce lainnya seperti Shopee, Lazada, BliBli atau Toco

Pilih sesuai target pasar dari barang/produk yang kamu jual dan juga berbagai pertimbangan hal lainnya seperti biaya admin dan lain-lain

 

 
Like us on Facebook