MASUKAN KATA DI KOTAK BAWAH INI UNTUK MENCARI.. LALU KLIK TOMBOL "SEARCH"

November 30, 2015

Seperti Apa Gejala Kanker Paru ?

Baca Artikel Lainnya

Kanker paru-paru adalah penyakit yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali dalam jaringan paru-paru. Jika tidak segera diobati, pertumbuhan sel ini bisa menyebar ke luar paru-paru, menyerang jaringan di sekitarnya, lalu menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Kanker paru-paru biasanya diderita oleh para perokok dan menjadi penyebab hampir 1.370.000 kematian setiap tahun di seluruh dunia. Kita tahu bahwa tingkat kelangsungan hidup dari kanker paru-paru lebih baik jika ditangani secara dini.

Perlu diingat bahwa memahami gejala awal kanker paru-paru adalah penting untuk non-perokok serta perokok. Saat ini, 50 persen dari orang yang mengembangkan kanker paru-paru adalah mantan perokok dan 15 persen tidak pernah merokok. Kanker paru-paru juga bisa menyerang orang dewasa muda.

Berikut ini beberapa penyebab dan gejala yang dapat memicu penyakit kanker paru-paru, seperti dilansir laman Lungcancer, Minggu (15/11).

1. Batuk yang tidak pernah berhenti


Banyak orang mengabaikan batuk kronis. Mereka sering beranggapan bahwa batuk yang tidak pernah berhenti adalah alergi, sebuah sisa batuk setelah udara dingin atau batuk kering selama musim dingin.

Tapi batuk yang berlangsung lebih dari beberapa minggu bisa menjadi tanda sesuatu yang lain. Batuk kronis bisa jadi merupakan gejala awal dari kanker paru-paru. Batuk darah (hemoptisis) adalah gejala umum dari kanker paru-paru. Jika Anda mengalami batuk terus-menerus, lebih baik Anda segera mengunjungi dokter Anda dan meminta pendapat kedua jika Anda tidak mendapatkan jawaban yang jelas.

2. Sesak nafas saat melakukan aktivitas

Gejala awal lain yang umum dari kanker paru-paru adalah sesak napas ketika Anda sedang melakukan sesuatu dan jika Anda terus menerus merasakan hal ini setiap Anda melakukan aktivitas baik berat atau ringan lebih baik Anda segera mengunjungi Anda.

3. Nyeri atau sakit di bahu, dada dan tangan


Kanker paru-paru bisa menekan saraf, mengakibatkan rasa sakit di bahu, dada, punggung atau lengan bahkan sebelum mereka menyebabkan batuk atau kesulitan bernapas. Jika Anda merasakan sakit di salah satu daerah-daerah tubuh yang tampaknya tidak berkaitan dengan cedera, segera konsultasikan dengan dokter Anda. Jika Anda perokok berhentilah, sebelum maut menghentikan Anda merokok

Sebanyak 50 persen dari orang dengan kanker paru-paru memiliki rasa sakit pada dada atau nyeri bahu pada saat diagnosis, terutama nyeri yang disertai dengan batuk dan kesulitan bernapas.

4. Infeksi berulang seperti bronkitis dan pneumonia

Jika tumor terletak dekat jalan napas maka hal tersebut bisa menyebabkan obstruksi yang merupakan predisposisi Anda untuk infeksi ini. Jika bronkitis atau pneumonia seringkali kambuh maka segera konsultasi dengan dokter Anda. Infeksi berulang bisa disebabkan merokok atau kondisi seperti COPD, tetapi mereka juga bisa menjadi gejala awal dari kanker paru-paru.



references by jpnn

 
Like us on Facebook