November 19, 2015

Cara Menjaga Tubuh Tidak Terkena Flu Saaat Pergantian Musim

Flu adalah salah satu penyakit yang sering menyerang kala musim hujan. Jika ada salah satu orang di kantor/kampus/sekolah terserang flu, orang-orang lain di sekitarnya dengan sistem kekebalan tubuh yang sedang down juga rentan tertular. Simak tips  berikut untuk melindungi diri dari sakit flu.



Mencuci Tangan
Anda tentu tahu keharusan mencuci tangan untuk membasmi kuman. Akan tetapi, membasahi telapak tangan dengan sabun saja belum cukup. Anda perlu menggosok tangan selama 20 detik dengan sabun untuk membunuh kuman di tangan Anda. Oh ya, basuh hingga ke pergelangan tangan dan kuku. Keringkan tangan dengan tisu dan hindari menyentuh gagang pintu toilet setelahnya.



Bersihkan Benda di Meja Kerja
Akan percuma apabila tangan sudah bersih, tapi benda di meja kerja masih tetap kotor. Tahukah Anda jika kuman yang bersarang di keyboard komputer lebih banyak daripada di toilet? Mulai sekarang, bersihkan benda-benda di meja kerja, mulai dari keyboard, mouse, hingga smartphone menggunakan tisu atau pembersih anti-bakteri.



Hindari Stres Berlebihan
Selalu khawatir setiap saat dapat meningkatkan kadar kortisol dan epinefrin yang bisa melemahkan sistem imun alias daya tahan tubuh. Atasi stres dengan menarik napas dalam-dalam, berolahraga, jangan segala dipikirkan atau mandi air hangat.



Perbanyak Minum Air Putih
Banyak minum air mineral adalah cara ampuh untuk menghilangkan racun-racun penyebab penyakit. Jika Anda gemar minum teh, pilih yang hangat agar bisa menghirup uapnya. Tambahkan juga madu dan lemon. Lemon berkhasiat menipiskan lendir yang ada di tenggorokan, sementara madu bisa melawan bakteri.



Kurangi Alkohol dan Makanan Manis
Menurut penelitian National Institute of Alcohol Abuse and Alcoholism, terlalu banyak mengonsumsi alkohol dan gula bisa menghalangi kerja sel darah putih yang bisa membunuh bakteri dan virus. Jika sudah sakit, meminum alkohol juga dapat membuat virus makin betah di tubuh Anda.



Makan & Tidur Cukup
Tubuh Anda butuh istirahat untuk “memerangi” virus dan bakteri. Hindari begadang setiap malam dan perbaiki siklus tidur Anda. Matikan televisi, berhenti membaca buku, mengecek smartphone, lalu tidur.



Jangan Masuk Kantor Ketika Sakit
Jangan menganggap diri Anda wanita kuat yang bisa masuk kerja meskipun sakit. Lebih baik Anda istirahat atau bekerja dari rumah saja hari itu, daripada menularkan penyakit pada rekan kerja.



Olahraga dan Hirup Udara Segar
Saat jam istirahat, manfaatkan waktu untuk pergi ke luar untuk menghirup udara segar. Terlalu lama menghirup udara dalam ruangan yang terkontaminasi adalah salah satu penyebab flu. Lakukan juga olahraga ringan rutin seperti berjalan kaki untuk meningkatkan sistem imun/kekebalan tubuh.


Gunakan Jacket /Sweater Tebal

Angin diluar dapat masuk ke tubuh, dan jika sistem tubuh kamu sedang buruk, virus bisa masuk ke tubuh dan akan menyebabkan  tubuh menjadi down perlahan.. Kondisi tubuh yang hangat akan membantu stamina tubuh saat hujan /udara dingin.







references by cosmopolitan

 
Like us on Facebook